Peluang Usaha Toko Sembako Modern

Usaha Toko Sembako Modern

Sobat pembaca buletin bisnis yang berbahagia, hari ini kita akan membicarakan mengenai peluang usaha toko sembako modern. Sembako atau sembilan bahan pokok termasuk kebutuhan hidup manusia yang amat penting. Tiap hari manusia memerlukan kebutuhan sehari-hari. Tidak jarang segala aktivitas hidup manusia pun dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan tidak jarang kita tiap hari mengeluarkan uang guna membeli kebutuhan pokok berupa sembako.


Permintaan sembako setiap hari memang banyak. Tiap rumah tangga memerlukannya. Maka sangatlah besar jumlah permintaan dari sembako ini. Hampir tiap hari toko sembako tidak pernah sepi dengan para pembeli. Maka tidaklah heran bila kita pun tertarik melirik usaha warung atau toko sembako. Dari dulu sampai sekarang sembako menjadi barang yang penting dan mendapatkan perhatian dari masyarakat.


Fenomena orang-orang berpikir untuk membuka warung sembako yang sederhana atau pun membuat toko sembako kini semakin banyak saja. Ide untuk membuka warung sembako sering menjadi pemikiran banyak orang. Terlebih untuk saat ini, mencari pekerjaan dirasakan tidak semakin mudah. Akan tetapi malah sebaliknya yaitu semakin sulit saja. Berusaha membuka warung sembako atau toko sembako ini akhirnya menjadi ide yang cukup cemerlang. Setidaknya bisa menjadi solusi dari mencari uang atau pendapatan harian.


Di samping itu memang membuka warung atau toko sembako bisa dimulai dengan modal yang kecil. Tidak harus punya modal yang besar dulu untuk memulai usaha itu. Dalam perkembangannya memang kita juga membutuhkan modal tambahan dan juga manajemen yang bagus. Kita tentu ingin melangkah lebih jauh lagi agar toko yang dibuat semakin besar. Membuka warung atau toko sembako memang bagus sekali. Tetapi kita mesti ingat bahwa saat ini sudah banyak orang yang melakukannya. Akan lebih baik lagi kita membuka usaha warung atau toko sembako modern. Kenyataan untuk saat ini, di berbagai bidang kehidupan kita sudah dihadapkan dengan modernisasi. 


Ide membuat toko sembako yang modern memang perlu menjadi bahan perenungan kita. Khususnya bagi kita yang hendak memulai usaha. Sebelum membahas lebih jauh mengenai toko sembako modern ini kita perlu tahu definisinya. Maksud modern setidaknya memiliki tiga unsur penting.

  • Barangnya lebih murah harganya
  • Mudah dalam berbelanja di toko sembako tersebut
  • Memuaskan pelayanannya kepada para pembeli


Jika ketiga hal tersebut terdapat pada toko kita maka sudah menjadi modern. Tetapi kalau dirinci memang bisa panjang lebar juga. Berikut ini kita akan bahas mengenai ciri dikatakan toko sembako tersebut telah menjadi modern.

1. Harga barang lebih mudah.

Barang-barang sembako memang diperlukan oleh setiap orang. Bahkan tidak jarang tiap hari pun ada yang membelinya di warung atau toko. Tak mengherankan jika ada orang yang mencari barang-barang sembako itu yang paling murah. Kalau murah harganya maka yang suka untuk berbelanja ke tempat kita pun akan banyak. Untuk di awal memang belumlah begitu terkenal toko kita. Akan tetapi, sekali timbul kesan bahwa harganya murah maka itu akan cepat menyebar. Dari pembicaran antar mulut akan cepat sekali. Mereka akan mengatakan bahwa toko kita terkenal murahnya.


2. Adanya kemudahan dalam berbelanja.

Kebutuhan pokok berupa bahan-bahan sembako dibutuhkan tiap hari. Maka pada tiap hari pula orang yang sudah habis barang sembakonya akan segera berbelanja. Setiap berbelanja tentu semua orang ingin mendapatkan kemudahan. Sebetulnya masalah kemudahan ini tidak hanya mengenai saat berbelanja saja. Segala aktivitas kehidupan manusia selalu ingin mudah. Dalam hal yang kecil maupun mengenai hal yang besar. Termasuk pula dalam hal berbelanja. Membelanjakan uang untuk membeli barang-barang sembako pun ingin juga dilakukan dengan mudah. Arti mudah di sini bisa bermacam-macam diartikan untuk masalah berbelanja. Dari pembeli mengambil sendiri barang sembako misalnya. Pembeli bisa memilih barang yang akan dibeli lalu membawanya ke penjual untuk membayarnya. Ini termasuk bentuk kemudahan. Atau bisa pula pembeli ingin diambilkan oleh penjualnya secara langsung karena tidak ingin repot. Kemudian penataan barang sembako yang rapi juga penting untuk diperhatikan. Ini juga membuat sebuah kemudahan tersendiri bagi para pembeli. Untuk mencari minyak goreng merk tertentu maka mereka tinggal menuju ke blok tempat minyak goreng.


3. Pelayanan kepada konsumen yang memuaskan.

Konsumen atau pembeli mesti dijadikan sebagai raja. Mereka mesti dilayani dengan baik. Dalam berbelanja kita mesti memberikan pelayanan yang bagus. Ramah, sopan, dan menyenangkan menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Kita mesti memberikan hal tersebut kepada para pembeli. Kalau ada keluhan kepada toko sembako kita maka segera ditindaklanjuti untuk dicari solusi terbaiknya. Kalau mereka bertanya kita jawab dan jelaskan. Baik itu mengenai tanya tentang sebuah barang atau pun harganya. Jika mereka menelepon atau pun menghubungi melalui media sosial kita pun meresponnya dengan baik. Bahkan, ketika ada seorang pembeli yang berbelanja banyak dan tidak mampu untuk membawanya maka kita perlu membantunya. Misalnya membeli beras yang banyak dan berat. Maka kita bisa antar beras tersebut ke rumahnya.


Ketika kita mampu melakukan hal-hal di atas maka warung atau toko sembako kita telah masuk kategori modern. Bahkan kalau memungkinkan kita perlu menambahkan fasilitas antar gratis ke rumah atau tempat tinggal sang pembeli. Beberapa pembeli tidak masalah memberikan tambahan ongkos atau biaya antar ke rumahnya. Tentu saja kita pun mematok biaya yang murah. Bahkan kalau berbelanja banyak sebaiknya tidak diberi tambahan biaya antar barang sembako. 

toko sembako modern

Ketika kita sudah memantapkan niat untuk mengambil peluang usaha toko sembako modern maka harus ada persiapan yang cukup. Untuk memulai hal yang besar maka perlu dilakukan perencanaan. Sukses merencanakan akan sama artinya merencanakan sukses. Ini artinya merencanakan dan mempersiapkan sesuatu hal itu amatlah penting. Termasuk dalam hal mempersiapkan untuk memulai usaha toko sembako modern ini. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam membuka toko sembako modern.

1. Memiliki tempat usaha.

Kita perlu memiliki tempat usaha yang bagus. Istilah terkenalnya yakni tempat usaha tersebut begitu strategis. Pastikan tempat atau lokasi untuk membuat toko sembako kita itu dekat dengan keramaian. Banyak warga masyarakat yang bisa dengan mudah menjangkau lokasi toko kita. Kalau pun tidak di pinggir jalan raya yang ramai maka kita bisa memilih pinggiran jalan biasa namun tetap mudah dijangkau. Kemudahan dijangkau ini akan memberikan nilai tambah bagi toko sembako kita di mata para konsumen atau pembeli. Kalau kita punya rumah yang ada di pinggiran jalan pun bisa kita manfaatkan untuk menyulapnya menjadi toko sembako modern.


2. Memilih barang yang akan dijual.

Mulai awal mesti membuat catatan tentang barang sembako apa saja yang akan dijual. Semua barang itu perlu dicatat secara rapi. Tujuannya agar kita bisa menyiapkan berbagai barang sembako yang akan dijual itu dengan baik. Biaya atau modal khusus untuk membeli barang sembako pun akan dapat diketahui dengan baik. Hal ini akan menjadikan pencatatan lebih rapi. Barang yang paling laris manis di lingkungan sekitar mesti kita sediakan dalam jumlah yang lebih banyak. Ini untuk menjaga persediaan agar tetap stabil.


3. Mencari tempat kulakan termurah.

Kita mesti tahu tempat kulakan yang terbaik. Untuk bisa mendapatkan harga yang paling murah maka kita perlu memilih tempat kulakan untuk masing-masing barang sembako. Pilih tempat kulakan yang harganya paling murah. Sebagai contoh ketika ingin membeli beras maka kita pilih tempat kulakan A karena di situlah harganya termurah. Untuk membeli minyak goreng kita ke tempat kulakan B. Demikian selanjutnya untuk barang-barang yang lainnya. Namun, ketika suatu tempat kulakan harga dari beberapa barang amat murah maka kita bisa berbelanja beberapa barang sembako tersebut sekaligus dalam satu tempat.


4. Menjaga kualitas barang sembako yang dijual.

Kita perlu selalu memeriksa aneka barang yang kita jual. Pastikan semua barang yang dijual itu masih bagus kualitasnya. Jangan sampai ada barang yang sudah rusak kemudian dibeli orang. Kalau terlanjur terjadi seperti itu maka kita mesti bersiap-siap untuk memberi ganti rugi. Kita ambil contoh beras misalnya. Kita mesti menjual beras yang masih berkualitas bagus saja.


5. Menjalankan manajemen yang baik. 

Manajemen keuangan terutama. Perlu diperhatikan dengan baik mengenai pengaturan uang ini. Jangan sampai terjadi masalah keuangan. Barang habis namun tidak ada uangnya sama sekali. Ini tentu menjadi masalah besar. Maka sedari awal perlu kita siapkan model manajemen keuangan yang bagus.


6. Senang berderma.

Setiap menjelang hari raya lebaran kita sisihkan hasil keuntungan dari toko yang kita kelola untuk berderma. Memberi barang atau uang kepada orang-orang yang sangat membutuhkan. Amal kebaikan ini menjadikan usaha toko sembako modern kita akan memiliki keberkahan. Dari keberkahan ini akan memudahkan kita untuk lebih sukses lagi.


Membahas peluang usaha toko sembako modern di saat ini amat menarik. Terlebih kini banyak orang yang sedang galau dengan situasi ekonomi di tengah pandemi covid-19. Mereka sedang mencari peluang bisnis yang bagus dan prospek. Harapan kami, tulisan ini akan memberikan tambahan wawasan bisnis bagi sobat pembaca semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Toko Sembako Modern

0 komentar:

Post a Comment