Peluang Usaha Les Privat Komputer

Usaha Les Privat Komputer
Peluang usaha les privat komputer menjadi hal yang perlu kita pelajari. Pada zaman modern ini teknologi berkembang begitu cepat sekali. Sepuluh tahun yang lalu mungkin kita tidak menemukan banyak orang yang menggunakan telepon genggam atau handphone sebagaimana saat ini. Begitu pula dengan komputer. Dahulu sulit menemukan komputer di rumah-rumah. Kalaupun ada itu sangat jarang. Komputer hanya bisa dijumpai di kantor-kantor atau di rental komputer. Itu pun jumlahnya masih amat terbatas. Namun, keadaan itu jauh berbeda dengan kondisi sekarang. Sudah banyak orang-orang yang mempunyai komputer di rumahnya. Di perkantoran pun lebih banyak lagi unit komputer yang dimiliki.  Bahkan saat ini sudah berkembang lebih maju lagi dengan adanya komputer jinjing atau sering dikenal dengan istilah laptop. Laptop pun kini berkembang menjadi ukuran yang jauh lebih kecil yakni netbok.  Pesatnya perkembangan teknologi semacam ini perlu untuk disikapi dengan bijak.

Kehidupan sehari-hari pada masyarakat modern tidak bisa lepas dari teknologi. Salah satunya dengan peralatan komputer baik PC (personal computer), laptop, dan netbok. Apalagi, bagi anak-anak sekolah. Saat ini, anak-anak sekolah dari mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah dikenalkan dengan komputer. Paling tidak dikenalkan bagian-bagiannya. Bahkan sudah ada yang mulai diajarkan cara mengetik sederhana di komputer. Di tingkat sekolah yang lebih tinggi, seperti SMP, SMA/ SMK, dan Perguruan Tinggi, tentu pembelajaran mengenai komputer akan meningkat lagi.

Pembelajaran komputer di tingkat SD sampai SMA/  SMK dan Perguruan Tinggi memang sebuah tuntutan zaman. Dengan mempunyai ketrampilan mengoperasikan komputer dengan baik, maka diharapkan mereka dapat menjawab segala tantangan zaman yang dihadapi. Untuk saat ini, sebenarnya seluruh masyarakat pun juga diharapkan bisa mengoperasikan komputer dengan lancar. Terutama kepada mereka yang pekerjaanya berhubungan dengan komputer. Profesi seorang guru, pekerja kantor, kasir, wiraswasta, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan lainnya harus bisa menggunakan perangkat komputer ini. Ada kalanya seorang guru juga tidak bisa lancar mengoperasikan komputer ini, bukan karena gurunya tidak pandai, akan tetapi memang dahulu belum ada perangkat komputer ini. Sehingga masih perlu belajar lebih banyak supaya lancar mengoperasikannya. Keadaan semacam ini sebetulnya banyak. Walaupun hanya melakukan tugas mengetik saja di komputer.

Kondisi seperti di atas telah memunculkan sebuah ide Peluang Usaha Les Privat Komputer. Pembelajaran komputer yang ada di sekolah bagi sebagian siswa kadang kurang mencukupi waktunya. Untuk belajar sendiri di rumah juga terbentur tidak adanya pembimbing atau guru. Tiadanya guru pembimbing tentu akan menjadi halangan tersendiri. Sebab mereka kesulitan untuk bertanya bila menemukan kesulitan. Bagi orang yang usianya sudah lebih tua, untuk belajar mengoperasikan komputer tentu perlu belajar yang lebih banyak lagi. Mereka harus menyediakan waktu yang lebih banyak dan seorang guru privat di rumah. Apalagi, orang yang sudah tua itu memiliki kesibukan relatif lebih banyak dari pada anak-anak. Beberapa bidang pekerjaan pun telah mensyaratkan untuk paling tidak bisa mengoperasikan komputer program Microsoft Word serta Microsoft Excel.

Sebenarnya, usaha les privat komputer ini tidaklah menggunakan modal yang besar. Yang terpenting kita harus mahir untuk mengoperasikan komputer atau mencari tenaga kerja yang punya kemampuan dalam mengoperasikan komputer. Les privat komputer bisa dilakukan di rumah atau tempat les yang disediakan khusus oleh penyelenggara atau guru les. Waktu pelaksanaan les privat komputer ini pun bisa disesuaikan dengan keinginan murid. Biasanya memang les privat memilih waktu di luar jam sekolah, sore hari atau malam hari. Berikut dijelaskan hal-hal yang penting untuk dilakukan dalam membuka usaha les privat komputer:

1. Sediakan unit komputer
Dalam kegiatan les komputer privat, satu orang murid harus menggunakan satu komputer. Kini kebanyakan mereka yang ikut les privat sudah punya komputer sendiri di rumah. Bahkan untuk saat ini mungkin banyak yang sudah memakai komputer jinjing atau laptop di rumahnya. Maka mereka kita beri pilihan. Mereka boleh membawa sendiri laptop dari rumah atau kita menyediakan komputer atau laptop di tempat usaha. Tidak sedikit orang yang sudah punya laptop namun masih gamang dalam mengoperasikannya. Masih bingung bagaimana cara mengetik di laptop. Terkadang untuk menghidupkan dan mematikan laptop sesuai prosedur yang baik pun ada yang masih bingung. Penggunaan laptop dan komputer tidak jauh beda. Keduanya sama saja pada sistem kerjanya. Hanya bentuk fisiknya saja yang berbeda. Hal ini tidak menjadi masalah sebab intinya pada pengoperasian program di dalamnya. Dan isinya sama saja sebetulnya antara komputer PC dan laptop tersebut. Untuk menambah pelayanan yang lebih baik, kita pun perlu menyediakan diri untuk datang ke rumah orang yang hendak meminta dilatih mengoperasikan komputer. Tidak masalah bila mereka menginginkannya. Meskipun memang membayarnya nanti akan lebih besar dibanding peserta kursus yang datang ke tempat kita.

2. Persiapkan modul
Harus jelas materi yang akan kita ajarkan kepada murid. Maka penting untuk memiliki modul. Mirip dengan kurikulum di sekolah. Hanya saja mungkin perlu kita buat menjadi sesederhana mungkin sehingga mudah dipahami oleh peserta les komputer yang masih awam dengan dunia teknologi informasi sekalipun. Seluruh materi dan tahap-tahap pembelajaran tertulis di modul. Tapi bisa juga lebih luwes yakni dengan menuruti keinginan murid. Kadang murid meminta sebuah materi tertentu saja. Misalnya, murid hanya menginginkan untuk diajari materi tentang mengetik dengan program Microsoft Word dulu atau materi mengolah data dengan Microsoft Excel. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan murid atau peserta kursus juga. Di dalam modul tersebut kita cantumkan nomor kontak kita yang mudah dihubungi. Kita perlu membuka diri menerima konsultasi dari peserta kursus yang barangkali ada kesulitan dalam memahami materi di modul tersebut.

3. Tetapkan biaya les yang terjangkau
Untuk biaya les privat komputer sebaiknya ditetapkan terlebih dahulu. Bisa langsung ditetapkan biaya les per bulan, tiap pertemuan, atau tiap satu materi dengan jumlah pertemuan yang dibatasi tentunya. Bahkan untuk memudahkan kepada orang yang ingin sekali ikut les komputer maka perlu kita longgarkan pembiayaannya dengan sistem bisa diangsur. Biaya les privat komputer yang kita tetapkan pastikan sudah amat terjangkau oleh masyarakat pada umumnya. Tidak disarankan menetapkan biaya yang terlalu mahal.

4. Promosikan kepada khalayak
Bila usaha les privat komputer ini tidak kita sebarkan infonya kepada masyarakat luas, maka tidak ada orang yang mengetahui. Walau banyak orang yang sebetulnya berkeinginan mengikuti program les privat ini, tapi kalau tidak tahu informasi jadinya tidak ikut juga akhirnya. Promosinya dapat dilakukan dengan banyak cara. Dari sms dengan HP, memasang spanduk atau banner, blog atau internet, memanfaatkan media sosial dan sebagainya. Tergantung kreativitas Anda untuk mencari cara promosi yang lebih bagus.

Dalam pelaksanaanya nanti, kita harus memberikan pelayanan yang bagus kepada murid atau peserta les privat komputer. Kita harus membangun kepercayaan. Saat menemui murid kita harus ramah dan bila suatu ketika mereka sulit menerima penjelasan dari kita tentang materi pelajaran komputer, kita pun juga harus sabar menjelaskannya lagi. Apalagi, murid kita itu sudah berusia tua. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat memulai dan merebut peluang usaha les privat komputer. Semoga semua pembaca meraih sukses selalu dalam bisnis yang dijalani.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Les Privat Komputer