Peluang Usaha Sewa Genset Sukses

Usaha Sewa Genset Sukses
Peluang usaha sewa genset sukses dan cocok untuk kita ambil saat ini.Kebutuhan manusia tidaklah sama dari tahun ke tahun. Tidak jarang setiap tahun malah meningkat kebutuhannya. Sebagai contohnya ialah akan butuhnya listrik untuk kehidupan manusia. Selalu saja aktivitas harian mesti butuh listrik. Hal tersebut disebabkan begitu banyaknya peralatan elektronik yang digunakan oleh manusia. Bahkan untuk mencuci pakaian saja kita perlu energi listrik. Termasuk pula saat menanak nasi juga membutuhkan energi listrik. Aktivitas keseharian manusia sulit rasanya bila dipisahkan dengan kebutuhan akan energi listrik. Apabila terjadi kekurangan energi listrik di tengah masyarakat maka akan mengganggu semua kegiatan harian. Dari yang sederhana tingkat ibu rumah tangga sampai pada level perusahaan nasional. PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai penyedia listrik utama telah berupaya maksimal memnuhi kebutuhan masyarakat akan listrik ini. Namun, ketika memasuki bulan kemarau, maka akan begitu terasa kekurangan listrik ini. Ditandai dengan adanya pemadaman bergilir. Hal itu disebabkan karena berkurangnya ketersediaan air untuk pembangkit listrik.

Adanya permasalahan tentu harus dicari solusinya. Permasalahan tidak dibiarkan saja tanpa dilakukan upaya untuk mendapatkan solusi yang nyata. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan energi listrik adalah penyediaan genset atau generator set. Dengan alat tersebut bisa digunakan sebagai pengganti pemasok energi listrik tatkala listrik dari PLN mati. Genset ini sering diperlukan untuk kegiatan-kegiatan rutin masyarakat seperti: pernikahan, pengajian, upacara hari nasional, seminar, pesta, olah raga, dan berbagai event penting lainnya.

Dari keadaan di atas, kita bisa mengambil sebuah peluang usaha sewa genset sukses. Kita memiliki genset kemudian kita sewakan. Berbagai instansi maupun perusahaan sering berpikir praktis. Mereka tak mau membeli baru dari pabrik. Sebagian besar memilih untuk menyewa saja. Alasannya karena lebih murah dalam pembiayaannya. Terus kita juga akan lebih praktis alias tidak ribet. Kemudian juga tidak perlu mencari karyawan baru yang bertugas untuk merawatnya. Maka dengan kita jeli melihat peluang ini tentu akan menjadi sumber penghasilan baru yang besar.

Sebelum menjalankan usaha rental atau sewa genset, sebaiknya para calon pengusaha belajar terlebih dahulu tentang seluk beluk mesin yang satu ini. Kembali lagi kita harus jeli melihat pangsa pasar dari usaha sewa genset ini.
1. Semangat yang kuat
Semangat berasal dari dalam hati. Semua memang harus berawal dari dalam diri. Mesti ada atau muncul keinginan yang kuat untuk sukses. Karena dengan begitu akan muncul keseriusan. Terutama dalam mengelola bisnis sewa genset. Di awal-awal usaha memang biasa bila muncul tantangan dan hambatan. Semua mesti harus dihadapi dengan sabar.

2. Menyediakan genset
Ini penting sebab Anda mau bergerak dalam bidang persewaan. Artinya ada barang yang disewakan. Dalam hal ini adalah genset itu. Dengan modal yang dimiliki belilah genset. Pilih yang berkualitas meski lebih mahal sedikit. Kalau mampu paling tidak ada tiga mesin yang dibeli. Lebih banyak akan lebih baik lagi. Apabila kita tak memiliki dana yang cukup maka sebaiknya mencari investor untuk diajak kerjasama. Mereka menyediakan modal dan kita menjalankannya. Ini akan menjadi sumber keuntungan bagi investor, dari pada uangnya hanya disimpan di bank saja. Kita pun beruntung karena tak perlu berhutang untuk membeli genset.

Genset

3. Pemasaran yang optimal
Promosi sangat penting untuk dilakukan. Siapa saja yang ingin sukses dalam usaha maka pasarlah yang pertama harus dibangun. Maka dengan menggunakan spanduk, pamflet, brosur, kartu nama, dan selebaran lainnya bisa  disebar. Lebih baik lagi menggunakan media internet yang semakin menjamur. Gunakan facebook, Whatsapp, twitter, instagram, pinterest, dan linkedin. Jangan dilupakan pula untuk menuliskan nama usaha Anda pada genset yang disewakan. Ini juga bentuk dari promosi kita. Kalau bisa bentuklah tulisan nama usaha genset kita yang unik dan mudah diingat oleh siapa saja.

4. Perawatan genset
Untuk mengoptimalkan umur generator anda ada beberapa hal pokok yang harus menjadi perhatian serius. Hal ini berlaku baik generator anda menggunakan engine 2-tak, 4-tak maupun mesin genset engine diesel. Kita harus melakukan perawatan seperti di tempat jasa sewa genset, rental genset yang rutin melakukan perawatan. Adapun langkah perawatan kurang lebih adalah pastikan oli mesin yang anda gunakan sesuai dengan kapasitas mesin, tambahkan jika oli anda kurang dan ganti jika sudah cukup lama anda gunakan atau dapat dilihat dari kekentalan oli mesin. Pastikan oli yang anda gunakan adalah oli dengan kualitas yang baik.

Pemanasan mesin dibutuhkan bagi genset atau generator anda, dengan jangka waktu tergantung dari jensis generator tersebut. Bisa seperti engine genset. Jenis generator dengan starter elektik membutuhkan pemanasan mesin paling tidak satu minggu sekali. Ini dikarenakan generator menggunakan aki yang membutuhkan pengisian aki yang konsisten. Terlalu lama tidak menghidupkan generator anda akan menyebabkan aki kosong dan jika anda membutuhkan sewaktu-waktu tidak akan menyala dan membuat anda harus menghidupkan dengan tarikan tuas atau sistem recoil.

Generator yang tidak menggunakan sistem elektrik starter dapat lebih lama jangka waktunya untuk tidak menghidupkan mesin genset. Jangka tiga minggu sampai satu bulan tidak menghidupkan mesin bukan lagi masalah, namun ada baiknya memanaskan tidak lebih dari itu. Gunanya bukan lagi untuk aki, namun lebih untuk sirkualsi oli mesin genset dalam ruang mesin. (beberapa jasa rental genset seperti sewa truk kadang-kadang menyediakan rent genset termasuk rental forklift).Untuk memperpanjang umur generator anda, gunakan generator dalam kapasitas continous bukan kapasitas maksimumnya. Misalkan generator dengan rated current 2,0 kva dan max. Current 2,2 kva sebaiknya digunakan dalam kapasitas maksimal 2,0 kva atau sekitar 1.600 watt. Salah satu jenis genset misalnya silent genset, yang tersedia di tempat sewa genset atau rental genset. Kemudian operasikan generator dengan pemberian beban bertahap. Jangan beri beban yang tinggi dalam suatu masa yang sama. Misalkan dengan menghidupkan ac secara bertahap, jangan berbarengan. Silentlah sewa genset, dan jenis genset lain bisa rusak karenanya.

5. Membangun mitra untuk bekerja sama
Sangat penting untuk mencari mitra atau pelanggan tetap. Ini akan menjadi pemasukan yang tetap karena selalu ada yang menyewa ke tempat kita. Berilah pelayanan yang lebih dari prima kepada para mitra ini. Harga sewa pun harusnya berbeda dengan lainnya. Meskipun jangan pula meninggalkan orang lain yang hendak menyewa kepada tempat usaha kita.

6. Bersedekahlah kepada orang yang memerlukan
Tidak dipungkiri bahwa orang yang sukses di dunia ini memiliki kebiasaan sedekah. Semakin orang itu sukses maka sedekahnya pun besar pula. Dengan berdoa pula akan menambah energi sukses untuk usaha sewa genset yang kita kelola.

Semoga apa yang kami tulis di atas bermanfaat. Peluang usaha sewa genset sukses ini bisa langsung kita terapkan di kehidupan kita. Tak perlu ragu apabila tekad sudah ada di dada. Lanjutkan pada prakteknya. Selamat dan sukses untuk para usahawan semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Sewa Genset Sukses