Peluang Usaha Alat Peraga Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK)

Usaha Alat Peraga Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK)
Pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan bagi masyarakat di zaman ini. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengikuti kegiatan pendidikan. Utamanya pada mereka yang masih berusia sekolah. Salah satu institusi pendidikan yakni sekolah. Dari sekolah inilah sebagian proses pendidikan dijalankan. Jumlah sekolah di Indonesia yang besar digunakan untuk menampung jumlah anak usia sekolah yang cukup besar pula. Usia di bawah tiga tahun sudah masuk ke pendidkan usia dini. Barulah ketika usia seseorang sudah sekitar delapan belas tahun sudah selesai ia bersekolah dengan lulus dari tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Belum lagi kalau nanti masuk ke perguruan tinggi untuk meraih gelar sarjana. Setidaknya perlu waktu lima tahun atau empat tahun untuk menyelesaikan kuliah sampai tingkat sarjana strata 1. Dari sini kita bisa melihat begitu pentingnya sekolah dalam kehidupan dan peradaban manusia. Pendidikan setiap orang terbantu dengan hadirnya sekolah baik itu tingkat dasar, menengah dan tinggi.

Untuk keberhasilan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah, diperlukan berbagai sarana prasarana yang memadai. Tidak hanya membutuhkan buku dan pulpen saja di sekolah itu. Memang peralatan tulis berupa buku dan pulpen ini amat penting. Tetapi sarana yang lainnya juga mesti diperhatikan agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan sukses. Gedung kelas,  perpustakaan, dan laboratorium misalnya, harus bagus dan memenuhi syarat. Barang-barang di dalamnya pun juga harus dilengkapi. Buku-buku pelajaran, buku referensi, kamus, alat praktek laboratorium, kursi, meja, papan tulis, dan peralatan lainnya jelas sangat menunjang untuk pendidikan. Salah satu yang penting untuk disediakan di sekolah yakni alat peraga pendidikan. Alat peraga pendidikan ini sebetulnya banyak sekali jenisnya. Tergantung dari tingkat sekolahnya, TK, SD, SMP, SMA maupun SMK. Untuk sekolah di tingkat TK atau Taman Kanak-kanak, diantaranya:  gambar buah, gambar binatang, gambar kendaraan, huruf dan angka, permainan edukatif, dan sebagainya.

Pembelajaran di era sekarang ini sudah jauh berbeda dengan puluhan tahun yang lalu. Modernisasi di dalam peralatan pendukung pendidikan sangatlah penting. Pembelajaran di sekolah saat ini diarahkan agar anak nantinya menjadi lebih kreatif dan cerdas. Semua jenjang sekolah kini sudah mulai memperhatikan sarana prasarana. Salah satu sarana yang penting ialah alat peraga pendidikan. Bahkan untuk jenjang pendidikan usia dini pun malah mendapat perhatian lebih. Maka kebutuhan akan alat peraga pendidikan di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sangatlah penting sekali. Peralatan peraga pendidikan untuk jenjang Taman Kanak-Kanak malah mendapatkan perhatian yang lebih. Tanpa peralatan peraga maka guru di sekolah tingkat Taman Kanak-kanak akan lebih sulit mengajarkan materi pembelajaran. Bahkan kalau tetap dipaksakan maka hasilnya kurang baik terhadap kualitas proses pendidikan tersebut.

Beberapa puluh tahun terakhir jumlah Taman Kanak-kanak di nusantara dari tahun ke tahun cenderung meningkat. Banyak kita temukan dahulu sebuah desa tidak memiliki sekolah TK. Namun, pemandangan seperti itu sudah berubah. Kini di dalam satu desa malah bisa lebih dari satu jumlah TK yang ada. Barangkali tingkat kesadaran masyarakat terhadap pendidikan untuk anak usia dini juga semakin bagus. Pemerintah juga terus memperhatikan dunia pendidikan. Anggaran untuk pendidikan selalu naik dari tahun ke tahun. Hal ini tentu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia rakyat negara ini.

Dengan pentingnya memiliki peraga pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK), maka seluruh lembaga Sekolah Taman Kanak-kanak akan memenuhi sarana alat peraga pendidikan. Hal ini untuk menunjang proses pendidikan agar berkualitas dan out put yang dihasilkan membanggakan orang tua/ wali siswa. Walaupun baru di tingkat Taman Kanak-kanak, banyak orang tua yang sangat memperhatikan kualitas pendidikan anaknya. Merupakan keniscayaan bagi TK untuk membeli alat peraga pendidikan. Hal ini akan membuka peluang usaha alat peraga pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Inilah peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. 
Alat Peraga Pendidikan

Bila kita mempunyai keahlian dalam pembuatan atau  produksi, tentu kita bisa membuatnya sendiri. Selanjutnya, kita memasarkannya kepada para konsumen. Tentu konsumen tersebut adalah pihak TK khususnya atau pihak lain yang memiliki kaitan dalam pendidikan di tingkat TK. Akan tetapi, tidak semua orang punya keahlian seperti ini. Untuk kemudahan usaha bagi pemula,  disarankan tidak mulai dari membuat barang dahulu (produksi). Tetapi, mulailah dengan menjualkan barang milik orang lain terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab kita harus mengetahui atau menjelajah dahulu pasar alat peraga pendidikan TK ini. Walaupun, sudah jelas bahwa seluruh sekolah TK membutuhkan alat-alat ini, tetapi jenis dan model alat peraga yang disukai tentu belum tahu pasti. Keuntungan yang didapat dari cara menjualkan barang alat peraga ini juga berpotensi menghasilkan untung yang cukup lumayan tinggi. Dengan cara menjualkan barang alat peraga milik orang lain kita juga bisa meminimalisir resiko. Dalam setiap usaha memang selalu ada resiko rugi. Sebagai orang yang bijak, kita harus memilih langkah usaha yang minim resiko tapi keuntungannya besar.

Setelah kita sudah mempunyai katalog produk maka selanjutnya bisa kita mulai dengan mempromosikannya. Untuk langkah awal bisa dimulai kepada TK yang dekat dengan tempat tinggal kita. Atau bisa mencari teman atau kenalan yang bekerja sebagai kepala TK atau gurunya. Kedekatan hubungan memudahkan komunikasi kita dalam mempromosikannya. Berikutnya kita melakukan presentasi promosi alat kita di dalam forum-forum yang dihadiri guru atau kepala TK. Akan lebih efektif sebab tidak perlu kita mendatangi satu per satu. Cukup sekali presentasi bisa menjangkau banyak orang. Bilamana hal ini belum bisa dilakukan, kita terjun langsung saja ke sekolah-sekolah TK yang ada. Sebaiknya, kita mempunyai data dahulu TK-TK yang akan dikunjungi. Lebih baik pula bila kita membuat terlebih dahulu permohonan beberapa hari sebelumnya.

Untuk cara promosi yang lebih efektif lagi adalah dengan menggunakan media. Banyak jenisnya, ada koran, majalah, sms HP, brosur, spanduk, banner, dan internet. Yang terakhir ini kayaknya bisa menjadi alternatif promosi yang baru. Dengan membuat web atau blog serta facebook saja, kita bisa mempromosikan alat-alat peraga TK sampai ke seluruh nusantara bahkan sampai ke luar negeri. Apalagi kalau kita lebih memperkuat jenis promosi melalu media sosial. Tetapi memang kita harus mempelajarinya dengan baik supaya bisa lebih efektif penggunaan media internet ini.

Apabila kita telah menghasilkan sebuah penjualan, jangan lupa untuk terus membangun kepercayaan dan kedekatan dengan pembeli. Kepercayaan kepada usaha kita adalah modal paling berharga. Hubungan kedekatan ini akan bermanfaat sekali di kemudian hari. Percayalah, barang yang saat ini dibeli suatu saat juga rusak. Ketika sudah dipegang kepercayaan itu, suatu ketika mau membeli alat peraga TK lagi tentu larinya akan ke tempat kita. Seringlah pula mudah memberi diskon untuk barang yang dijual. Sebagian hasil keuntungan dari penjualan pun harus ditabung untuk pengembangan usaha di tahun-tahun berikutnya. Jangan lupa pula untuk bersedekah dari hasil keuntungan yang kita raih. Percaya atau tidak, sedekah akan menambah keberkahan dan keuntungan usaha penjualan alat peraga TK ini. Berikanlah sedekah kepada mereka yang amat memerlukan. Baiklah, semoga artikel ini bermanfaat untuk memberi sedikit  gambaran adanya peluang usaha alat peraga pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Sesudah ada gambaran maka tinggal mulai melangkah menjalankan usaha tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Alat Peraga Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK)