Peluang Usaha Sewa Lahan untuk Gembala Hewan

Usaha Sewa Lahan untuk Gembala Hewan
Peluang usaha sewa lahan untuk gembala hewan sangat prospektif. Sebagai seorang peternak, memberi makan kepada hewan ternaknya merupakan keniscayaan. Bahkan banyak orang yang telah berkecimpung dalam usaha peternakan mengatakan inti dari usaha peternakan adalah bagaimana cara mengelola pakannya. Bila bagus pengelolaan pakan ternaknya maka akan sukses usaha ternak tersebut. Siapa pun tidak bisa memungkiri bila pakan ternak yang bagus akan memberikan kualitas daging yang bagus. Itu bila hewan yang diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Kalau pun yang diambil atau yang dimanfaatkan susunya, maka kualitas susunya pun akan lebih baik pula. Sedangkan kita semua sudah paham bahwa seluruh konsumen pasti akan memilih ternak yang dagingnya berkualitas baik. Termasuk pula bila mereka mencari susunya pun juga akan memilih susu yang berkualitas bagus. Untuk mempermudah penjelasannya, kita bisa ambil contoh daging sapi dan juga susu sapi.

Apabila kita memiliki lahan yang masih nganggur dan agak luas. Ada  baiknya untuk dijadikan padang gembala ternak. Kita tanami berbagai rumput rumputan dan tanaman yang bisa dimakan ternak. Yang disukai pemamah biak tentu. Kita bisa membuat sebuah peluang bisnis baru dari lahan yang kosong dan tidak ditanami apa pun itu. Ada banyak orang yang nantinya akan tertarik untuk menyewa lahan kita untuk gembala hewan. Ada banyak hewan yang berpotensi masuk dan bisa digembalakan di lahan yang kita miliki. Beberapa hewan seperti: kambing, sapi pedaging, sapi perah, kambing etawa, kuda, dan lainnya amatlah cocok digembalakan. Pada dasarnya, hewan pemakan rumput itu lebih baik digembalakan di padang rumput dari pada dikandangkan. Meskipun juga tetap harus diberi pakan yang bagus saat digembalakan.

Pekerjaan menggembala juga bukan kegiatan biasa. Di samping memang bertujuan utama untuk memberi makan ternak secara langsung. Ini bagi banyak orang merupakan hobi yang paling menyenangkan. Bahkan banyak juga yang mau merelakan waktu berjam-jam sampai seharian penuh hanya untuk mengembalakan ternaknya. Jadi, tidak hanya bernilai ekonomi saja yang namanya pekerjaan menggembala hewan ternak itu. Ternyata ada sisi lain yang menyenangkan karena termasuk bagian dari hobi sebagian orang.

Untuk bisa menjalankan bisnis sewa lahan untuk gembala ini tentu harus melakukan berbagai persiapan. Tentu segala hal yang diperlukan harus kita adakan agar lancar dalam perjalanannya nanti. Beberapa hal yang meski kita harus siapkan untuk memulai usaha sewa lahan untuk gembala ini, antara lain:

1. Meniatkan dalam hati untuk sukses
Pertama memang harus ada tekad membaja. Percaya dan yakin bahwa dengan bisnis ini kita akan meraih kejayaan dan kesuksesan. Meski pun bisnis seperti dianggap hal yang baru oleh sebagian orang tetap saja peluang untuk suksesnya terbuka lebar. Kesuksesan berawal dari sebuah mimpi. Kita harus berani bermimpi menjadi orang yang sukses. Mimpi dan cita-cita itu tidaklah membayar sama sekali. Semua orang pasti bisa melakukannya. Hanya tinggal mau atau tidak saja permasalahannya.

2. Menyiapkan lahan untuk ditanami
Lahan sebaiknya datar bukan bergunung-gunung. Kalau sekedar ada bagian lahan yang miring sedikit tidaklah mengapa. Sedari awal lahan tersebut perlu ditanami dengan tanaman yang bisa dijadikan pakan ternak. Tanaman utamanya tentu berbagai aneka rerumputan hijau yang disukai ternak. Akan tetapi, baiknya kita perlu menambah beberapa tanaman yang memberikan keteduhan bagi pengembala nantinya. Pohon yang rindang sangat disarankan. Sangat bagus pula bila pohon yang kita tanam itu merupakan jenis pohon yang telah jelas manfaatnya. Bahkan kalau bisa dengan menanam pohon yang berbuah. Bisa ditanami dengan pohon pisang, pohon mangga, pohon rambutan, pohon nangka, pohon durian, pohon sawo, dan lain sebagainya. Semakin banyak dan bermacam-macam pohonnya akan lebih baik. Namun, tetap saja tidak mengganggu sebagian lahan yang ditanami rerumputan hijau. Jadi, ini bisa menjadi destinasi wisata juga nantinya, sambil mengembala ternak hati pun jadi senang. Sebab nanti bisa memetik buah langsung dari pohonnya yang ada di tempat penggembalaan. Nilai tambah yang luar biasa ada di dalam lahan tersebut. Dapat pula ditambah dengan tanaman hias dan sebagainya. Hewan yang bisa kita kembalakan memang bermacam-macam, seperti : sapi, kambing, kuda, kerbau. Hewan yang makan langsung rumput atau tanaman ketika digembalakan dianggap lebih baik dan alamiah. Kotoran hewan dan air kencingnya pun akan menjadi pupuk yang alamiah. Semakin subur tanah dan rumput yang kita miliki nantinya karena mendapat pupuk yang berkualitas. Lahan yang kita miliki pun akhirnya tidak sia-sia tetapi memberi lebih banyak manfaat.

3. Membangun sumber air
Ini dalam rangka memberi suplai air bagi ternak nanti. Hewan ternak selain membutuhkan pakan juga membutuhkan air yang tidak sedikit. Dan juga untuk keperluan orang yang mengembala misalnya mencuci tangan atau pun yang lainnya. Terkadang hewan yang digembalakan pun perlu dimandikan dengan air yang tentunya jumlahnya tidak sedikit. Akan lebih baik pula bila sumber air ini terkesan alamiah. Hewan yang digembalakan langsung bisa minum sendiri di tempat sumber air yang telah disediakan. Untuk mengesankan alamiah ini bisa dibuat oleh seorang arsitek. Tetapi untuk di awal, sumber air yang belum terkesan alamiah tidaklah masalah yang terpenting di lahan gembala tersebut mesti terdapat air yang cukup.

4. Tentukan tarif yang terjangkau
Ini berlaku bagi semua orang pelanggan. Harga sewa yang terjangkau akan menguntungkan semua pihak. Penentuannya dengan jam biasanya. Akan tetapi ini bisa kita atur lagi apakah mau dengan sistem per jam harga sewanya atau harian sekalian. Tarif sewa ini bisa menjadi pemasukan usaha kita sehingga dapat berjalan tahan lama bisnis ini. Manajemen keuangan hendaknya diatur sebaik mungkin.

5. Melakukan promosi
Biasanya orang yang membutuhkan lahan untuk menggembala hewan ternak bukanlah orang yang tempatnya terlalu jauh dari lokasi lahan tersebut. Untuk cara berpromosi caranya cukup sederhana saja kami kira. Cukup membuat baner yang di dalamnya diinformasikan tentang dibukanya jasa persewaan lahan untuk menggembalakan hewan. Penempatan baner itu tidak hanya di lokasi menggembala hewan saja namun perlu ditempatkan di banyak titik yang kiranya strategis. Tempat yang kita pasangi baner tersebut banyak dilalui dan dilihat orang. Untuk menambah daya tarik maka perlu juga disampaikan nilai tambahnya. Misalnya di lokasi lahan penggembalaan tersebut cocok untuk dijadikan tempat beristirahat yang menyenangkan. Seperti adanya pohon-pohon yang buahnya gratis bisa langsung dipetik oleh orang yang menggembala hewan. Juga bila telah berkembang nantinya kita bisa jadikan tempat untuk wisata keluarga. Di tempat tersebut para wisatawan bisa berfoto ria.

6. Berdoa untuk sukses
Ini adalah hal yang tak boleh dilupakan. Dengannya kesuksesan akan lebih mudah diraih. Doa memberi kekuatan yang luar biasa bagi seorang pengusaha. Selain berdoa, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian keuntungan yang didapat untuk berdonasi kepada orang-orang yang membutuhkan. Bisa dipilih orang-orang yang keadaan memerlukan bantuan dan tempat tinggalnya dekat dengan lahan kita.

Sekarang kami serahkan kepada anda para pembaca untuk mencoba atau tidak usaha yang tergolong baru ini. Tidak banyak ditemui jenis usaha ini. Tetapi bagi seorang calon pengusaha sukses justru inilah kesempatan emas. Inilah kesempatan terbaik buat kita untuk merintis kesuksesan. Setidaknya bila belum memulai usaha tersebut maka artikel di atas bisa menjadi tambahan wawasan bisnis yang bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Sewa Lahan untuk Gembala Hewan