Simak Profil PAFI Kota Pangururan

Profil PAFI Kota Pangururan

Mengetahui profil sebuah organisasi amatlah penting. Meskipun hal itu mungkin tidak banyak orang yang melakukannya. Hanya sebagian saja yang mungkin mau meluangkan waktunya untuk melakukan hal tersebut. Pengetahuan kita akan semakin banyak meningkat dengan kita mengenal sebuah organisasi.


Kita bisa menyimak pafikotapangururan.org untuk mengenal lebih jauh terkait organisasi PAFI di Kota Pangururan. Sebuah kecamatan di Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Oh iya, teman-teman mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu PAFI. PAFI sebetulnya kependekan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. 


Dilihat dari sejarahnya. Sebetulnya organisasi PAFI ini sudah ada sejak dulu. PAFI telah berdiri sejak tanggal 13 September 1946. Sebagaimana namanya, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia maka organisasi ini menaungi mereka yang berprofesi sebagai ahli farmasi. Kalau kita sebut sebagai orang yang ahli dalam bidang profesi, beberapa jenis profesi yang dimaksud diantaranya adalah apoteker, asisten apoteker, analis farmasi, dan sarjana farmasi.


Dilihat dari usianya. Kita tentu bisa menyimpulkan betapa sudah lama sekali organisasi PAFI ini berdiri. Karena telah lama maka perannya pun tentu sudah bisa dirasakan di tengah masyarakat. Dahulu sejak masa mempertahankan kemerdekaan. PAFI sendiri telah ikut serta berjuang dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Tak heran, bila organisasi ini kini telah eksis dimana-mana.


PAFI telah memiliki peranan penting dalam membangun bangsa dan negara. Masyarakat amat beruntung dengan kehadiran organisasi seperti ini. Mereka bisa merasakan aneka manfaatnya. Diantara peran PAFI di tengah masyarakat yakni:

1. Membantu melakukan pelayanan bidang farmasi

Ada banyak kegiatan yang berkait dengan bidang farmasi. Diantara program kegiatan yang cukup penting yaitu memberikan bantuan pelayanan di bidang farmasi kepada masyarakat. Ini biasa dilakukan oleh berbagai organisasi profesi manapun. Baik itu organisasi di bidang kesehatan maupun bidang lainnya seperti pendidikan dan sosial. Beberapa bentuk pelayanan bidang farmasi yang bisa dilakukan yakni membuat seminar tentang kesehatan. Peserta seminar memang umumnya dari anggota organisasi profesi. Akan tetapi, masyarakat umum yang tertarik pada bidang obat-obatan ini juga dibolehkan untuk mengikutinya. Sehingga ilmu farmasi bisa banyak yang mengetahuinya dengan kegiatan seminar tersebut.

2. Memberikan edukasi positif terkait obat-obatan

Masalah obat untuk saat ini mendapatkan banyak perhatian. Hampir tiap apotek yang tersebar di banyak daerah menjual obat kepada masyarakat dan ternyata banyak warga masyarakat yang membeli obat-obatan di apotek. Konsumsi obat yang begitu besar tentu harus dibarengi dengan pengetahuan yang cukup. Jangan sampai terjadi masalah baru terkait obat yang dikonsumsi. Harapan sebelumnya untuk sembuh dengan minum obat tetapi malah ada efek samping yang berbahaya. PAFI berperan untuk memberikan edukasi positif kepada masyarakat luas. Supaya masyarakat tidak salah dalam penggunaan obat-obatan yang dikonsumsinya.


3. Sinergi dengan tempat layanan kesehatan

Ada banyak layanan kesehatan di berbagai tempat. Sebut saja yang banyak kita temui adalah puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat). Ditiap kecamatan ada yang namanya puskesmas ini. Maka untuk bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat. PAFI berupaya bersinergi dengan puskesmas dalam memberikan layanan bidang farmasi ke masyarakat luas. Bisa juga PAFI bekerjasama dengan poliklinik atau rumah sakit dalam hal ini.


Peran penting dari organisasi PAFI layak mendapatkan acungan jempol. Sebagai masyarakat umum ada baiknya kita juga ikut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh PAFI ini. Tentu saja manfaat yang dirasakan akan kembali kepada orang yang melakukannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Simak Profil PAFI Kota Pangururan

0 komentar:

Post a Comment