PAFI Kota Aek Kanopan

PAFI Aek Kanopan

Kembali lagi berjumpa dengan kami teman-teman. Kali ini kita mau bahas terkait tema kesehatan. Tema kesehatan merupakan tema yang tidak akan pernah lengan oleh zaman. Kapan pun masanya masalah kesehatan akan tetap menjadi tema yang menarik. Semua atau setidaknya sebagian besar manusia mesti menaruh perhatian terhadap tema kesehatan.


Jangan sampai kita menjadi ketinggalan terkait tema kesehatan. Memang kalau disimak terus tema kesehatan ini menarik sekali. Kita mungkin tidak akan pernah meninggalkan tema tersebut kala sudah tertarik. Sebetulnya, banyak sekali hal-hal yang bisa dibahas di tema kesehatan ini. Misalnya saja dari kesehatan anak-anak, kesehatan orang tua, kesehatan ibu hamil, kesehatan kulit, dan masih banyak lagi. Termasuk diantaranya adalah organisasi yang berkait kesehatan.


Organisasi yang dimaksud ialah organisasi yang berkait dengan dunia kesehatan. Salah satu organisasi tersebut ialah organisasi profesi. Diantara organisasi profesi yang cukup terkenal ialah PAFI. Apa itu PAFI? Mungkin masih ada diantara teman-teman yang masih belum tahu terkait apa itu PAFI. Nah, PAFI itu sebenarnya sebuah singkatan. Singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Organisasi profesi ini punya cabang di banyak tempat.


Kemudian kalau pafikotaaekkanopan.org ini merupakan alamat website PAFI cabang kota Aek Kanopan. Terkait nama kota Aek Kanopan ini mungkin juga jarang orang yang mendengarnya. Kota Aek Kanopan ini sebetulnya adalah nama ibu kota dari Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sebuah kabupaten yang berada di propinsi pulau Sumatera. Namanya propinsi Sumatera Utara.


Meskipun organisasi PAFI ini tidak begitu sering kita dengar. Akan tetapi, organisasi PAFI ini ternyata sudah berumur lama. Konon saat dilansir dari situsnya PAFI. Organisasi profesi PAFI ini sudah lahir sejak tanggal  13 Februari 1946. Tempat berdirinya di sebuah kota terkenal yakni Yogyakarta. Pengurus pusat PAFI ini berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila.


Kemudian terkait sifat organisasi PAFI. Bahwasannya organisasi PAFI adalah Organisasi Profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian. Dengan begitu dari latar belakangnya organisasi PAFI memang penuh dengan tantangan. Bisa kita bayangkan saat baru berdirinya PAFI ini tahun 1946. Kita tahu pada saat ini negara Republik Indonesia baru beberapa bulan merdeka.


Belum genap satu tahun waktu itu Indonesia merdeka. Pada saat itu kondisi negara masih dalam masa mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah. Tentu saja harus banyak pengorbanan untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut. Baik itu berupa korban pikiran, jiwa, raga serta harta benda yang banyak.


Tak terhitung besarnya pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan. PAFI pun tentu saja ikut berjuang. Tentu saja disesuaikan perjuangannya dengan bidangnya. Bidang farmasi tentu. Kebutuhan para pejuang tidak lepas dari dunia farmasi atau obat-obatan.


Belum lagi masyarakat luas yang masih memprihatinkan kondisinya. Mereka tentu membutuhkan obat obatan yang cukup. Berbagai obat diperlukan untuk mengobati orang sakit pada waktu itu. Itu gambaran di masa awal berdirinya organisasi profesi PAFI. Di mana saat itu masih di era perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan.


Di masa sekarang pun sebetulnya peran PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia juga tetap dibutuhkan. Masyarakat masih perlu untuk menerima penjelasan lengkap terkait masalah obat obatan atau farmasi. Maka para ahli farmasi yang berada di kepengurusan PAFI atau pun sebagai anggota PAFI bisa berperan untuk memberi penerangan atau penyuluhan kepada masyarakat luas terkait penggunaan obat-obatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : PAFI Kota Aek Kanopan

0 komentar:

Post a Comment