Peluang Usaha Jual Beras

Usaha Jual Beras
Peluang usaha jual beras sangatlah cerah masa depannya. Makanan merupakan hal yang sangat pokok dari kehidupan manusia. Setiap kita tak mungkin meninggalkannya dalam keseharian. Tanpa menikmati makan, seseorang tak akan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Tubuh akan lemas dan tidak punya tenaga sama sekali. Dan badan pun menjadi mudah sekali terserang berbagai penyakit. Makanan menjadi hal yang penting untuk selalu disediakan setiap hari. Tidak ada satu hari pun yang libur untuk masalah makan ini.

Banyak orang di negeri ini yang mengatakan bahwa makan tanpa nasi seperti belum makan saja. Setidaknya mayoritas masyarakat mengatakan seperti itu sebab nasi sudah menjadi makanan pokok. Nasi merupakan olahan dari beras yang dimasak. Masih belum mantap katanya bila meskipun perut sudah kenyang tapi belum makan nasi. Memang itulah kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Setiap hari tak pernah terlewatkan dari meja makan kita yang namanya nasi ini. Semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua sama saja. Dari orang miskin sampai para konglomerat juga menikmati nasi itu. Meskipun ada anjuran untuk mengkonsumsi bahan makanan pokok selain beras agar ada variasi tetapi beras tetap tak bisa ditinggalkan begitu saja. Jadi, bisa dikatakan seluruh orang Indonesia selalu makan nasi setiap harinya.

Dari kondisi di atas sebetulnya bisa kita ambil sebuah peluang bisnis atau usaha. Tak lain yakni peluang usaha jual beras. Memang ada usaha lainnya dari bidang beras ini, seperti menjadi seorang petani yang menanam padi di sawah, jasa sewa alat perontok padi, dan membuka usaha giingan gabah. Tetapi, menjadi petani sudah banyak yang melakukannya. Usaha gilingan gabah juga sudah tidak sedikit sekarang. Demikian juga usaha jasa sewa mesin perontok padi. Kami kira, berjualan beras ini adalah hal yang cocok untuk anda lakukan. Komoditas pokok ini penting sekali dalam perekonomian nasional. Ada dan tiadanya amat mempengaruhi kondisi masyarakat. Bahkan bila pasokan beras kurang di dalam negeri terpaksa pemerintah harus mengimpor dari luar negeri.

Peluang usaha berjualan beras memiliki prospek bisnis yang sangat menggiurkan sebab beras merupakan makanan pokok di indonesia yang selalu dikonsumsi sejak dahulu kala hingga hari ini. Secara turun temurun masyarakat menikmati nasi sebagai makanan pokok. Seluruh lapisan masyarakat mulai dari rakyat hingga yang berpangkat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa laki-laki perempuan tua muda semuanya tidak ada yang berani meninggalkan beras. Mereka semua mengkonsumsi beras yang dimasak menjadi nasi setiap harinya.

Masyarakat negeri ini menyatakan beras adalah kehidupan, kesehatan, serta masa depan mereka. Oleh karena itu, peluang usaha jual beras amat prospektif dan akan selalu laku dijual sampai kapan pun. Selama masih ada kehidupan maka beras tetap akan selalu dikonsumsi. Tetapi dalam berjualan beras memang kita mesti mampu bersaing dalam harga, kualitas maupun manajemen pelayanan. Kejujuran juga harus selalu menjadi tonggak utama dalam usaha beras sebab pelanggan akan lari jika sering atau pernah sekali saja mereka merasa dicurangi. Khususnya di dalam hal menimbang atau takaran beras. Kejujuran sangat penting dalam bisnis pada umumnya dan usaha jual beras khususnya. Jujur itu akan membawa kualitas diri menjadi lebih baik. Kita menjadi orang yang terpercaya.

Selain dibutuhkan oleh banyak orang, menjadi seorang penjual beras juga relatif lebih aman, karena berjualan beras tidak ada yang namanya resiko busuk. Apabila penyimpanan beras tersebut dalam kondisi yang kering. Serta pula dijaga kebersihan tempat penyimpanannya. Memang jika disimpan terlalu lama bisa rusak kualitas berasnya. Tetapi belum sampai rusak saja beras sudah akan terjual mengingat permintaan pasar selalu kurang. Apabila anda ingin menjadi pedagang beras, sedari awal, anda harus menentukan terlebih dahulu jenis beras yang akan dijual. Apakah hendak menjual kualitas rendah, sedang maupun yang bagus. Ini akan berkaitan dengan konsumen yang akan dibidik. Siapa saja yang akan membeli jualan beras kita. Mengenai simulasi perhitungan analisa usaha kita pun mesti menghitungnya.

Berikut ini adalah contoh analisa usahanya:

Modal awal
Sewa kios Rp. 9.000.000,00
Stok awal beras Rp. 5.700.000,00

Inventaris
Meja dan wadah beras Rp. 700.000,00
Valet Rp. 300.000,00
Jumlah Rp. 1.000.000,00

Jumlah modal awal Rp. 15.700.000,00

Perhitungan laba/ rugi per bulan
Penjualan per bulan:
Perkiraan rata-rata harga beras Rp.7.500,00 per kg
50 kg x Rp. 7.500,00 x 30 hari Rp. 11.250.000,00

Harga pokok beras per bulan:
Pembelian beras Rp 5.700.000,00

Laba kotor per bulan Rp. 5.550.000,00

Biaya umum dan lain-lain per bulan:
Sewa kios:
Rp. 9.000.000 / 12 bulan Rp. 750.000,00
Perlengkapan kios Rp. 100.000,00
Gaji 1 pegawai Rp 600.000,00
Penyusutan Rp. 25.000,00
Biaya listrik Rp. 50.000,00
Biaya angkut dan umum lainnya Rp. 300.000,00

Jumlah Rp. 1.825.000,00

Laba bersih per bulan Rp 3.725.000,00

Dengan metode garis lurus dan masa manfaat peralatan tersebut adalah 3 tahun. Beban penyusutan per bulan jika nilai residu Rp. 100.000,00 adalah sebesar (Rp.1.000.000,00-Rp.100.000,00) / (3 tahun x 12 bulan) = 2.000,00 per bulan.

Agar kita bisa sukses dalam menjalankan peluang usaha jual beras ini maka perlu kita memperhatikan beberapa hal berikut ini
1. Memilih beras yang berkualitas
Barang yang kita jual dalam hal ini adalah beras. Maka kita perlu memastikan beras yang kita jual itu benar-benar bagus kualitasnya. Bila memang ada sebagian jenis beras yang kita jual kualitasnya kurang bagus maka perlu diinformasikan secara jujur kepada pembeli. Supaya mereka para pembeli tidak merasa dibohongi. Sebaiknya, sekitar 90 % beras yang kita jual dipilih yang berkualitas bagus.

2. Membuat stok beras selalu tersedia
Kita mesti rutin mengecek persediaan beras yang akan kita jual. Jangan sampai terjadi ada pembeli yang mau membeli sebuah jenis beras namun ternyata kita tidak memilikinya karena habis. Selalulah menjaga stok beras yang akan kita jual. Bila persediaan habis maka tinggal kita membelinya langsung dari petani.

3. Melakukan promosi secara baik
Usaha apa pun yang dilakukan seseorang mesti melakukan kegiatan promosi. Jika tidak ada promosi pada produk yang kita jual maka bagaimana para calon pembeli bisa mengetahuinya. Kalau para calon pembeli tidak mengetahui kalau kita jualan beras maka mereka pun pastinya tidak akan membeli beras di tempat kita. Untuk promosi ini sebaiknya kita membuat baner yang di dalamnya terdapat gambar beras. Tentu saja gambar berasnya bermacam-macam jenisnya. Termasuk pula dengan mempromosikan usaha kita di media sosial yang kini banyak orang memilikinya. Misalnya kita kirimkan ke akun facebook kita.

4. Mengatur keuangan dengan baik
Kita perlu memastikan bahwa uang yang masuk dan keluar dari usaha kita benar-benar terkontrol dengan baik. Dengan cara seperti ini kita bisa tahu berapa besar keuntungan yang kita miliki. Termasuk pula kita bisa menyisihkan sebagian keuntungan untuk ditabung. Hasil tabungan ini bisa dipakai untuk memperbesar usaha jualan beras kita nantinya.

Nah, dari sedikit paparan di atas, sangat jelaslah bahwa jualan beras sangat prospek di Indonesia. Keuntungan yang besar sudah di depan mata. Tidaklah bijak bila kita tidak tertarik dengan peluang bisnis ini. Semoga uraian di atas bermanfaat untuk anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jual Beras