Simak Tips Berkendara Di Jalan Tol

Tips Berkendara Di Jalan Tol

Alat transportasi berupa mobil kini banyak dipilih masyarakat luas. Berbagai kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan mobil. Khususnya bagi mereka yang ingin bepergian jauh. Kalau hanya jarak yang dekat saja mungkin ada banyak alat tranportasi lainnya yang bisa dipilih. Misalnya saja dengan naik sepeda ontel atau pun naik sepeda motor. Tetapi untuk jarak tempuh yang jauh maka mesti kita naik mobil. Bahkan naik mobil pun biasanya lebih memilih jalan tol supaya cepat sampai di tujuan.


Berkendara di jalan tol memerlukan tips dan etika tersendiri. Kita tidak bisa menyamakan cara berkendara mobil di jalan tol dengan saat berkendaraan di jalan umum. Tips atau etika saat berkendara di jalan tol ini penting sekali untuk diketahui. Kita bergerak bersama-sama dengan pengendara mobil lainnya di jalan tol. Pengguna jalan lainnya juga banyak yang berada di jalan tol sebagaimana kita.


Gerakan kita kala mengendarai di jalan tol tidak boleh gegabah. Satu atau lebih gerakan kita  bisa membahayakan para pengendara lainnya. Bila gerakan mobil kita tidak sesuai dengan etika yang ditetapkan. Ditambah lagi pada situasi di jalan tol umumnya kecepatan masing-masing mobil kecepatannya amat tinggi. Dan memang berbagai mobil di jalan tol cenderung berkecepatan tinggi.


Isuzu giga sebagai salah satu mobil yang tepat untuk kita pilih. Sebagai tambahan informasi untuk teman-teman semua bahwasannya mesin isuzu sudah berpengalaman lama. Mobil ini pun tidak masalah bila digunakan di jalan tol. Untuk mengangkut berbagai muatan bisa maksimal sehingga kita tidak takut lagi. Takut kalau mobil pengangkutnya tidak bisa dimuati barang yang banyak. Tenaga dari mesin isuzu giga ini juga optimal.


Di samping itu, bahan bakar juga bisa irit secara maksimal dengan menggunakan mobil isuzu giga tersebut. Namun begitu, ketika kita mengendarainya di jalan tol tetap saja harus memperhatikan berbagai tipsnya. Sebab tips ini akan bermanfaat sekali. Untuk keselamatan dan juga kenyamanan kita serta pengguna jalan tol lainnya.

Tips Berkendara Di Jalan Tol

Teman-teman, berikut ini beberapa tips ketika kita berkendara di jalan tol. Pastikan teman-teman menyimaknya sehingga nanti kita bisa praktekkan tips tersebut.

1. Pastikan kita berada di jalur yang sesuai

Di jalan tol terdapat jalur khusus bagi kendaraan yang berkecepatan rendah dan juga tinggi. Kita perlu memastikan mobil yang kita kendarai berada pada jalur yang tepat. Sebab kalau berada di jalur yang salah bisa mengganggu pengendara mobil lainnya.


2. Taati rambu batas kecepatan

Meskipun di jalan tol cenderung seluruh kendaraanya berkecepatan tinggi. Tetap saja ada batasan terkait berapa kecepatannya. Pada tiap ruas jalan tol umumnya punya batas kecepatan tertentu. Seharusnya seluruh pengemudi mematuhi batasan kecepatan tersebut. Jangan mengendarai mobil di jalan tol melebihi batas kecepatan maksimal. Ini akan memberikan keselamatan bagi diri maupun pengendara lainnya.


3. Menjaga jarak dengan tepat

Tiap mobil yang melaju di jalan tol mesti menjaga jarak secara tepat. Kita tahu, dengan berkendara di jalan tol kecepatan mobil biasanya tinggi. Untuk melakukan pengereman tentunya butuh waktu tertentu. Saat pedal rem mobil diinjak hingga mobil bisa berhenti tentunya tidak bisa langsung. Di samping itu, ada waktu tersendiri antara proses pengereman yang datang dari otak kita hingga sampai kaki kita menginjak pedal rem. Memperhatikan hal tersebut, alangkah baiknya bila sebagai pengemudi membuat jarak yang tidak terlalu dekat dengan kendaraan lainnya.


4. Pastikan lampu kendaraan menyala

Khususnya pada kondisi cuaca tertentu misalnya malam hari, hujan atau berkabut. Kita sebaiknya menyalakan lampu mobil. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Pengemudi lain pun bisa terbantu dengan kita menyalakan lampu mobil.


5. Menjaga RPM mesin

Sebaiknya kita menjaga RPM (round per minute) ini agar menghindari batas merah untuk mobil isuzu. Karena di batas merah tersebut putaran mesin sangat tinggi. Dikhawatirkan akan berakibat kerusakan pada mesin.


6. Berhati-hati memutar roda kemudi

Kondisi kecepatan yang sangat tinggi mesti kita hati-hati. Efek memutar kemudi dalam kecepatan tinggi tentu pergerakan besar bagi mobil.


Nah, itulah beberapa tips untuk teman-teman kala berkendara di jalan tol. Pastikan kita berhati-hati dan mematuhi semua tips sehingga kita bisa nyaman serta aman berkendaraan. Bepergian pun tetap menjadi menyenangkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Simak Tips Berkendara Di Jalan Tol

0 komentar:

Post a Comment