Prospek Lulusan SMK Jurusan Farmasi

Prospek Lulusan SMK Farmasi

Pendidikan menjadi sebuah jalan terbaik merubah seseorang. Yang tadinya seseorang itu tidak tahu akan menjadi tahu. Tadinya orang tersebut tidak cerdas menjadi cerdas. Sebelumnya orang tersebut tak memiliki ketrampilan apa pun menjadi orang yang terampil. Mereka yang sebelumnya belum memiliki akhlak yang mulia kemudian berubah menjadi orang berakhlak mulia. Perubahan inilah yang menjadi tujuan dari pendidikan.


Pendidikan juga memiliki berbagai jenjang. Ada jenjang pendidikan dasar, menengah, kejuruan, dan tinggi. Khusus untuk pendidikan jenjang kejuruan ini saat ini lagi banyak peminatnya. Bisa kita lihat dari jumlahnya murid yang mendaftar di sekolah kejuruan seperti SMK. Baik itu sekolah di perkotaan atau pun di pedesaan semuanya banyak pendaftarnya.


Diantara jurusan di SMK yang menjadi favorit ialah jurusan farmasi. SMK jurusan farmasi akan menyiapkan mereka para lulusannya menjadi ahli farmasi. Para ahli farmasi ini memang dibutuhkan sekali di dunia kerja atau dalam kehidupan masyarakat. Di dunia kerja, yang namanya ahli farmasi termasuk bidang kesehatan. Mereka para ahli farmasi ini juga memiliki organisasi profesi yang bernama PAFI.


pafikotapangkajene.org merupakan alamat web dari PAFI di daerah. PAFI sendiri merupakan kependekan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Sebuah organisasi yang eksis dalam dunia farmasi dan kesehatan. Jumlah anggotanya tentu bisa menjadi banyak sekali. Hal itu karena jumlah para ahli farmasi juga banyak.

Prospek Lulusan SMK Jurusan Farmasi

Tak salah kalau seseorang memilih sekolah di SMK jurusan farmasi. Sebab mereka akan menjadi ahli farmasi yang lapangan kerjanya cukup luas. Mengenai prospek dari lulusan SMK jurusan farmasi sendiri amat bagus, berikut diantaranya:

1. Menjadi Asisten Apoteker

Jumlah apotek sangatlah banyak. Bahkan tambah tahun sepertinya jumlahnya juga semakin meningkat. Tentu jumlahnya apotek yang banyak ini perlu diimbangi pula dengan tenaga ahli farmasi yang menanganinya. Seperti para asisten apoteker ini. Mereka adalah para lulusan SMK jurusan farmasi. Jumlahnya apotek yang banyak membuka peluang para lulusan SMK jurusan farmasi untuk bekerja menjadi asisten apoteker di banyak apotek. Pekerjaan menjadi asisten apoteker tidaklah sulit bagi mereka yang telah lulus dari SMK jurusan farmasi. 


2. Bekerja di Industri Farmasi

Adanya obat-obatan tidak lepas dari peranan industri farmasi. Industri bidang farmasi inilah yang membuat obat-obatan. Tenaga kerja dari industri farmasi cukup banyak. Tidak sembarang lulusan sekolah yang bisa bekerja di industri farmasi. Hanyalah mereka yang lulus dari SMK jurusan farmasilah contohnya yang dapat bekerja di industri farmasi. Sebab mereka sedari awal telah mengenal lebih jauh terkait ilmu farmasi. Selanjutnya, jumlah industri farmasi tidaklah sedikit. Jumlahnya cukup banyak.


3. Menjual dan Memasarkan Obat

Memang pekerjaan menjual barang ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Utamanya mereka yang punya ketrampilan dalam pemasaran atau penjualan. Di SMK pun ada jurusan pemasaran tersebut. Akan tetapi, berbeda dengan menjual obat-obatan. Perlu orang khusus dalam melakukannya. Mereka yang bisa menjual dan memasarkan obat adalah orang yang pernah belajar ilmu farmasi. Dalam hal ini, mereka yang telah lulus dari SMK jurusan farmasi layak untuk melakukan penjualan dan pemasaran obat.


4. Administrasi Kesehatan

Bidang kesehatan memerlukan tenaga administrasi. Maka lulusan SMK jurusan farmasi layak untuk mengisi pekerjaan sebagai tenaga administrasi di bidang kesehatan. Misalnya saja menjadi tenaga administrasi di klinik kesehatan dan rumah sakit. Tenaga administrasi kesehatan peranannya penting dalam kemajuan di bidang kesehatan.


Dari sini kita bisa membuat kesimpulan. Ternyata prospek lulusan SMK jurusan administrasi cukup cerah. Tak salah kalau teman-teman memiliki keinginan untuk sekolah di jurusan tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Prospek Lulusan SMK Jurusan Farmasi

0 komentar:

Post a Comment