Tips Menghilangkan Mulut Rasa Pahit Ketika Sakit

Tips Menghilangkan Mulut Rasa Pahit

Sehat memang sebuah karunia yang besar. Tubuh yang sehat membuat kita bisa melakukan banyak hal. Hampir segala aktivitas kita bisa lancar kalau tubuh kita dalam kondisi sehat. Dari sini jelas bahwa sehat memiliki makna yang luar biasa. Tidak boleh kita sekali pun mengabaikan yang namanya sehat. Tetapi, adakalanya manusia juga bisa sakit. Kala sakit biasa kita merasakan kondisi dimana mulut terasa pahit.


Cara menghilangkan mulut pahit saat sakit menjadi sesuatu yang penting akhirnya. Supaya ketika sedang sakit seseorang tidak bertambah berat penderitaanya. Kala seseorang sakit umumnya nafsu makannya akan berkurang. Bila ditambah mulut terasa pahit tentu saja ini akan semakin rendah nafsu makannya.


Keadaan demikian bisa membuat si sakit enggan untuk makan. Padahal, ketika sedang sakit maka asupan makanan harusnya lebih banyak lagi. Agar energi yang masuk ke tubuh bisa lebih banyak. Kalau terjadi kurangnya makan maka hal ini bisa berakibat kondisi tubuh seorang yang sakit bisa lemah. Kesembuhan dikhawatirkan bisa lebih lama didapatkan. Tentunya hal ini tidak kita inginkan. 

Penyebab Mulut Terasa Pahit

Kondisi mulut terasa pahit ini dalam istilah medis dinamakan dysgeusia. Teman-teman mungkin jarang mendengar istilah tersebut. Kondisi mulut berasa pahit ini tentu saja ada penyebabnya. Diantara penyebab dari mulut terasa pahit yakni:

1. Kondisi mulut yang kering 

Mulut bisa menjadi kering dikarenakan produksi air liur berkurang. Keadaan kering pada mulut bisa berakibat mulut terasa pahit.


2. Kekurangan vitamin

Bagi seseorang yang mengalami kekurangan vitamin maka bisa berakibat mulutnya terasa pahit. Vitamin yang dimaksud adalah vitamin B12.


3. Kekurangan mineral

Tubuh kita sangat memerlukan mineral. Untuk seseorang yang kekurangan mineral tertentu maka dapat berakibat mulutnya terasa pahit. Kekurangan mineral yang dimaksud yakni Zinc. 


4. Terkena sariawan

Kala terkena sariawan maka mulut seseorang bisa berasa pahit. Tidak hanya itu saja. Saat sariawan terjadi pula turunnya nafsu makan dan ada rasa nyeri di mulut.


5. Sedang mengalami stres

Tubuh kita memiliki reaksi bermacam-macam terhadap stres. Memang sih suatu ketika kita bisa terkena stres dikarenakan banyak masalah di pekerjaan atau pun yang lain. Saat stres itulah kadang membuat mulut menjadi terasa pahit.


6. Kondisi gigi yang kurang bersih

Di dalam mulut kita terdapat gigi. Kebersihan gigi sangat penting untuk diperhatikan. Kalau gigi tidak bersih atau kurang bersih maka bisa berakibat mulut terasa pahit. Gigi yang tidak bersih membuat banyak bakteri dan kuman berada di rongga mulut.


Mengetahui beberapa penyebab dari mulut terasa pahit membuat kita semakin paham. Memahami dengan baik pencegahannya. Sebab diakui bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Dilihat dari segi apa pun. Baik itu dari biaya maupun kepraktisannya. Orang tentu akan lebih memilih yang baik untuk kesehatan dirinya.


Akan tetapi, ada kalanya mulut terasa pahit sudah menimpa kita saat sakit. Meskipun hal tersebut tidak kita inginkan sama sekali. Kalau sudah terjadi sakit dan mulut kita pun berasa pahit maka pastinya kita mesti mencari cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tips Menghilangkan Mulut Terasa Pahit Saat Sakit

Ada beberapa tips penting untuk menghilangkan mulut terasa pahit saat sakit. Nah, diantara tips tersebut yakni:

1. Perbanyak minum air putih

Air putih tidak mahal harganya. Tak sulit pula kita dapatkan. Dengan kita banyak minum air putih maka hal itu bisa membuat produksi air liur di mulut menjadi turun. Akibatnya, rasa pahit di mulut dapat menjadi hilang.


2. Makan buah jeruk atau pun lemon

Banyak mengkonsumsi buah-buahan memang sering kita dengar dari para ahli kesehatan. Memang bagus konsumsi buah-buahan itu. Nah, untuk mengatasi rasa pahit di mulut kita dianjurkan untuk mengkomsumsi buah jeruk atau pun buah lemon. Sebab dua buah tersebut dapat merangsang indera perasa kita sehingga bisa membantu menghilangkan rasa pahit di mulut saat sakit.


3. Hindari makanan yang memperburuk rasa pahit di lidah

Diantara banyak makanan sekaligus minuman. Memang ada beberapa yang bisa memperburuk kondisi rasa pahit di mulut. Diantaranya adalah makanan pedas, berlemak, dan berminyak. Sedangkan untuk minuman yaitu yang mengandung kafein dan alkohol. Sebaiknya kita hindari beberapa jenis makanan dan minuman tersebut.


4. Kumur-kumur dengan air garam

Air garam jelas berasa asin. Dengan kita berkumur dengan air garam maka dapat membantu menghilangkan rasa pahit di mulut. Cukup sediakan segelas air hangat dan larutkan satu sendok teh garam. Kita kumur-kumur beberapa detik saja lalu dikeluarkan. 


5. Rutin dalam menjaga kebersihan gigi

Pastikan kita menjaga kebersihan gigi ini dengan rutin. Misalnya sebelum tidur kita tidak boleh lupa untuk gosok gigi. Pun demikian dengan setelah sarapan pagi kita pun hendaknya menyikat gigi. Menyikat gigi secara rutin ini akan membuat gigi bersih. Rasa pahit di mulut pun akan mudah dihilangkan.


Itulah beberapa tips untuk menghilangkan rasa pahit di mulut kala sedang sakit. Dengan hilangnya rasa pahit di mulut akan membuat nafsu makan kita lebih baik atau meningkat. Tentu saja, dengan bertambahnya asupan makanan akan membuat badan menjadi lebih kuat. Sembuh dari sakit pun akan lebih cepat waktunya. Semoga bermanfaat tips ini untuk pembaca semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Menghilangkan Mulut Rasa Pahit Ketika Sakit