Peluang Bisnis Jualan Alat Elektronik

peluang bisnis jualan alat elektronik

Dunia bisnis selalu dipenuhi dengan kegiatan yang memberi manfaat. Setiap ide bisnis yang muncul biasanya dilatar belakangi oleh masalah yang timbul di masyarakat. Ide bisnis yang memberikan solusi bagi persoalan manusia akan cepat berkembang. Bisnis tersebut pun akan mudah untuk membesar. Teman-teman ketika di rumah tentu sudah tidak asing dengan aneka alat elektronik. Maka mengambil peluang bisnis jualan alat elektronik sangat menjanjikan. Setiap rumah mesti ada saja yang namanya peralatan elektronik ini. Kebutuhan akan peralatan elektronik ini termasuk besar. Setidaknya tingkat kebutuhannya di bawah makan, pakaian, dan tempat tinggal. Tetapi keberadaanya tetap menjadi perhatian bagi setiap rumah tangga.

Banyak sekali jenis perlengkapan elektronik di rumah itu. Sebut saja ada setrika, dispenser, lemari es, televisi, radio, kipas angin, AC (air conditioning), kompor listrik, lampu, speaker aktif, rice cooker, mesin cuci, blender, vacum cleaner, dan masih banyak lagi. Semuanya dimiliki di rumah untuk memudahkan aktivitas manusia. Sehingga kalau di rumah belum memiliki dan perlu untuk membeli maka biasanya langsung membeli. Kalau tidak punya uang biasanya menabung terlebih dahulu.

Begitu pentingnya peralatan elektronik di rumah. Kita ambil beberapa contoh. Ketika di rumah tidak punya kipas angin maka jika udara di siang hari panas bisa ditebak bagaimana rasanya. Suasana di dalam rumah tentu tidak akan menyenangkan dan nyaman. Bila di rumah tidak punya setrika maka akan kesulitan ketika hendak menyetrika pakaian. Sulit untuk bisa merapikan pakaian tanpa disetrika. Jika di rumah tidak memuliki kulkas maka tidak bisa untuk kita menyimpan makanan sehingga awet sampai beberapa hari. Buah-buahan dan sayuran misalnya, tidak bisa kita menyimpannya untuk esok hari. Saat dirumah tidak punya blender maka sulit untuk bisa membuat jus jambu biji merah kesukaan anak-anak. Contoh lainya masih banyak yang bisa kita ambil. Hal ini menandakan betapa pentingnya alat-alat elektronik di atas.

Melihat hal yang demikian maka sekali lagi kita perlu berpikir untuk mengambil ide peluang bisnis jualan alat elektronik. Pada intinya, peluang bisnis elektronik ini punya prospek yang cukup bagus. Sangat memungkinkan untuk kita jalankan. Nah, untuk memulai jualan alat elektronik maka sebaiknya kita  mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.
1. Melakukan survei pasar
Hal ini sangatlah penting. Kita perlu melakukan survei pasar untuk mengetahui barang elektronik apa yang paling laku diantara item barang elektronik lainnya. Bagi para pemula yang modalnya masih terbatas atau pas-pasan, akan lebih baik bila menjual item barang yang paling laku terlebih dahulu. Ini untuk menghindari omzet penjualan yang tidak sesuai target. Lantas, bagaimana kalau nanti ada calon pembeli bertanya tentang item barang yang lainnya? Tenang saja. Kita bisa mengambilnya dari toko-toko elektronik lainya.
peluang usaha jualan alat elektronik

2. Memilih lokasi usaha yang tepat
Lokasi untuk membuat tempat usaha, taruhlah mendirikan toko elektronik menjadi hal yang perlu untuk menjadi perhatian. Satu syarat yang tidak boleh dillupakan ialah tempat tersebut mudah diakses oleh siapa pun. Sehingga para calon pembeli dengan mudah pergi ke toko kita. Apakah mesti harus di tempat yang strategis? Idealnya memang demikian. Akan tetapi, tentu saja untuk pemula agak sulit untuk merealisasikan. Mungkin karena biaya sewa di tempat strategis itu mahal dan lain sebagainya. Kalau pun belum punya tempat usaha maka memakai rumah sebagai tempat stok barang tidaklah mengapa. Nanti order bisa dilakukan secara online. Lalu kita kirim barang ke tempat pembeli.

3. Kelola keuangan sebaik mungkin
Dalam setiap bisnis itu, keuntungan menjadi bagian tujuan yang tak bisa dihindari. Sebaliknya resiko kerugian menjadi sesuatu yang mesti untuk dihindari. Satu bentuk keuntungan berupa uang memang harus dikelola sebaik mungkin. Jangan sampai setiap ada penjualan namun uangnya tidak ada karena dipake untuk hal-hal yang tidak jelas. Ini biasanya karena kita campur antara uang usaha dan uang pribadi. Sangat berbahaya bagi bisnis kita ke depannya bila seperti ini terus dilakukan. Jangan lupa pula untuk bersedekah dari sebagian keuntungan yang diperoleh. Seberapa besar sedekah bisa disesuaikan kemampuan. Menolong orang fakir miskin dan yang butuh uluran tangan kita akan membuka pertolongan yang di atas. Sehingga bisnis kita akan semakin lancar.

4. Memberi kemudahan dalam membeli
Para pembeli ibaratnya raja. Mereka harus dilayani dengan baik. Kala mereka hendak membeli alat elektronik maka kita harus melayani dengan baik. Fasilitas kemudahan yang dimaksud ada beberapa hal. Memberi fasilitas kredit misalnya. Ketika para pembeli belum punya cukup uang maka mereka tetap bisa membawa alat elektronik yang diinginkan. Termasuk pula kita siap untuk mengirim barang sampai ke tujuan. Apalagi di saat adanya pandemi corona atau covid-19 seperti ini. Para calon pembeli akan sungkan keluar dari rumahnya karena untuk menjaga diri. Mereka biasanya hanya menghubungi kita lewat telepon atau media sosial. Kita pun mesti menyapa dengan baik dan komunikatif.

5. Pelayanan haruslah ramah dan menyenangkan
Jangan sampai membuat calon pembeli kecewa. Mereka harus dilayani dengan penuh keramahan. Buat mereka senang berhubungan dengan kita sebagai penjual. Kita dengan senang hati memberikan penjelasan atas segala hal yang calon pembeli tanyakan. Semisal ada calon pembeli yang kurang baik respon dan perkataannya maka kita hendaknya tetap sabar. Ketika ada calon pembeli yang tidak jadi membeli janganlah menjadikan kita marah dan membuat perkataan atau sikap yang kurang baik. Tidak masalah saat itu tidak jadi membeli. Tetapi kesempatan yang lain mereka bisa membeli lebih banyak. Kedatangan para calon pembeli ke tempat kita merupakan sebuah keuntungan besar sebetulnya. Kita secara tidak langsung sudah mendapat perhatian dari banyak orang. Perkuat pula jalinan persaudaraan dengan para pelanggan supaya mereka setia dengan toko kita. Suatu saat bila mereka hendak membeli alat elektronik maka mereka pastinya melirik dulu ke tempat kita.

6. Lakukanlah promosi
Meskipun kita bukan perusahaan besar, melakukan promosi tetaplah dianjurkan. Bagaimanapun juga kala sebuah toko melakukan promosi maka ia akan lebih dikenal oleh khalayak. Kalau sebuah toko tidak melakukan promosi atau iklan sama sekali maka bisa dianggap ini orang kurang serius dalam berbisnis. Kita bisa gunakan media yang sederhana dalam melakukan promosi ini. Misalnya saja melalu handphone di tangan kita. Cukup kita foto satu per satu barang elektronik kita dan share melalui status whatsapp, facebook, instagram, twitter, atau pun media sosial lainnya. Upayakan tiap bulan ada diskon kepada barang tertentu. Bisa pula dengan memberikan door prize yang menarik meskipun harganya tidaklah mahal.

7. Kembangkan bisnis kita
Kita tentu tidak ingin selamanya tetap sama dalam bisnis kita. Kita ingin berkembang lebih maju. Kalau saat ini toko kita masih di rumah tentu suatu saat ingin punya tempat bisnis yang strategis. Kita pun ingin item barang elektronik yang dijual lebih bervariasi. Baik dalam barang maupun mereknya. Maka sedari awal harus direncanakan. Sebagian keuntungan mesti disisihkan untuk pengembangan usaha.

Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan kala kita mau mengambil peluang bisnis jualan alat elektronik. Jangan lupa pula banyak berdoa agar urusan lebih mudah. Cita-cita pun akan terwujud dengan baik. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat bagi para calon pengusaha di negeri ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Bisnis Jualan Alat Elektronik