Peluang Usaha Jahit Pakaian

Peluang Usaha Jahit Pakaian
Ada banyak peluang usaha yang bisa kita ambil untuk saat ini. Tinggal kita mau atau tidak untuk mengambilnya. Namun, sebelum kita mengambil sebuah jenis usaha tentu perlu kita berpikir terlebih dahulu. Kita perlu mencari usaha apa yang kiranya cocok untuk diambil. Dari sekian jenis usaha yang ada di sekitar kita pasti ada salah satu yang cocok dan bisa kita ambil. Tidak sulit dalam mencari jenis peluang usaha namun memilihnya ini yang kadang perlu waktu agak lama. Berpikir dan merenung menjadi hal yang pertama dilakukan sebelum mengambil langkah.

Satu jenis peluang usaha yang bisa kita pilih yang usaha jahit pakaian. Para pembaca tentu sudah mengetahui bahwa dari sekian banyak jenis barang yang dipakai manusia dalam kehidupan sehari-hari, pakaian menjadi satu jenis yang amat penting kedudukannya. Bahkan pakaian ini termasuk bagian kebutuhan pokok tiap manusia. Dalam sehari semalam setiap dari kita selalu mengenakan pakaian. Hanya ketika ke kamar mandi saat mandi saja yang mungkin kita melepas pakaian.

Untuk membuat pakaian baik itu baju, celana, rok, gaun, dan sebagainya caranya dengan menjahit kain. Kita bisa membeli kain dari toko kain. Dengan memperhatikan ukuran kainnya tentu saja. Kalau ukuran pakaian yang akan dibuat besar maka perlu kain yang dibeli pun mesti lebar dan panjang. Tidak asal membeli saja dalam masalah kain ini. Kita bisa konsultasikan kepada penjahit atau penjual di toko kain mengenai kesesuaian ukuran kain dan pakaian yang hendak dibuat. Selanjutnya, dibawa kain itu ke tukang jahit untuk dibuat pakaian sesuai keinginan kita.

Tukang jahit atau penjahit memang menjadi profesi yang penting. Tanpanya tidak akan ada pakaian yang bagus. Melihat begitu besarnya animo masyarakat menjahitkan kain untuk dijadikan pakaian maka usaha sebagai tukang jahit pakaian sangatlah prospek. Kita menjadi tergiur untuk ikut terjun dalam bisnis menjahit pakaian. Umumnya dalam usaha ini kita menerima order untuk menjahit pakaian dengan kainnya kita yang menyediakan sendiri. Ada pula model yang lainnya yakni kain disediakan oleh pelanggan. Kita hanyalah menjahitnya menjadi pakaian jadi sesuai keinginan pelanggan atau konsumen. Tetapi sebelum kita menjalankan usaha jahit pakaian ini sebaiknya kita mengetahui beberapa hal berikut ini.
1. Mesti punya kemampuan menjahit
Karena bidang usaha kita ini jasa menjahit pakaian maka kita perlu memiliki kemampuan atau skill. Tidak merupakan hal yang sulit kita mencari kemampuan atau mendapatkan kemampuan menjahit. Banyak lembaga kursus yang menyediakan jasa pelatihan menjahit pakaian. Kita bisa ikut kursus menjahit itu. Biayanya pun cukup murah. Memang jika ingin menjadi seorang yang ahli maka perlu waktu yang lebih lama. Mesti sabar dalam menjalani proses pelatihan untuk meraih keahlian tersebut. Menjahit memang pekerjaan yang amat perlu ketekunan dan kesabaran. Tidak salah bila ada yang mengatakan jika ingin berlatih sabar maka lakukanlah menjahit pakaian sendiri. Sama-sama seseorang bisa menjahit pakaian dengan mesin jahit tentunya tetapi tidak semua orang bisa menghasilkan kualitas jahitan yang sama. Ada yang bagus dan rapi. Terdapat pula yang hanya biasa saja kualitasnya bahkan terkesan kurang rapi. Setidaknya kita diharapkan tidak menghasilkan kualitas jahitan yang kurang rapi. Di awal usaha bisa menghasilkan kualitas jahitan yang biasa itu sudah bagus. Untuk selanjutnya, pada tahap pengembangan nantinya kita bisa menghasilkan jahitan yang amat rapi dan bagus. Para konsumen dan pelanggan akan selalu melihat kualitas jahitan kita. Bila penilaian mereka bagus maka kita akan dijadikan bahan pembicaraan oleh banyak orang. Kondisi seperti itu akan begitu menguntungkan untuk kemajuan usaha.

2. Memiliki lokasi usaha
Kita perlu lokasi untuk usaha jahit pakaian. Tempat tersebut untuk kita isi dengan mesin jahit, mesin obral, tempat pemajangan pakaian yang sudah selesai dijahit, dan lain sebagainya. Bisa kita gunakan salah satu ruangan di rumah kita bila kebetulan rumah kita sudah cukup strategis letaknya. Bila kita menginginkan lokasi yang lebih strategis maka bisa dengan menyewa sebuah tempat tertentu. Untuk di masa awal usaha memang sangat berpengaruh sekali yang namanya lokasi ini. Tetapi jika usaha sudah berjalan dengan baik usahanya, sebetulnya tidak perlu terlalu strategis tidak masalah mengenai tempat ini. Yang terpenting untuk lokasi usaha kita itu mudah dijangkau oleh kendaraan roda empat dan dua. Di zaman sekarang ini, sudah banyak orang yang menggunakan kendaraan beroda empat atau mobil. Jika lokasi usaha jahit kita tidak terjangkau oleh kendaraan beroda empat atau mobil maka kita akan merasa kesulitan mencari pasar. Orang yang ingin menjahitkan pakaian pun akan berpikir dua kali untuk menuju ke tempat kita. Mereka tidak mau mendapatkan kesulitan dengan harus berjalan kaki agak jauh dari mobilnya. Ditambah lagi orang di zaman sekarang inginnya selalu praktis.

3. Perlu menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan
Jika kita hendak memulai usaha apa pun yang namanya peralatan dan perlengkapan ini amatlah penting. Dengan adanya peralatan dan perlengkapan ini maka kita bisa memulai usaha. Pun demikian dengan saat kita hendak memulai usaha jahit pakaian. Beberapa peralatan dan perlengkapan yang mesti kita sediakan, antara lain:
  • meja
  • kursi
  • almari pakain berkaca
  • gantungan pakaian
  • mesin jahit
  • mesin obras
  • penggaris khusus penjahit
  • pensil untuk kain
  • gunting benang
  • gunting kain
  • gunting kertas
  • cutter
  • benang obras
  • benang jahit dengan segala varian warna
  • jarum jahit
  • alat ukur badan
  • kancing baju dengan berbagai warna dan model
  • alat pendedel
  • resleting
  • pensil kain
  • kain keras
Segala peralatan dan perlengkapan di atas mesti kita miliki. Bila memungkinkan dan ini pun sangat disarankan agar kita memilih segala peralatan dan perlengkapan yang bagus kualitasnya. Usaha ini adalah jangka panjang. Maka segala peralatan dan perlengkapan kita ini pun akan kita pakai dalam jangka panjang. Jika peralatan dan pakaian kita kurang berkualitas maka kita khawatir nanti mengganggu pekerjaan menjahit kita. Ditambah lagi peralatan dan perlengkapan yang kurang berkualitas ini biasanya mudah rusak dan sulit untuk diperbaiki bila telah rusak. Meski harga alat tersebut mungkin lebih mahal sedikit tidaklah masalah sebetulnya.

4. Melakukan promosi
Usaha jahit pakaian yang baru saja kita rintis tentu tidak serta merta banyak orang yang mengetahuinya. Hanya orang-orang yang dekat dengan kita atau tetangga kita saja yang mungkin sudah tahu. Padahal, orang-orang yang dekat dengan rumah kita belum tentu membutuhkan jasa jahit pakaian. Kita ingin banyak orang yang mengetahui usaha jahit pakaian kita. Untuk bisa seperti itu maka perlu yang namanya promosi. Banyak cara untuk berpromosi. Cara sederhana kita buat baner di depan lokasi usaha jahit pakaian. Di beberapa lokasi strategis yang dekat dengan lokasi usaha kita pun sebaiknya juga dipasangi baner yang berisi promosi usaha kita itu. Cara lainnya yang terbilang mudah dan efektif ialah dengan kita membagikan informasi usaha jahit pakaian kita melalui media sosial di internet. Misalnya saja dengan menggunakan facebook, twitter, dan instagram.

5. Membangun hubungan dengan banyak orang
Semakin banyak orang yang memiliki hubungan baik dengan kita maka peluang untuk semakin majunya usaha jahit pakaian kita akan semakin bagus. Jalinlah hubungan dengan sebanyak-banyaknya orang. Eratkan pula hubungan dengan pihak-pihak yang biasa menggunakan jasa jahit pakaian. Misalnya saja menjalin hubungan kekeluargaan yang baik dengan pemilik salon pengantin. Biasanya para pengantin ini mendapatkan rekomendasi baju terbaiknya saat menikah melalui para tukang salon. Selanjutnya tukang salon bisa merekomendasikan kepada para calon pengantin untuk menjahitkan pakaiannya di tempat kita. 

6. Melayani dengan cara terbaik
Kita mesti memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus dengan orang lain. Terkhusus kepada para konsumen. Kita mesti ramah, sopan, murah senyum, dan komunikatif kepada konsumen. Termasuk bila kita sedang dihubungi melalu telpon atau whatsapp. Kita juga tetap harus berkomunikasi dengan cara yang ramah. Bahkan kalau perlu kita memberikan pelayanan yang lebih dibanding tempat usaha jahit pakaian milik orang lain. Sebagai contoh, kita sediakan jasa mengantar pakaian yang telah selesai dijahit ke rumah pelanggan. Orang di zaman sekarang yang amat sibuk dengan aneka aktivitas biasanya sering tidak tersampai waktunya untuk menyempatkan mengambil pakaian yang mereka jahitkan. Dengan fasilitas tambahan tersebut tentu mereka para pelanggan akan sangat senang dan nantinya akan menjadi pelanggan setia.

Masih banyak mungkin yang perlu kita lakukan untuk menjadikan usaha jahit pakaian kita menjadi maju dan sukses. Namun, beberapa hal di atas kiranya sudah bisa mewakili cara-cara yang lainnya. Untuk memperlancar usaha sebaiknya pula kita banyak berdoa dan bersedekah. Semoga artikel di atas menambah manfaat bagi para pembaca sekalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jahit Pakaian