Mencari Peluang Usaha Makanan Apa Yang Cocok Buat Kita

Peluang Usaha Makanan

Dari banyaknya sektor bisnis atau usaha yang marak pada jaman sekarang ini mungkin sentra makanan atau kuliner adalah salah satu jenis usaha yang akan selalu menjanjikan dan berprospek cerah untuk ditekuni. Peluang bisnis makanan akan selalu cerah karena makanan akan selalu menjadi kebutuhan manusia selama manusia tersebut hidup. Makanan termasuk bagian dari kebutuhan pokok manusia. Bila dijalankan dan ditekuni secara maksimal bisnis kuliner memiliki potensi sangat besar untuk meraup keuntungan besar.

Meskipun demikian anda harus mengingat bahwa persaingan pada bisnis ini juga luar biasa ketat sehingga calon wirausahawan harus mampu menampilkan produk yang unik dan dapat menarik minat konsumen. Termasuk pula produk makanan yang kita jual mesti berkualitas. Pelayanan dalam menjual produk makanan juga mesti diutamakan dan diperhatikan. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit berbicara tentang peluang usaha makanan yang cocok untuk diambil.

Kalau kita berbicara tentang makanan maka sangatlah banyak jenisnya. Tetapi mengenai masalah makan ini, setiap orang hampir dalam sehari selalu tiga kali makan. Kalau di rumah mungkin seorang ibu rumah tangga yang memasaknya untuk dihidangkan ke seluruh anggota keluarga. 

Namun, kalau sudah di luar rumah maka terpaksa harus jajan atau beli di warung-warung makanan yang banyak berjejer di pinggiran jalan. Dari sini kita bisa melihat sebuah ide untuk peluang usaha makanan apa yang akan diambil. Membuat warung yang menjual berbagai makanan dan masakan merupakan cara yang jitu. Ini menjadi ide cerdas.

Dalam kehidupan sehari-hari biasa kita saksikan di pinggiran jalan yang kita lewati biasanya banyak terdapat warung bakso, mie ayam, soto, masakan padang, warteg, sate kambing, tongseng kambing, gulai kambing, pecel lele, ikan bakar, ayam bakar atau goreng, bebek bakar atau goreng, dan lain sebagainya. Dari penglihatan kita seperti itu maka kita mendapati banyak ide untuk peluang usaha yang prospektif. Dari sekian jenis usaha makanan yang kita lihat itu bisa kita renungi satu per satu. Kita mesti mencoba memikirkan dari sekian jenis usaha warung yang menjual makanan dan masakan itu mana yang paling cocok.

Misalnya saja bila kita ambil contoh saja jika kita memilih untuk membuka warung mie ayam yang sederhana. Modalnya tidaklah besar sekali. Dengan uang secukupnya kita sudah bisa memulainya. Masyarakat dari kalangan menengah ke bawah bisa menjangkau modalnya. Dari usaha mie ayam ini ternyata sudah banyak orang yang telah meraih kesuksesan yang luar biasa. 

Menu mie ayam sudah bukan barang yang asing lagi bagi masyarakat umum. Harga jual per porsinya juga amat terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Tidak memandang itu orang miskin atau kaya, karena semuanya mampu membeli mie ayam. Sehingga benar sekali bila cakupan pasar dari mie ayam ini begitu luas.

Usaha warung makanan yang mirip dengan mie ayam ialah bakso. Makanan ini sudah sangat terkenal di seantero negeri. Bahkan semenjak puluhan tahun yang lalu bakso sudah menjadi makanan favorit. Bila seseorang makan di luar maka menu yang biasa dibeli adalah bakso. Bakso juga termasuk menu makan siang yang dibeli oleh orang yang sedang bekerja di luar rumah. Usaha lainnya yang sangat terkenal ialah warung masakan padang. 

Hampir semua tempat di negeri ini terdapat warung masakan padang. Ada berbagai nama dari warung masakan padang yang tersebar di seluruh nusantara. Banyak orang yang telah menjadikan langganan warung makan padang ini untuk menu makan mereka sehari-hari. Umumnya makan di warung masakan padang jika di siang, sore, dan malam hari.

Salah satu segmen bisnis kuliner atau makanan lainnya yang cukup populer karena banyak digemari masyarakat di berbagai kalangan adalah makanan ringan atau snack. Dengan metode marketing atau pemasaran yang tepat beberapa makanan ringan di tanah air bahkan melejit menjadi bagian dari trend atau gaya hidup seperti misalnya keripik singkong pedas, beragam jenis kue kering, kacang sangrai, kacang bawang, dan sebagainya.

Bila memiliki ide produk yang inovatif anda bisa merintis usaha snack milik anda sendiri. Tidak sedikit usaha rumahan snak yang telah mampu menembus pasar supermarket dan ekspor luar negeri. Tentu saja perlu juga ketekunan untuk meraih prestasi seperti ini. Prosesnya pun tentu tidak singkat.

Namun bagi sebagian orang yang merasa kurang mampu bersaing dan masih gentar dengan potensi kegagalan anda bisa memilih cara aman dengan menjadi bagian dari bisnis waralaba yang sudah teruji. Bisnis waralaba pun bisa saja menjadi pilihan yang paling cocok buat kita. Jumlah keuntungan dari bisnis ini memang lebih kecil tetapi risiko kerugiannya juga lebih kecil. Kalau kita belum berani ambil bagian dalam bisnis waralaba maka bisa juga dengan cara lain yakni kita membeli sebuah makanan ringan secara grosir lalu di rumah kita bungkusi kecil-kecil. 

Selanjutnya kita bisa menjual makanan yang telah dibungkusi itu langsung kepada konsumen. Lebih tepatnya kita menjual makanan tersebut lewat warung-warung dan kanting sekolah atau kantor. Dengan cara seperti maka usaha jualan kita akan lebih efektif dan efisien. Keuntungan yang kita peroleh tentu mesti dibagi dengan tempat yang kita titipi makanan tersebut. Tetapi jangan khawatir, kita tetap mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari usaha itu.

Para pembaca yang berbahagia, pada beberapa tahun mendatang hidangan yang sehat akan semakin banyak diminati masyarakat di samping kriteria cita rasa yang lezat. Hal ini dikarenakan sudah semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Masyarakat sudah mulai sadar akan berharganya nilai kesehatan tubuhnya. Mereka telah memulai berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan apa saja. Tidak ingin sebagian hidup mereka dihabiskan untuk merasakan sakit gara-gara salah memilih makanan.

Dengan demikian bisnis kuliner sehat juga menyimpan potensi besar bagi para calon pebisnis. Untuk menciptakan produk yang unik dan dipastikan dapat menarik banyak konsumen bekerjasamalah dengan ahli gizi yang dapat membantu anda mengatur menu yang sehat dan seimbang. Jenis kuliner sehat yang selama ini telah dikembangkan misalnya adalah es krim sayur, kue dan mie dari ubi ungu, spaghetty sayur, brownies tempe, dan masih banyak lagi.

Usaha makanan yang cukup prospek lainnya yakni peluang bisnis makanan kering siap saji akan cocok dikembangkan di daerah perkotaan di mana penduduknya sibuk dan tak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sendiri hidangan mereka. Kondisi ini dapat anda manfaatkan untuk menjual makanan siap saji yang sehat, lezat, dan tanpa bahan pengawet. 

Sebagai nilai tambah anda bisa mengadakan layanan siap antar alias delivery order dan pemesanan secara online. Jenis-jenis makanan kering yang dapat menjadi ide misalnya adalah rendang kering, nugget sayur, ikan bumbu, ayam bumbu, bandeng cabut duri, dan lain sebagainya.

Dari berbagai uraian di atas, bila kita mau untuk memulai berbisnis makanan maka sudah banyak sekali peluang yang bisa kita ambil. Dari setiap peluang yang ada itu bisa kita sesuaikan dengan situasi dan kondisi diri kita masing-masing. Mana peluang usaha yang cocok dan memungkinkan untuk segera diambil.

Akhirnya, kami mengucapkan selamat berbisnis dan sukses selalu. Jangan lelah dan terus berdoa agar kita dapat menikmati kesuksesan. Halangan serta hambatan bukan berarti apa-apa bila dibandingkan nilai kesuksesan yang akan kita raih nantinya. Maka bersemangat dalam berbisnis terus harus digelorakan selalu.

Semangat menjadi modal penting dalam merintis sebuah bisnis. Kalau kita temui ada beberapa pengusaha muda yang rajin mengikuti kegiatan motivasi bisnis maka itu langkah yang tepat. Karena yang namanya semangat itu kadang naik turun. Jadi kondisinya mesti harus dijaga selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Mencari Peluang Usaha Makanan Apa Yang Cocok Buat Kita