Usaha Bengkel Cat Mobil Yang Menguntungkan

Bengkel Cat Mobil Yang Menguntungkan
Saat ini mungkin sudah zamannya orang memiliki mobil sendiri. Pemilik mobil selalu meningkat dari tahun ke tahun. Mempunyai mobil bukannya untuk kebanggaan saja namun kini sudah termasuk bagian dari kebutuhan hidup. Ketika hendak bepergian bersama keluarga maka alat transportasi yang pas ialah mobil. Jika menggunakan sepeda motor itu rasanya kurang pas karena satu sepeda motor tidak bisa menampung semua anggota keluarga. Tak mengherankan bila banyak orang kini membeli mobil. Kalau pun mereka pendapatan atau uang tabungannya belum bisa digunakan membeli secara tunai maka biasanya menggunakan alternatif membeli secara kredit. Kalau pun belum bisa dengan cara itu maka membeli mobil bekas namun masih layak jalan. Sehingga kini setiap rumah mempunyai mobil yang terparkir di garasinya. 

Bahkan dalam satu rumah bisa dijumpai hingga ada tiga mobil. Mengendarai mobil yang bagus menjadi suatu kesukaan bagi seluruh anggota keluarga. Disebut sebuah mobil itu bagus bukan hanya pada kondisi mesinnya saja tetapi juga body mobil tersebut. Mobil yang catnya masih bagus akan menjadikannya enak dipandang. Jika mobil terlihat pecah-pecah catnya atau ada bekas goresan maka buru-buru si pemilik mobil itu mengecatkannya kembali. Begitu pula ketika mobil yang dipunyai catnya sudah agak kusam maka langsung dicat kembali. Hingga warnanya kemilau tampak baru lagi. Dilihat oleh siapa pun akan menggembirakan hati.

Orang yang punya hobi di bidang otomotif akan memperlakukan mobilnya lebih dari orang biasa pada umumnya. Body mobil sangat cermat diperhatikannya. Tak aneh memang, sebab body mobil inilah yang dapat dilihat siapa saja. Kalau mengenai mesin mobil tentu tak bisa diperhatikan atau dipandang dari luar. Maka tak jarang tiap mobil dibuat semenarik mungkin. Catnya diperbaiki atau diganti dengan yang lebih bagus. Tak perlu menunggu sampai rusak atau kusam catnya, kalau sudah bosan langsung diganti saja. 
baca juga : 
Minat seseeorang untuk mengecatkan mobil amat tinggi. Tak dipungkiri pula adanya saling berlomba mengecat mobilnya. Ingin selalu kelihatan menarik mobil yang dimiliki. Selalu terlihat baru dan cling merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Dari hal di atas kita bisa menemukan sebuah peluang usaha baru yang cukup prospektif dan menghasilkan. Kita bisa menjadi pengusaha bengkel cat mobil. Membuka bengkel cat mobil adalah peluang bisnis terbaru yang bisa kita jalankan saat ini. Untuk memulai usaha tersebut ada beberapa hal yang perlu kita cermati, berikut diantaranya :

1. Tanamkan niat
Harus ada keinginan kuat kita unttuk meraih sukses. Hati harus terpatri kuat untuk mendapatkan kejayaan dalam merintis bisnis ini. Jika usaha bengkel cat mobil ini telah berjalan maka sukses akan lebih mudah diraih. Jumlah bengkel cat mobil juga belum begitu banyak. Dibanding dengan bengkel mobil maka jumlahnya masih begitu jauh. Niat kita untuk sukses juga perlu diwujudkan dalam usaha dan doa. Ketekunan juga menjadi penambah nila kesuksesan dari usaha ini.

2. Promosikan usaha kita
Jangan hanya meningkatkan kualitas saja, akan tetapi perlu dikomunikasikan ke khalayak ramai agar mereka semua tahu. Kini sudah berkembang media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, line, instagram, dan lain-lain. Semua itu bisa kita manfaatkan dengan sedikit biaya namun hasil yang bagus. Jangkauan dari media sosial atau medsos ini amat luas. Kita pun perlu juga memasang baner atau spanduk besar di depan lokasi bengkel cat mobil kita. Hal itu agar khalayak bisa dengan mudah mengetahuinya.

3. Memperhatikan para konsumen
Konsumen bisnis bengkel cat mobil tentunya mereka-mereka yang memiliki mobil sebagai kendaraan pribadinya atau sebagai unit usahanya (jasa transportasi). Keinginan untuk selalu memperbaharui penampilan kendaraan merupakan prospek pasar bisnis ini. Orang kaya yang banyak uangnya tidak akan berhitung mengenai biaya dalam memperbarui cat mobilnya. Yang terpenting bagi mereka mobilnya menjadi tampak baru lagi. Banyaknya kejadian yang menyebabkan kerusakan pada body mobil juga memberikan peluang pasar yang cukup besar untuk meningkatkan jumlah konsumen pada bisnis bengkel cat mobil ini. Misalnya saja saat parkir  bagian mobil ada yang tergores atau terkena ranting pohon dan pagar.

4. Memasang tarif terjangkau
Tidak harus murah tarifnya. Namun hendaknya terjangkau dan tidak berbeda dengan tarif normal pada umumnya. Yang terpenting terjangkau oleh para konsumen atau pelanggan. Disiplinkan pula mengenai waktu pengerjaan. Artinya klo kita sudah berjanji hari dan jam itu selesai, maka kita wajib memenuhinya. Jangan dibiasakan suka molor waktu pengerjaannya. Ini akan membuat konsumen kurang senang.

5. Melengkapi aneka jenis warna cat yang berkualitas
Dalam membuka usaha bengkel cat mobil, material yang dipakai dalam proses pengecatan juga harus diperhatikan. Kelengkapan jenis cat dan warna cat juga sangat penting untuk diperhatikan demi kepuasan konsumen. Semua jenis warna mesti kita sediakan. Saat konsumen memilih jenis warna tertentu maka semua bisa tersedia. Semua harus dipilihkan yang berkualitas.

6. Pemilihan bahan cat yang bagus.
Berikut kami berikan beberapa jenis cat yang umum digunakan :
a.Cat Stoving
Cat stoving biasa digunakan pada bengkel cat mobil yang mempunyai oven, karena jenis cat tersebut memerlukan proses pengovenan untuk pengeringannya. Sehingga hasil cat stoving akan lebih keras dan lebih tahan terhadap goresan atau scratch body. Sehingga harga jasa pengecatan mobil dengan cat ini lebih mahal dibandingkan dengan yang lain.

b. Cat Lacquer
Jenis yang kedua yaitu cat lacquer, cat jenis ini harganya lebih murah dan lebih cepat kering. Tetapi warna cat yang dihasilkan tidak tahan lama dan mudah kusam, paling lama hanya bertahan kurang lebih satu sampai dua tahun.

c. Cat Urethane
Sedangkan jenis cat urethane biasa dijadikan pilihan kedua bagi para konsumen, karena biayanya lebih murah daripada cat stoving dan hasilnya bisa lebih tahan lama dibandingkan kualitas cat lacquer. Selain itu cat urethane juga memiliki kualitas yang lebih gloss dan tahan lama, walaupun kekerasan atau hardness terhadap goresan masih kurang jika dibandingkan dengan cat stoving.

Selain kualitas cat, perawatan cat mobil juga perlu diperhatikan. Pemolesan dengan obat pemoles cat mobil bisa dicoba digunakan dalam perawatan cat mobil.

7. Pemolesan mobil
Berikut kami berikan pula tips dan cara yang tepat dalam memoles cat mobil  :
- Sebelum memoles cat mobil, pastikan mobil Anda dalam keadaan bersih. Lebih baik jika dicuci terlebih dahulu (lakukan pencucian di tempat yang terhindar dari matahari langsung).
- Setelah mobil kering, kemudian siapkan obat pemoles yang biasa Anda gunakan. Terlebih dahulu baca aturan pakai yang ada pada bungkus, karena tiap obat memiliki cara atau aturan pakai yang berbeda.
- Lakukan pemolesan secara bergantian perbagian, misalnya pada bagian kap mobil terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak lupa bagian mana saja yang sudah dipoles, dan tidak perlu mngulangi bagian yang sudah dipoles.
- Gunakan obat poles secukupnya, kemudian sapukan dengan gerakan memutar da arah yang teratur menggunakan spon halus yang sudah dibasahi sedikit air.
- Obat poles jangan sampai mengenai material plastik maupun karet untuk mencegah bekas sisa obat poles yang kerap kali sulit dihilangkan pada material selain dari permukaan cat.
- Biarkan obat poles hingga kering. Setelah itu ganti spon pemoles dengan kain kering dari bahan katun . Poleslah permukaan cat yang telah diberi obat pemoles hingga kering tadi dengan gerakan memutar dan arah yang teratur.
- Anda tidak perlu menekan alat pemoles, cukup arahkan alat tersebut dengan gerakan memutar.
- Ulangi proses tersebut pada bagian yang belum dipoles, hingga merata semua bagian.

Nah, masihkah kita ragu untuk membuka bisnis yang bagus ini? Selamat berbisnis membuka bengkel cat mobil dan jangan lupa berdoa untuk sukses. Kita mesti punya mental orang kaya. Sehingga benar-benar menjadi kaya raya akhirnya nanti. Tentu ini adalah harapan kita semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Usaha Bengkel Cat Mobil Yang Menguntungkan