Peluang Usaha Jualan Mie Ayam

Peluang usaha jualan mie ayam masih sangat cerah prospeknya. Makanan merupakan satu hal penting dalam kehidupan manusia. Keberadaanya selalu diinginkan oleh setiap orang. Tak ada seorang pun di muka bumi ini yang tak membutuhkannya. Dikatakan bahwa makanan sebagai kebutuhan pokok manusia secara umum di dunia. Menikmati makanan merupakan aktivitas yang tak bisa ditinggalkan oleh siapa pun. Dari anak yang baru lahir, manusia dewasa hingga orang yang sudah tua renta. Dan uniknya setiap orang mempunyai kesukaan masing-masing terhadap menu makanan ini. Meskipun ada beberapa macam menu makanan yang disebut makanan pokok. Nasi sebagai contohnya.

Usaha Jualan Mie Ayam

Salah satu jenis makanan yang banyak digemari adalah mie. Merupakan kegembiraan seseorang bila menikmati mie ini. Tidak hanya satu atau dua orang saja yang menyukai mie ini tetapi sangat banyak orang yang menyukainya. Kata mie sendiri juga sangat terkenal di masyarakat. Sebetulnya banyak sekali varian dari masakan mie. Sebagai contohnya yakni mie ayam. Diskripsi sederhana dari mie ayam yaitu sebuah masakan dengan bahan dasar mie dan ditambah dengan ayam yang dipotong kecil-kecil. Rasanya enak sekali. Banyak sekali orang yang suka menikmatinya. Bahkan orang di pelosok pedesaan pun begitu akrab dengan makanan mie ayam tersebut. Apalagi di daerah perkotaan, semakin akrab lagi masyarakatnya dengan menu mie ayami ini.

Karena banyaknya orang yang suka terhadap makanan tersebut, cocoklah bila kita terjun ke dalam bisnis tersebut. Melihat fenomena di atas sangatlah pas sekali kalau kita pun ikut serta dalam menjalankan usaha jualan mie ayam tersebut. Bagaimana tidak ikut, hampir seluruh penduduk negara ini menyukai makanan ini. Bisnis jualan mie ayam ini bagai jamur yang mudah tumbuh dimana-mana dan tetap eksis sampai sekarang. Dari yang skala kecil, menengah hingga besar. Bisa dengan mudah kita saksikan begitu banyak orang-orang yang menjual mie ayam di pinggir jalan. Bahkan jumlahnya sangat banyak. Tapi tidak sedikit juga yang gulung tikar karena mungkin belum bisa memiliki ciri khas yang membuat konsumen terpikat oleh mie yang ditawarkan. Bisa juga karena kualitas rasa kurang enak sehingga tak disukai oleh pembeli. Termasuk pula bisa jadi pelayanan dari penjual kurang bagus dan kebersihan tempat kurang diperhatikan.

Mie Ayam

Menarik sekali melihat usaha mie ayam ini. Sebuah usaha sederhana dengan pangsa pasar yang luas. Pasarnya sangat jelas mengenai mie ayam ini. Proses pembuatan mie ayam juga begitu mudah dipelajari. Tidak begitu perlu keahlian khusus untuk bisa membuat mie ayam.
Untuk mulai menjalankan usaha kuliner jualan mie ayam ini, yang perlu untuk dipersiapkan adalah
1. Menyediakan bahan dasar
Untuk bahan dasarnya berupa mie, daging ayam, sayuran penunjang, saos, kecap, sambal, dan bumbu dapur lainnya. Setiap item hendaklah dipilih yang terbaik. Untuk membeli bahan dasar tersebut tidaklah terlalu banyak uang yang dikeluarkan. Bahan mie misalnya. Kita perlu menyeleksi mie yang bagus untuk kita pilih. Untuk mendapatkan mie yang berkualitas memang kita perlu mengadakan survei kecil-kecilan. Banyak bertanya kepada orang yang telah berkecimpung dalam dunia bisnis mie ayam bisa menjadi cara yang terbaik. Termasuk pula kita mencoba membeli bahan mie dari berbagai penjual. Selanjutnya, kita bisa menentukan tempat penjual mie yang terbaik kualitasnya. Untuk ke depan, saat usaha mie ayam telah berjalan lancar maka kita bisa membuat sendiri di rumah. Memilih daging ayam juga masalah penting. Kita perlu membeli bahan daging ayam yang bagus. Pastikan daging ayam yang kita beli itu halal sehingga konsumen muslim tidak ragu untuk membeli mie ayam di tempat kita. Cara penyembelihan ayam pun perlu diperhatikan. Jika tidak benar maka akan merusak kualitas dari daging ayam tersebut. Demikian pula pada bahan sawi, loncang, sambal, saus, kecap, dan lainnya. Semua diusahakan agar dipilih yang berkualitas dan enak.

2. Peralatan maupun perlengkapan usaha
Tak jauh beda dengan perlengkapan dapur pada umumnya. Cuma ukurannya kadang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau di rumah sudah punya dan bisa dipakai maka kita terbantu sekali. Yakni tidak perlu membeli lagi yang baru. Botol, sendok, mangkuk, garpu, dan lainnya juga penting untuk dipersiapkan. Untuk menjualnya dengan berkeliling maka ditambah gerobak. Tapi kalau sistem menjualnya di warung maka meja dan kursi perlu dilengkapi. Sertakan pula makanan pendukung seperti gorengan dan kerupuk.

3. Miliki keterampilan memasak mie ayam
Dalam proses yang pertama tidaklah harus ahli betul. Kita cuma harus bisa dulu memasaknya. Meskipun memiliki karyawan yang dipercaya untuk memasak tetap saja kita harus bisa melakukannya sendiri pekerjaan itu. Sebagaimana penjualan makanan yang lainnya, amat dianjurkan bila pada awalnya kita sendiri saja yang turun tangan guna mengetahui selera pasar. Bila sudah berjalan bagus bolehlah kita percayakan kepada karyawan kita.

4. Pilihlah lokasi penjualan yang strategis
Ketika rumah kita sudah termasuk yang strategis, ramai dengan lalu lintas manusia, maka sangat pas untuk kita membukanya di depan atau teras rumah. Akan tetapi, jika tidak maka bisa kita mencari lokasi yang bagus. Dekat dengan perkantoran, kampus, sekolah, pasar, dan pabrik merupakan contoh yang pas. Tetapi bila mie ayam kita sudah punya brand yang bagus, mempunyai pelanggan tetap yang fanatik, tempat tidak harus yang sangat strategis. Cukup dipilih yang nyaman dan mudah dijangkau. Kebersihan serta kenyamanan tempat sangat berpengaruh bagi para konsumen. Tempat yang enak meski sederhana akan selalu dikunjungi orang.

5. Kuatkan tekad untuk sukses
Manusia memang memiliki pasang surut dalam hal semangat. Kadang kuat tetapi di lain waktu melemah dan kendor. Melemah biasanya ketika menghadapi hambatan dalam penjualan. Keuntungan merosot drastis atau sepi pembeli. Lumrah memang ketika seseorang menghadapi permasalahan seperti itu. Menghadapi persaingan juga terkadang membuat loyo semangat. Persaingan memang merupakan salah satu resiko usaha mie ayam ini. Sebab hampir di seluruh ruas jalan dapat ditemui pedagang makanan tersebut. Di sebagian besar tempat di negeri ini. Tak perlu patah semangat.

6. Siap bersaing dengan kompetitor lainnya
Persaingan akan meningkatkan kualitas masakan mie ayam kita. Tidak perlu takut bersaing dan berpikir untuk menghindarinya. Yang perlu dipikirkan dan disiapkan yakni bagaimana cara untuk memenangkan suatu persaingan demi memikat konsumen sehingga mereka mau datang ke tempat kita.

7. Lakukan promosi di awal usaha
Promosi atau iklan akan menjadikan orang lain dan khalayak ramai tahu akan usaha kita. Milikilah juga kekhasan atau keunggulan yang bisa kita kenalkan saat melakukan promosi mie ayam. Untuk pada masa awal kita bisa membuat diskon dulu terhadap harga mie ayam. Misalnya memberi potongan harga sampai 50 % pada tiga hari di pembukaan warung mie ayam kita.

8. Pelayanan yang memuaskan
Siapa pun ingin dilayani dengan memuaskan. Dalam hal ini terutama para pembeli mie ayam kita. Dengan pelayanan yang memuaskan maka kita akan mampu menarik banyak sekali pembeli.

9. Kebersihan tempat
Kita mesti memastikan tempat yang dipakai untuk jualan benar-benar bersih.

Nah, itulah beberapa hal yang kami rasa penting untuk diketahui oleh para usahawan. Terkhusus yang mau berusaha di bidang membuat mie ayam. Sudah tidak sedikit mereka yang sukses dalam bidang peluang usaha ini. Semoga artikel di atas bermanfaat dan Anda bisa menyusul orang lain yang telah sukses. 

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Jualan Mie Ayam