Mengenal PAFI Balige Dengan Baik

PAFI Balige

Masyarakat saat ini memang sangat membutuhkan bantuan dari banyak pihak. Khususnya mereka yang ada di desa yang jauh dari tengah kota. Tidak hanya bantuan yang terkait dengan materi seperti uang, bahan makanan pokok, maupun pakaian pantas pakai. Bentuk bantuan berupa edukasi tentang berbagai masalah kehidupan juga sangat dibutuhkan oleh mereka.


Ada banyak pihak yang suka memberi bantuan kepada masyarakat umum. Pemerintah dengan berbagai lembaga maupun instansi juga sangat intens dalam memberi bantuan kepada rakyatnya. Baik itu berupa materi maupun juga non material. Selain itu, ada pula banyak organisasi non pemerintah yang juga ikut serta memberi bantuan kepada masyarakat. Jumlahnya pun banyak. Setidaknya tidak bisa dihitung dengan menggunakan jari tangan kita.


pafibalige.org adalah alamat website sebuah organisasi profesi. Organisasi yang dimaksud ialah PAFI. PAFI ini kependekan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Sebuah organisasi yang menaungi mereka yang berprofesi sebagai ahli farmasi. Bidang farmasi sendiri merupakan sebuah bidang yang mempelajari seluk beluk segala obat-obatan. Jadi, kalau ada kata farmasi maka itu sama dengan obat-obatan.


Masyarakat sebetulnya lebih familier dengan kata obat-obatan dibanding istilah farmasi ini. Organisasi profesi PAFI ini juga turut memberi manfaat kepada masyarakat. Tentu saja manfaat yang diberikan kepada masyarakat berkait dengan dunia kefarmasian. Dunia obat-obatan atau farmasi ini juga sangat dibutuhkan.


Ada banyak lulusan yang berkait dengan farmasi ini. Diantaranya adalah arjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi, Ahli Madya Analis Farmasi, Apoteker, dan lulusan SMK Keahlian Farmasi serta Asisten Apoteker (AA). Tentu saja, amat banyak jumlahnya di negara kita. Dari sabang sampai merauke kita akan menemukan mereka yang berprofesi seperti apoteker misalnya.


Berbagai peran dilakukan oleh PAFI kepada anggotanya. Masyarakat juga sangat menerima dengan kehadiran dari organisasi PAFI ini. Beberapa peran yang dilakukan oleh PAFI diantaranya:

1. Memperjuangkan hak-hak anggota PAFI

Organisasi PAFI amatlah penting bagi anggotanya. Organisasi profesi tersebut memperjuangkan hak-hak para anggotanya. Sesuatu hal yang lazim dari setiap anggota profesi bahwasanya mereka ingin diperjuangkan hak-haknya oleh organisasi yang mengurusi mereka. Sebab ini adalah salah satu tujuan dibentuknya sebuah organisasi profesi. Kewajiban sebagai anggota organisasi sudah dikerjakan. Tentu hal yang wajar kalau melalui organisasi profesi PAFI ini para anggotanya memperjuangkan hak-haknya.


2. Meningkatkan kemampuan para anggotanya

Sebagaimana organisasi profesi lainnya. PAFI didirikan juga dalam rangka meningkatkan kemampuan para anggota. Diharapkan para ahli farmasi yang menjadi anggota PAFI ini meningkat profesionalitasnya. Dari situ, para ahli farmasi semakin bisa menerapkan ilmu yang dimilikinya dengan lebih baik. Masyarakat pun akan mendapatkan manfaat besar dari peningkatan keprofesian para ahli farmasi tersebut.


3. Membantu masyarakat memahami dunia farmasi

Masyarakat secara umum mungkin sudah kenal dunia farmasi. Setidaknya kalau ditanya apa itu farmasi maka mereka akan menjawab itu adalah dunia obat obatan. Hanya saja, masyarakat umum tidak mengetahui secara mendalam terkait dunia farmasi. Mereka pun tidak semua tahu mengenai bagaimana menggunakan obat-obatan secara tepat. Maka dengan adanya PAFI yang memberikan pemahaman ke masyarakat. Para anggota masyarakat akan menjadi paham bagaimana memakai atau mengkonsumsi obat secara benar.


Itulah beberapa peran PAFI. Kiranya dengan kita mengenal PAFI maka kita akan lebih tahu apa peran organisasi tersebut. Semoga organisasi PAFI ini semakin memberi manfaat kepada sesama. Dengan begitu, perannya sebagai organisasi profesi semakin mendapatkan sambutan secara luas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Mengenal PAFI Balige Dengan Baik

0 komentar:

Post a Comment