Analisa Peluang Usaha Batik

peluang usaha batik

Analisa peluang usaha batik menjadi hal yang perlu kita ketahui. Mengingat bisnis batik ini sekarang begitu menggema. Kini orang yang suka batik tidak hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Akan tetapi, sudah begitul luasa orang menyukai batik ini. Tak hanya di pulau jawa saja orang yang mengenal batik. Di berbagai penjuru nusantara sudah banyak orang yang mengenakan pakaian batik ini. 


Dalam berbagai acara memang batik cocok untuk dipilih. Entah itu acara resmi maupun tidak resmi. Dalam menghadiri acara pernikahan misalnya. Baju batik lebih banyak orang yang mengenakannya. Mereka lebih suka memakai batik ini. Bahkan tidak sedikit perusahaan atau pun instansi pemerintahan yang menjadikan pakaian batik sebagai seragam resmi. Semakin akrablah masyarakat dengan pakain batik ini.


Di dalam satu tahun ada satu hari yang disebut sebagai hari batik. Tepatnya pada setiap tanggal 2 Oktober. Pada hari batik tersebut, pemakaian batik oleh masyarakat begitu masif. Batik disebut sebagai warisan nusantara. Keberadaan batik selalu mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat. Selalu ada usaha untuk memajukan dan mengenalkan batik kepada masyarakat baik di dalam maupun luar negeri. Akibatnya, pasar dari pakaian yang satu ini boleh dikatakan cukup stabil dari tahun ke tahun.

bisnis batik


Penggunaan batik yang begitu luas ini mendorong kita untuk membahasnya lebih jauh. Kaitannya dengan analisa peluang usaha batik tersebut. Begitu menjanjikannya usaha di bidang batik ini. Tidak salah bila kita perlu mengetahui berbagai cara bagaimana kita memulainya. Ada beberapa hal yang mesti kita ketahui agar kita bisa mudah untuk sukses dalam usaha batik, diantaranya adalah:

1. Memperkokoh untuk niat usaha.

Adakalanya orang memulai bisnis hanya sekedar ikut-ikutan saja. Ia tidak memulai usaha dari niat yang kuat. Akibatnya, hanya karena beberapa permasalah teknis saja ia menjadi berhenti berbisnis. Ini tentu akan menjadikannya tidak bisa sukses akhirnya. Maka dari itu, pentingnya kita menguatkan dan memperkokoh niat kita. Khususnya tatkala hendak memulai usaha batik. Niat harus kuat bila mana ingin sukses.


2. Menentukan model usaha batik yang paling tepat.

Setidaknya ada tiga model yang bisa kita pilih dalam usaha batik ini. Pertama, kita fokus menjadi produsen produk batik. Baik berupa kain batik saja atau pun sudah dibuat menjadi sebuah pakaian yang siap dipakai. Dalam hal produksi ini. Kita mesti memiliki ilmu yang cukup dalam membuat batik. Perlu adanya ketrampilan khusus. Sebab bila asal membatik tentu hasilnya jauh dari yang diharapkan. Ketrampilan bisa dipelajari dari waktu ke waktu. Pada akhirnya akan menjadi mahir juga bila selalu belajar dan berlatih membatik. Kedua, kita fokus menjadi penjual produk batik. Baik itu berupa pakaian maupun kain saja. Kita tidak membuat atau memproduksi sama sekali. Kita hanya menjualkan batik yang ada ke konsumen. Ketiga, kita produksi sekaligus menjualnya sendiri. Lebih berat memang untuk model yang ketiga ini. Tetapi memang, jumlah keuntungan yang akan diperoleh juga relatif lebih besar.


3. Memiliki target pemasaran yang jelas.

Seorang pengusaha batik sudah semestinya punya target pemasaran yang jelas. Batik yang dimilikinya itu nanti akan dijual ke siapa. Menjadi penting masalah pasar ini. Sebab tujuan kita berbisnis salah satunya bisa terjual produknya. Memilih bisnis batik amatlah menguntungkan dari segi targer pasarnya. Mengapa demikian? Sebab target pemasaran batik itu amatlah luas. Orang yang suka memakai batik tidak terbatas kepada para pria saja. Para wanita pun banyak yang suka mengenakan batik. Dari kalangan usia, anak-anak hingga para orang tua menyukai batik. Dari sisi ekonomi, banyak orang yang mampu membeli batik ini.

Baca juga : Peluang Usaha Toko Sembako sukses.

4. Teknik pemasaran yang jitu.

Sebuah produk mesti dipasarkan dengan baik. Untuk bisa laku keras maka produk tersebut mesti ada strategi khusus dalam memasarkannya. Di zaman sekarang, sebagai seorang pengusaha mesti menggunakan berbagai cara jitu dalam memasarkannya. Di zaman serba canggih teknologi informasinya ini amatlah tepat bila kita akrab dengan internet. Sudah tidak zamannya lagi kalau kita hanya berpromosi dari rumah ke rumah. Kita bisa memanfaatkan internet dalam memasarkan produk batik ini. Misalnya dengan membuat website dan memanfaatkan berbagai media sosial yang ada. Beberapa media sosial yang bisa dipakai contohnya facebook, line, twitter, instagram, telegram, dan lain sebagainya.


5. Selalu melakukan inovasi pada produk.

Batik memiliki motif yang beraneka ragam. Kita perlu memilih produk yang bagus untuk dipasarkan. Akan lebih baik bila selalu ada inovasi terutama pada batik yang akan dijual. Tiap waktu mesti dipilih produk batik yang baru dan bagus motifnya. 


6. Rajin berdoa dan bersedekah.

Manusia hanya berusaha atau berikhtiar. Sedangkan Allah subhanahu wa ta'ala saja yang menentukan. Agar usaha atau bisnis batik kita bisa lancar dan jaya maka kita perlu selalu melakukan usaha sebaik-baiknya. Tetapi, hal yang lebih penting lagi yakni kita mesti banyak berdoa. Bahkan, akan semakin baik lagi bila kita memperbanyak sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan uluran tangan atau pertolongan.

Baca juga : Peluang usaha bumbu masak ternyata menggiurkan.


Itulah hal yang penting dalam memulai usaha batik. Peluang ini amatlah menggiurkan. Sayang kalau kita tidak mengambilnya. Sedikit analisa mengenai peluang usaha batik di atas diharapkan memberikan manfaat yang banyak kepada para pembaca. Sekaligus, hal ini dapat menjadi sumbangsih bagi kemajuan ekonomi bangsa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Analisa Peluang Usaha Batik