Peluang Usaha Jual Parcel Lebaran

Peluang Usaha Jual Parcel Lebaran Menjanjikan
Peluang Usaha Jual Parcel Lebaran
Peluang usaha jual parcel lebaran jangan sampai kita lewatkan begitu saja. Dalam setiap tahun ada beberapa hari raya yang banyak dirayakan oleh masyarakat pada umumnya. Salah satunya adalah hari raya lebaran atau dikenal sebagai hari raya idul fitri. Setiap tahun mesti disambut dengan gembira sekali. Tua muda kecil besar maupun kaya miskin senang bahagia dengan hadirnya kembali hari lebaran. Sebelumnya didahului dengan ibadah di bulan puasa yaitu ibadah puasa ramadhan. Selama satu bulan penuh tidak makan dan minum pada waktu siang hari. Sahur pada waktu sebelum subuh dan berbuka puasanya sampai pada waktu maghrib sore hari.

Ada hal-hal yang menjadi kebiasaan di hari raya itu. Pakaian harus bagus atau baru, kendaraan ingin ganti yang lebih terbaru, HP yang lebih canggih, rumah yang bagus, dan sajian makanan yang enak-enak di rumah. Semua selalu dilakukan untuk bertujuan meraih senang pada momen tersebut. Pakaian misalnya. Seluruh anggota keluarga diupayakan untuk memakai pakaian yang baru dan bagus kualitasnya. Demikian juga pada kendaraan, rumah, telepon/ HP maupun pada sajian makanan lebaran. Semua ingin tampil terbaik dan elok. Bagi keluarga atau saudara yang kurang mampu secara ekonomi, maka dibantu oleh keluarga atau saudara yang lainnya. Tentu, saudara yang membantu ini mempunyai tingkat ekonomi lebih baik. Bisa dikatakan pada hari lebaran semua ingin bahagia, entah dengan saling membantu atau memberi, yang terpenting ada bahagia di hati setiap insan setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Begitu pula untuk anak-anak maupun mereka yang sudah tua. Mereka juga diharapkan dapat mengenyam manisnya suasana hari lebaran tersebut.

Mungkin ada satu hal yang agak terlupa dari pembahasan di atas. Ada perilaku masyarakat yang senantiasa dikerjakan pada hari raya umat Islam tersebut. Kebiasaaan saling memberi kepada sesama. Baik kepada keluarga, sanak saudara, kerabat dekat maupun jauh, sampai kepada orang yang tak dikenalnya. Kalau dalam sebuah keluarga atau siapa saja yang dekat tempatnya, tentu langsung di antar langsung saja. Bermacam-macam bentuk pemberian itu. Ada yang berbentuk pakaian, uang, makanan pokok, dan lain-lain.

Salah satu bentuk pemberian yang cukup populer adalah parcel. Pada hari lebaran memang terkenal sekali yang namanya parcel lebaran itu. Diantara para sahabat yang terpisah jauh tempatnya, maka mengirimkan parcel di saat hari lebaran adalah cara terbaik dan istimewa untuk menyambung persahabatan. Tak seberapa memang klo dinilai dengan uang, namun adanya kiriman parcel membuat kebahagiaan tersendiri bagi penerimanya. Kepada keluarga yang jauh juga pas dilakukan pengiriman parcel. Beberapa perusahaan pun ada yang memberikan parcel kepada para karyawannya. Tak lupa antar rekan bisnis pun juga saling mengirimkan parcel ini. Sering pula anak-anak juga ikut-ikutan mengirim parcel, tentu yang berbentuk sederhana.

Kegiatan dari kebiasaan saling memberi parcel lebaran ini bisa menjadi peluang info usaha yang cukup menjanjikan lho, pada masa pra sampai pasca hari lebaran. Bentuk yang dikirim atau isi dari parcel memang bisa bermacam-macam. Tergantung dari yang mau mengirim atau permintaannya. Namun, mayoritas masih berupa minuman, kue, pakaian, perabot rumah tangga, buku agama, dan sebagainya. Bisa dikatakan amat bervariasi sekali. Ini adalah peluang usaha yang harusnya kita lirik lalu terjun di dalamnya sehingga kita dapat memperoleh keuntungan finansial yang cukup lumayan. Peluang usaha jual parcel lebaran saat ini barangkali belum begitu banyak yang menangani khususnya di tempat Anda saat ini bertempat tinggal. Bila sudah ada, tak masalah juga kita menangkap peluang usaha ini. Maka, tunggu apalagi untuk meraih kesempatan emas ini. Prospek yang bagus harus disikapi dengan baik dan bijak.

Peluang usaha jual parcel lebaran sudah sepantasnya kita tangani dan ambil. Dengan serius kita mempelajari secara mendalam sebelum memasuki perjalanan usaha. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang kiranya harus kita simak secara seksama sebelum menjalankan usaha parcel ini.
Parcel Lebaran

1. Melihat atau survei pasar
Langkah paling bijak pertama adalah kita melihat pasar dari jualan parcel lebaran ini. Walau, mungkin kelihatan luas pasarnya tetapi kita akan lebih yakin bila melihat dengan mata kepala sendiri. Berkomunikasilah kepada penjual-penjual parcel yang ada di sekitar kita atau yang kita mungkin telah kenal akrab. Tanyakan kepadanya siapa saja yang biasa membeli parcel ini. Buatlah kategori tentang dari hal usianya, pekerjaan, tempat kerjanya, strata ekonomi, dan lain-lain yang sekiranya mendukung informasi yang diperlukan. Paling tidak kita akan tahu betul dan bahkan bisa menyimpulkan siapa saja yang membeli parcel lebaran. Selanjutnya, kita bisa mengenal konsumen.

2. Kumpulkan data item barang yang digunakan untuk parcel dan kuasai teknik pengemasannya
Parcel lebaran tentu tidak hanya satu barang saja. Tak hanya kue saja. Akan tambah menarik bila jenisnya banyak dan bervariasi pula. Pada umumnya, yang dijadikan parcel biasanya hanya dari aneka minuman seperti sirup dan sejenisnya. Serta ditambah dengan makanan semisal kue kering, biskuit, camilan istimewa, dan sejenisnya. Punyai data selengkapnya barang-barang apa saja yang biasa untuk parcel. Hal ini untuk dijadikan persiapan kita nanti saat akan menerima permintaan pembelian atau dari pesanan pelanggan. Menjadi lebih kreatif bila kita juga mampu menghadirkan barang tambahan yang menambah eloknya produk. Misalnya bila ada tambahan kartu ucapan atau buku kecil tentang hari raya maupun tulisan yang berisi kata-kata indah. Dimana kesemuanya menambah bagusnya parcel buatan kita. Pembeli biasanya akan menginginkan sesuatu yang baru dan menarik. Pas sekali bila kita mampu memenuhi harapan pelanggan atau pembeli. Tidak lupa kita juga harus tahu proses packing parcel lebaran ini. Buatlah semenarik mungkin. Sehingga orang akan tertarik dan membeli dari kita.

3. Miliki Informasi penjual barang parcel yang murah dan berkualitas
Sesudah data barang kita pegang, maka selanjutnya tinggal kita mencari tempat dimana kita akan membeli barang-barang penyusun parcel tersebut. Anda harus sering-sering bertanya kepada mereka yang paham tentang tempat membeli barang ini. Pilihlah yang amanah dalam arti tidak suka ingkar janji atau tepat waktu. Harganya pun yang bersaing dan barangnya memiliki tingkat kualitas baik, tidak mengecewakan kita. Syukur bila malah mempunyai kenalan teman dekat yang mempunyai usaha jualan barang tersebut. Sehingga lebih maksimal keuntungan kita. 

4. Menyediakan modal usaha
Kadangkala orang awam menyerah sebelum bertanding. Maksudnya, ada satu kendala saja sudah mengendorkan niat untuk memulai sebuah usaha. Biasanya pada masalah modal berupa uang. Sebenarnya, modal penting tidak hanya uang saja ada yang lebih penting dari itu. Yaitu membangun kepercayaan orang lain kepada kita. Ini yang sering malah dilupakan. Walaupun, modal usaha berupa uang juga amat penting adanya. Untuk mendapat modal uang bisa kita lakukan dengan beberapa cara. Pertama, cobalah dekati keluarga dekat atau teman yang memiliki uang. Dengang kedekatan kita sangat mungkin mereka meminjamkan uangnya bahkan mungkin malah berinvestasi dengan sistem bagi hasil misalnya. Kedua, bekerjasama dengan pihak lain. Misalkan kita bekerjasama bersama pemilik barang-barang parcel. Ini salah satu ide yang cerdas, dengan begitu kita tidak perlu modal banyak. Tinggal kita menjualkan barang milik mereka dengan cara dikemas parcel. Ketiga, kalau dua cara tersebut barulah berurusan dengan lembaga keuangan semisal Bank Syariah yang sudah tersebar di mana-mana. Modal uang ini juga untuk biaya sewa tempat usaha kita nanti. Atau bisa pula memakai rumah peribadi sebagai tempat usaha.

5. Milikilah pasar dengan pemasaran yang bagus
Peluang usaha jual parcel lebaran ini akan efektif menghasilkan keuntungan yang banyak manakala kita punya pasar luas. Pasar harus dibangun terlebih dahulu. Sistem pemasaran bisa kita lakukan dengan cara-cara seperti memasang spanduk, banner, atau tulisan model lainnya yang dipasang di tempat-tempat umum. Menyebarkan brosur pun bagus pula. Dengan menawarkan langsung door to door juga termasuk cara yang baik. Menyampaikan dengan model proposal atau surat penawaran bisa pula. Sebenarnya untuk zaman modern ini bisa kita pakai teknologi seperti HP di tangan kita. Buatlah pesan singkat ke nomor-nomor yang kita kenal dan berpotensi untuk membeli. Cara yang lebih profesional lagi yakni menggunakan media online internet. Kita bisa memaksimalkan jejaring sosial seperti facebook, Whatsapp maupun twitter. Dengan menggunakan blog dan atau web yang profesional juga cara yang lebih baik lagi. Di zaman teknologi ini cara tersebut adalah yang terbaik dan direkomendasikan sekali. Secara sederhana, kita bisa kenalkan produk kita itu kepada orang yang terdekat dulu, semisal : teman atau rekan kerja. Baru kepada khalayak ramai kita promosikan.

6. Tentukan harga yang bersaing dan pelayanan terbaik
Harga yang dibuat hendaknya yang terjangkau untuk berbagai kalangan. Kita pun juga harus tepat janji saat ada yang memesan. Yang pasti tak boleh sekali saja membuat kecewa para pelanggan. Harus ada niatan bahwa usaha jual parcel lebaran milik kita itu menjadi paling terpercaya diantara yang lainnya. Sebab inilah salah satu kunci kesuksesan yang kadang banyak dilupakan. Tidak salah bahkan dianjurkan agar kita memberi bonus atau diskon bagi pelanggan yang setia. Apalagi jika posisi kita sebagai tempat jualan grosiran.

Dari hal-hal di atas hendaknya benar kita lakukan dengan sebaiknya. Ketika ada halangan tertentu, janganlah menjadi hambatan kita untuk terus maju. Jadikan hal itu sebagai pemacu semangat usaha. Tak lupa ketika kita sudah mampu menjalankan peluang usaha jual parcel lebaran ini dengan baik, maka sebagian keuntungan kita harus disedekahkan kepada mereka yang memerlukan uluran tangan. Baiklah, semoga Anda sukses meraup keuntungan yang banyak dengan usaha parcel lebaran ini. Banyaklah pula berdoa kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang Maha Kuasa untuk diberi kelancaran usaha. Jika telah meraih sukses, hendaknya juga membayar zakat dan sedekah kepada mereka yang butuh uluran tangan kita. Semoga artikel di atas bermanfaat dan menjadi khazanah baru para usahawan negeri ini.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Jual Parcel Lebaran