Peluang Usaha Laundry Kiloan Profesional

Peluang Usaha Laundry
Peluang usaha laundry kiloan profesional sangat menjanjikan keuntungan. Setiap orang yang ada di muka bumi ini pastinya memakai pakaian dalam kehidupan sehari-hari. Tiap hari pun pakaian mesti berganti-ganti. Terkadang sehari pun bisa ganti baju sampai tiga kali. Belum nanti kalau memakai jas, celana, rok, dan aneka jenis pakaian yang lainnya. Ketika pakaian itu dipakai maka pasti akan kotor. Meskipun hanya dipakai di rumah saja. Saat pakaian itu kotor maka mesti harus dicuci. Cara paling efektif untuk membersihkan pakaian adalah dengan mencucinya. Hal ini terjadi kepada siapa pun. Dari orang kaya maupun sampai masyarakat biasa. Semua orang tetap membutuhkan pakaian yang bersih. Dengan jumlah penduduk yang besar di negeri Indonesia ini, peluang untuk volume kegiatan mencuci juga tinggi sekali. Berbanding lurus dengan banyaknya orang jumlah aktivitas membersihkan pakaian dengan mencuci ini.

Namun, pada kenyataannya tiap orang belum tentu bisa mencuci pakaiannya sendiri. Sebagai seorang yang sibuk beraktivitas sehari-hari, maka mencuci pakaian adalah hal yang bisa sulit dilakukan. Walaupun seorang ibu rumah tangga pun bisa terjadi keadaan ia tidak bisa mencuci pakaiannya sendiri. Apalagi kalau seorang wanita itu memiliki aktivitas pekerjaan di luar rumah. Sering mengalami kesulitan dalam membagi waktu untuk sekedar mencuci pakaian.

Dari fenomena tersebut, munculah sebuah usaha yang kiranya bila dilakukan akan menjadi mesin uang buat siapa saja. Tentunya, semua orang pastinya ingin mendapatkan kehidupan ekonomi yang baik, setidaknya sehat dan seluruh kebutuhan bisa tercukupi tanpa berhutang. Jika masih punya hutang maka ingin segera bisa lunas. Nah, mengenai jenis usaha yang dimaksud ialah jasa laundry kiloan. Jasa laundry intinya merupakan jasa mencuci pakaian dengan hitungan harga per kilo gram. Dalam arti ukuran pembayaran jasa ini dihitung untuk per kilo gram pakaian. Dalam mencuci pakaian nanti tidak hanya asal mencuci saja. Tetapi umumnya ada tambahan jasa sekaligus menyetrika pakaian tersebut sehingga pakaian diterima para konsumen sudah dalam keadaan siap pakai. Termasuk pula sudah diberi parfum yang cukup wangi. Maka sangat penting sekali untuk kita berusaha mengetahui seluk beluk dari usaha laundry tersebut.

Anda pastinya juga ingin memulai usaha laundry kiloan tersebut. Sebagai seorang yang masih pemula, kebanyakan mungkin masih sedikit pengetahuannya tentang bisnis laundry kiloan ini. Namun, hal ini tidaklah menjadi penghalang kita semua untuk memulai usaha tersebut. Apabila ada suatu kemauan pastinya ada jalan untuk mencapainya. Yang terpenting adalah niat untuk memulai. Setelahnya, jalan untuk melakukan usaha ini akan muncul. Mereka orang yang telah sukses dalam bisnis laundry kiloan pada mulanya juga tak berpengalaman dan menjadi seorang pemula pula. Namun, mereka mau belajar dan mengembangkan usahanya. Akhirnya, sukses juga yang diraihnya.

Agar kita semua sukses dalam menjalankan usaha bisnis laundry kiloan maka ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan. Nah, sebaiknya kita simak saja berikut ini :
1. Memiliki Motivasi Yang Kuat
Tekad yang membaja dapat menjadi motivasi internal dalam diri untuk sukses. Meskipun hal lain belum dimiliki, maka motivasi kuat ini harus ada. Inilah yang akan menggerakkan yang lainnya. Kita mesti mulai bermimpi bahwa sukses akan bisa diraih. Dari mimpi inilah nanti kita memulai untuk merealisasikannya. Tidak boleh terbayang akan kegagalan. Takut akan gagal maka biasanya menjadikan seseorang akan takut pula mencoba. Kalau mencoba saja tidak mau maka mustahil bisa sukses.

2. Menentukan Tempat Usaha Yang Strategis
Posisi atau letak usaha amat menentukkan perjalanan usaha ini. Jangan sampai salah dalam memilih tempat ini. Sebab, banyaknya transaksi jasa laundry dipengaruhi oleh tempat usaha anda. Kalau tempatnya usaha kita yang begitu ramai dengan banyak orang, tentunya peluang orang untuk memasukkan pakaiannya ke laundry kita juga akan banyak. Sangat kebetulan bila rumah kita terletak di tempat yang amat strategis. Tak perlu menyewa tempat lagi kalau begitu. Kita akan bisa menghemat biaya untuk menyewa. Namun, bagi sebagian kita yang belum memiliki lokasi usaha yang strategis maka janganlah sampai surut niatnya untuk mulai membuka usaha laundry. Selalulah berusaha dengan berpikir kreatif dan inovatif untuk mendapat lokasi strategis.

3. Menyediakan Mesin Cuci, Pengering (Dryer), dan Perabotan
Ini memang peralatan yang pokok sekali. Harus dimiliki oleh para pebisnis laundry kiloan. Karena dengannya bisa berjalan usaha kita. Untuk para pemula memang tidaklah perlu menyediakan mesin cuci dan pengering dalam jumlah yang banyak. Cukup masing-masing satu saja dulu. Ketika nanti sudah berjalan lancar maka bolehlah dan sangat disarankan menambah jumlah mesinnya. Dalam membelinya, untuk pertama kalinya bisa memilih yang baru. Dengan kredit atau cash itu dilihat atas kondisi keuangan. Misalnya membeli mesin yang bekas maka pastikanlah kondisinya baik dan layak dioperasikan. Tidak disarankan membeli yang bekas dan mudah rusak, meskipun harganya murah. Demikian pula dengan perabotan yang diperlukan. Semua juga harus disiapkan tanpa ada yang ditinggalkan meski satu saja.


4. Milikilah Karyawan
Karyawan amat penting untuk kita miliki. Dengan adanya karyawan pekerjaan kita akan terbantu, dalam hal ini mengenai jalannya usaha laundry kita. Namun, dalam merekrut karyawan hendaknya berhati-hati sekali. Jangan asal cari saja. Perlu dilihat bagaimana orangnya. Yang pertama adalah kepribadiannya dahulu. Jujur, amanah, disiplin adalah faktor yang penting sekali. Kalau hanya ketrampilan maka itu bisa dilatih nantinya. Namun, kepribadian seseorang ini agak sulit melatihnya. Maka sebaiknya kita mencari karyawan yang benar-benar orang yang jujur dan bertanggung jawab. Untuk upahnya bisa dimusyawarahkan antara dua belah pihak sehingga semuanya setuju atas besarannya. Tentang jumlah karyawannya disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan seimbang dengan volume pekerjaan. Karyawan adalah faktor penting dalam perjalanan usaha laundry kita ke depan. Maka perlu sekali dijaga baik-baik semangat kerja karyawan. Mereka sangat membantu kita untuk meraih sukses.

5. Bahan Kimia Laundry
Usaha laundry kiloan membutuhkan bahan yang sangat penting keberadaanya. Bahan tersebut antara lain: penghilang noda, deterjen, softener, pelicin pakaian,parfum laundry, dan sebagainya. Seluruhnya disarankan untuk memilih bahan yang memiliki kualitas bagus. Dengannya akan menghasilkan cucian dan output yang baik pula. Tak lupa pula juga agar memikirkan berapa uang atau anggaran yang kiranya diperlukan untuk membelinya. Sebisanya dipilih yang terjangkau harganya namun kualitasnya tetap baik. Diharapkan Anda tidak salah memilihnya. Sesuaikan juga dengan kecocokan antara mesin cuci dan deterjennya.

6. Pengepakan Rapi
Pakaian yang telah selesai dicuci selanjutnya disetrika hingga rapi. Tak lupa pula diberi wewangian. Sebaiknya pula wanginya disediakan beberapa pilihan sesuai keinginan konsumen. Pastikan konsumen suka dengan aroma wewangian yang kita berikan pada pakainnya. Proses selanjutnya setelah diberi wewangian dan disetrika yakni dikemas untuk diserahkan kembali ke konsumen. Nah, kerapian sangatlah penting dalam hal ini. Kesan pelayanan sedikit banyak terlihat dari pengemasan tersebut. Pastikan pengemasan benar-benar rapi.

7. Manajemen Yang Rapi
Pengaturan keuangan dalam hal ini sangatlah penting. Sadar atau tidak, ketika seseorang telah terjun ke bidang usaha, maka keuntungan finansial sedang ingin diraihnya. Sebesar apapun pengeluaran harus tercatat. Demikian pula dengan pemasukan harus tertulis rapi. Tak ada satu pun yang tak tertulis. Ini sangat penting karena ketika akhir bulan kita bisa melihat berapa keuntungan yang didapatkan.

Nah, itulah beberapa hal tentang peluang usaha bisnis laundry kiloan. Semoga artikel tersebut bermanfaat sekali bagi para pembaca yang berbahagia. Sukses diharapkan segera diraih untuk anda semua para usahawan sejati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Laundry Kiloan Profesional