Peluang Usaha Bisnis Properti

Usaha Bisnis Properti Menjanjikan
Peluang usaha bisnis properti prospeknya sangat cerah. Menilik dari artinya kata properti berasal dari bahasa inggris "property" yang artinya adalah  sesuatu yang dapat dimiliki seseorang. Namun, klo di Indonesia, istilah properti sangat identik dengan real estate, ruko, gedung, rumah, tanah, atau gudang. Bila dijelasakan lebih runtut lagi, properti berarti kepemilikan seseorang terhadap suatu barang ataupun non barang. Sekali lagi properti di negeri ini sangat erat dan hubungannya erat dengan hunian atau perumahan.

Berbicara tentang bisnis properti, maka peminatnya begitu luar biasa banyaknya. Terutama para investor dari dalam negeri bahkan telah banyak pula dari luar negeri yang masuk. Peluang usaha bisnis properti memang memang akan menjanjikan banyak uang. Semisal saja dengan harga tanah. Lihatlah saja kenyataan di lapangan nyata bahwa harga tanah saja setiap tahun hampir selalu naik. Jarang mendengar cerita harga tanah turun. Malahan yang sering terjadi adalah ganti harga atau kenaikan yang amat fantastis, sampai 100 - 200 %.

Telah disadari oleh semua bahwa setiap dari kita pasti memerlukan tempat tinggal atau sering disebut rumah. Maka, beberapa persen penghasilan setiap orang akan disisihkan untuk bisa memiliki rumah. Kredit rumah juga sudah banyak yang menggulirkannya kepada masyarakat. Banyak cara seorang untuk bisa memiliki rumah sendiri selain kredit. Ada yang dengan membangunnya dari nol. Pertama membeli tanah kosong. Kemudian membangun pondasi dan selanjutnya secara bertahap dapat terbangun sebuah gedung. Ada pula yang langsung membangunnya tanpa bertahap. Biasanya orang yang telah memiliki cadangan dana yang lumayan banyak.

Nah, untuk itu tidaklah salah ketika kita membahas usaha bisnis properti. Sedikit gambaran di atas, kami cukup untuk menjadi faktor penarik kita untuk terjun ke bidang ini. Kita pun hendaknya tahu bagaimana kita bisa mahir melihat peluang usaha tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah
1. Kita harus menanamkan pola pikir pada diri tentang keutamaan memberi, melayani dan menebar manfaat kepada orang lain. 
Sikap seperti ini akan meningkatkan kepekaaan pada hal-hal yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat. Mulai dari yang terdekat dari kita tentu. Keadaan dengan pola pikir melayani setiap orang dalam hal ini para konsumen akan menjadikan jiwa pengusaha semakin tertanam kuat di diri anda.

2. Banyak membaca hal-hal tentang properti
Bisa dengan media baca seperti buku. Sudah banyak buku yang beredar di masyarakat kita. Tak sedikit pula yang terdapat di perpustakaan sekolah atau umum, sehingga gratis untuk kita membacanya. Boleh pula dengan browsing di internet. Hal ini akan lebih mudah lagi caranya. Tinggal mengetikkan kata kuncinya dan diklik. Banyak muncul informasi baru nantinya akan diperoleh.

3. Berjalan-jalan atau melihat perumahan yang ada
Dengan melihat kenyataan di lapangan kita akan lebih paham terhadap sesuatu. Termasuk dalam hal ini tentang properti atau lebih mengerucut lagi masalah perumahan. Kita akan tahua bagaimana para pengusaha itu membangun, mengatur posisi gedung perumahan, penyediaan fasilitas yang diperlukan dalam satu kompleks, dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari.

4. Akrab dengan bahan bangunan
Setidaknya kita harus tahu aneka jenis bahan bangunan yang ada. Bahan tersebut akan menjadi modal untuk membangun sebuah rumah atau perumahan. Setelah tahu jenisnya, kemudian cari tahu juga harga harganya. Lebih baik lagi tahu tempat dimana bisa dibeli bahan bangunan yang paling murah dan dengan kualitas yang bagus atau minimal sama.

5.Bergaul atau bergabung dengan anggota komunitas bisnis properti
Ada orang yang mengatakan bahwa kamu adalah rata-rata dari lima di antara kalian. Kita ini merupakan makhluk yang sangat mudah terpengaruh dengan yang lainnya. Ketika kita masuk ke dalam komunitas para pebisnis properti atau perumahan, maka secara sadar atau tidak akan banyak hal yang bisa kita ambil manfaatnya. Dari cara mereka berbisnis hingga bagaimana mengelola kehidupannya sehari-hari akan mempengaruhi Anda. Dengan cerita-cerita atau perbincangan di antara mereka, banyak ilmu yang akan tergali. Ketika ada suatu permasalahan pun nanti bisa berbagi dengan mereka. Sehingga akan lebih mudah terpecahkan ketika ada problem.

6. Ikuti perkembagan pasar
Salah satu yang menarik untuk dikaji adalah maraknya bisnis properti syariah. Kini model syariah semakin menggeliat. Peminatnya semakin banyak. Pertumbuhannya amat signifikan. Trend masyarakat muslim menuju ke bisnis yang berkonsep syariah. Melihat hal ini, kita mesti mempelajari dan ikut juga mengembangkannya. Tidak menutup kemungkinan, kita lah yang mungkin menjadi sukses dalam bidang ini.

Itulah beberapa tips bagi anda yang akan mulai berbisnis di bidang properti. Masalah selanjutnya, yang kadang menjadi ganjalan banyak orang yakni tentang modal biasanya. Meskipun ini sebenarnya bukanlah alasan krusial untuk para pemula. Namun, cara berpikir orang pada umumnya tetaplah mengatakan seperti itu. Modal uang yang banyak adalah yang terpenting. Sebenarnya, bisnis properti dapat dirintis meski hanya dengan modal uang yang kecil dan minim sekali. Kembali akan dibagikan kepada Anda, cara untuk  memulai bisnis properti dengan modal kecil. Mari kita simak di bawah ini :

a. Lebih teliti membaca peluang bisnis yang ada
Dengan kejelian membaca peluang maka kita akan menemukan celah yang bisa dimasuki. Dalam kondisi dana yang minim pun tetap bisa eksis di dunia bisnis properti. Celah bisnis ini dalam waktu lama bisa jadi menjadi suatu raksasa. Tergantung dengan keahlian kita tentu.

b. Mencari dan mampu meyakinkan investor
Ketika tak cukup dana, maka mencari investor adalah langkah yang paling bagus dari pada cara lainnya. Harus bisa pula meyakinkan mereka bahwa uangnya akan kembali dengan keuntungan yang lumayan besar. Ingatlah bahwa investor itu akan mengeluarkan uangnya ketika sudah begitu yakin bahwa Anda orang terpercaya menjalankan usaha tersebut. Sekaligus percaya bahwa nanti akan ada keuntungan dari usaha properti tersebut.

c. Perlunya pemasaran yang bagus
Produk baik berupa barang dan jasa akan terjual ketika ada atau banyak orang yang tahu dan paham akan manfaatnya. Memunculkan ketertarikan kepada konsumen terhadap properti kita adalah langkah penting untuk dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan. Menggunakan pamflet, spanduk, media cetak, media elektronik, serta web dan media sosial internet adalah beberapa jalannya. Untuk yang terakhir ini, kini sangat fantastis perkembangannya. Sehingga bisa kita pilih untuk media iklan yang jitu.

d. Kembangkan juga hubungan baik terhadap banyak pihak
Pribadi yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia menjadi faktor orang banyak bergaul dengan Anda. Lebih fokus lagi hubungan dengan para calon konsumen atau mereka yang potensial sebagai para pembeli rumah. Salah satu cara yang nyata bisa dikerjakan yakni memberi bantuan semampunya kepada pihak-pihak yang memerlukan di masyarakat kita. Atau bisa pula dengan membantu yayasan sosial. Kini pun sudah banyak lembaga amil zakat yang ikut bergerak dibidang sosial kemasyarakatan. Bahkan korban bencana alam pun ikut ditanganinya. Tak salah jika kita berhubungan baik dengan lembaga itu. Tentunya memberikan sebagian keuntungan kita untuk bersedekah lewat lembaga itu.

Beberapa hal di atas sangat penting untuk kita jadikan pertimbangan. Peluang usaha yang sudah di depan mata sebaiknya tidak boleh terlewatkan. Apalagi Anda sedari awal sudah tertarik untuk terjun ke bisnis ini. Maka tentunya ini adalah kesempatan yang baik untuk mengambil peluang usaha bisnis properti ini. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bisnis Properti