Cara Mencari Peluang Usaha Yang Pas

Peluang Usaha Yang Pas
Peluang usaha merupakan hal yang dicari-cari oleh tiap orang. Hampir semua orang berkeinginan untuk mempunyai sebuah usaha. Kalau pun saat sedang atau telah menjadi seorang karyawan pabrik atau pegawai di sebuah instansi tetap saja keinginan itu tidak luntur. Sudah banyak digelar pelatihan dan kursus tentang wirausaha. Baik itu yang diadakan oleh pemerintah atau pun masyarakat secara mandiri. Dari yang menghadirkan para pakar dan praktisi lokal hingga yang diundang adalah praktisi tingkat nasional bahkan internasional. Sebuah usaha maksimal dan bagus dalam rangka untuk menggugah jiwa pengusaha. Pemerintah berkepentingan untuk memunculkan para calon wirausaha yang baru karena ini akan berpengaruh pada perkembangan ekonomi nasional. Konon bila jumlah pengusaha di sebuah negara banyak maka negara itu akan menjadi negara yang maju dan kuat ekonominya. Demikian pula sebaliknya kala negara itu minim jumlah pengusahanya. Masyarakat mengadakan atau mengikuti pelatihan wirausaha guna mengembangkan potensi yang terpendam di dalam dirinya.

Kebanyakan orang yakin dan percaya bahwa menjadi pengusaha itu merupakan cara agar seseorang dapat mengubah kehidupan. Hal yang dimaksud dalam hal ekonomi khususnya dan seluruhnya pada umumnya. Kita semua setuju atau tidak setuju perlu menyadari bahwa kondisi ekonomi seseorang atau keluarganya akan berpengaruh pula pada kehidupannya secara menyeluruh. Maka masalah untuk memperhatikan atau memperbaiki kondisi ekonomi masing-masing orang ini menjadi hal yang amat penting. Maka dari itu sangatlah wajar bila banyak orang mencari berbagai peluang usaha atau bisnis yang cocok atau pas baginya. Untuk selanjutnya peluang bisnis itu akan diambil dan dijalaninya. Harapan sukses tentu terpatri di dalam hati dan pikirannya.


Mencari peluang usaha yang pas bagi diri kita memang tidaklah sulit. Tetapi hal ini juga tidak bisa dipandang mudah. Kita mesti mempertimbangkan banyak hal kala ingin memilih sesuatu peluang bisnis. Peluang usahanya memang ada banyak macamnya. Tetapi untuk kita memilihnya tidaklah semudah membalik telapak tangan. Perlu berpikir jernih dan banyak menganalisa berbagai sudut pandang. Hal ini dilakukan bukannya kita menciptakan kesulitan tersendiri. Akan tetapi hal ini demi mendapatkan peluang bisnis pilihan kita yang benar-benar pas. Proses untuk memperoleh jenis peluang usaha yang pas ini tidak bisa hanya sehari saja. Pertimbangannya harus mapan. Semua itu demi tercapainya kesuksesan yang hendak kita raih nantinya. Meskipun ada banyak peluang yang bisa kita raih namun janganlah sampai gegabah dalam memutuskan pilihan. Harus ada persiapan dan pertimbangan terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang penting untuk menjadi perhatian kala kita hendak menentukan sebuah peluang usaha. Silakan disimak berikut ini.

1. Apa kelebihan anda?
Mari kita mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu. Setiap orang pastinya punya kelebihan di dalam hidupnya. Entah itu ketrampilan atau bakat yang lainnya. Ketrampilan yang kita dimiliki mungkin berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Setiap manusia pun umumnya punya bakat masing-masing. Satu orang dengan yang lainnya biasanya berbeda-beda. Untuk hal ini kita mesti jujur terhadap diri sendiri. Cobalah anda perhatikan diri anda, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Coba berdiri di depan cermin yang besar. Kemudian, coba anda perhatikan, anda teliti dan anda rasakan. Apa keahlian saya? Kemampuan paling menonjol apakah yang saya miliki? Cobalah anda tuliskan di suatu kertas pertanyaan itu. Lalu kemudian berilah jawaban yang paling pas dan benar. Dari semua hal itu pilihlah salah satu kelebihan yang paling menonjol. Baik itu dari segi ketrampilan maupun bakat yang anda punyai. Itulah yang mungkin nanti yang bisa menjadi jalan peluang usaha anda. Kala kita nanti ingin mencari peluang usaha dan memilihnya maka jangan lupakan akan hal ini. Kelebihan yang kita miliki akan menjadi faktor penting penopang suksesnya usaha kita nantinya.

2. Apa hobi anda?
Hobi setiap orang memang berbeda. Kesukaan dari masing-masing orang berbeda satu sama lainnya. Tetapi ternyata hobi anda ini bisa menjadi petunjuk untuk memilih sebuah peluang usaha. Kaitan antara hobi dan bisnis sangatlah erat. Pada umumnya, orang yang menjalankan sebuah hobi itu tidak akan mudah bosan dan orang tersebut sangat menikmati atas apa yang ia lakukan. Meski pun orang lain memandang sebuah kegiatan atau pekerjaan itu berat tetapi kalau yang melakukannya adalah orang yang punya hobi atas kegiatan itu maka akan terasa sangat ringan. Maka sangat beruntung orang yang pekerjaannya itu sesuai dengan hobi yang dimilikinya. Ketika ada peluang usaha sesuai dengan hobi anda maka disarankan anda memilih peluang tersebut. Potensi keberhasilannya amat besar.

3. Apa kelemahan anda?
Di samping seseorang itu punya kelebihan maka ia pun juga punya kelemahan. Sebuah hal yang lumrah dan wajar saja di dalam perjalanan kehidupan. Kita juga harus mengenal kekurangan diri kita. Seseorang yang bisa mengenal kelemahan yang ada pada dirinya sebetulnya merupakan sebuah kelebihan juga. Begitu banyak orang yang malu mencari kelemahan yang ada pada dirinya. Takut kalau orang mengetahui kelemahannya. Bahkan dirinya sendiri saja tidak mau mengakui kelemahan dirinya sendiri. Sikap seperti perlu untuk segera ditinggalkan dari benak seseorang yang ingin hidupnya sukses. Ketika itu sudah dilakukan maka seseorang akan lebih menjaga dirinya untuk tidak melakukan kesalahan yang diakibatkan karena kelemahannya. Sama seperti yang pertama tadi, tulislah semua kelemahan anda di secarik kertas. Berbagai kelemahan yang telah kita tulis ini menjadi perhatian dan pertimbangan untuk memilih peluang bisnis. Bidang usaha yang mengandung poin kelemahan kita mesti harus dihindari. Sebab pada perjalanannya nanti akan sedikit banyak mengganggu. Misalnya saja, saya itu tidak ahli dan bahkan sangat lemah dalam  kemampuan berbicara kepada orang lain. Maka jangan masuk ke bidang usaha yang ada kaitannya dengan banyak berbicara kepada orang lain.

3. Seberapa besar peluangnya?
Mulailah belajar menganalisa peluang pasar dari daftar bisnis yang akan anda pilih. Tentunya ketika memilihnya sudah disesuaikan dengan pertimbangan tentang kelebihan dan kekurangan anda. Cobalah dipikirkan seberapa besar kemungkinan nanti bisa sukses ketika telah memilih sebuah peluang usaha. Meskipun pada dasarnya semua bidang usaha selalu ada peluang untuk sukses dan juga gagal.

4. Analisalah resikonya
Resiko harus dikelola sebaik mungkin sehingga tidak akan mengakibatkan kerugian. Memang setiap usaha pasti ada resikonya. Akan tetapi, bila resiko tersebut dikelola dengan baik maka tidaklah menjadi ancaman berarti untuk usaha kita. Semua perlu dikelola sebaik mungkin agar sesuai dengan harapan kita. Mengelola resiko merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan.

Sekarang tinggal kita praktekkan beberapa cara memulai sebuah usaha seperti di atas. Mulai dengan aksi nyata dengan merintis sebuah usaha. Berbisnis tidak hanya sekedar teori saja tapi perlu langkah nyata. Semoga artikel tersebut memberi manfaat yang besar untuk para pembaca. Salam sukses untuk semua.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Cara Mencari Peluang Usaha Yang Pas