Peluang Usaha Bulan Puasa Yang Menjanjikan 2018

Peluang Usaha Bulan Puasa
Peluang usaha bulan puasa yang menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Sudah menjadi rutinitas tiap tahun bahwa dalam satu tahun ada sebulan yang dinamakan bulan puasa. Pada waktu tersebut banyak kita temui banyak kegiatan. Dari ibadah puasa sampai dalam hal jual beli yang tidak seperti biasa. Contohnya saja ketika sore hari menjelang berbuka puasa. Di pinggir jalan banyak kita temui para penjual yang menjajakan makanan dan juga minuman. Jenisnya beraneka ragam. 

Pemandangan seperti ini merupakan peluang bisnis yang bisa kita raih dan tangkap. Naluri bisnis seorang akan segera membaca dan selanjutnya akan memprosesnya menjadi keuntungan yang luar biasa. Anda mungkin bertanya-tanya, usaha apakah itu? Sebetulnya banyak peuang usaha bulan puasa itu. Contoh menjual makanan dan minuman di atas hanyalah sebagian kecil saja. Masih banyak sebenarnya yang akan kita gali.

Sebelum terlambat lebih direncanakan dari sekarang. Kalau pun sudah masuk bulan puasa ketika Anda membaca artikel ini, tak usah berkecil hati, kita bisa mulai dari yang kita bisa tetapi memang harus dari sekarang. Tak bagus untuk menunda-nunda. Dengan usaha yang keras dan disertai doa tentu sukses akan menghampiri kita. Nah, selanjutnya kita langsung lihat saja beberapa peluang usaha bulan puasa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan nyata. Kemudian kita bisa melakukannya sehingga keuntungan berlipat akan didapatkan. Berikut diantaranya:

1. Menjual Makanan Takjil dan Sahur
Sudah akrab sekali di masyarakat kita bila datang bulan Ramadhan, maka setiap sore menyiapkan makanan untuk takjil. Jenisnya amat beragam sekali, misalnya: kolak, risol, bakwan, martabak, tempe goreng,  pisang goreng, kroket, pastel, asinan, bubur sum-sum, dan tahu goreng. Selain itu, makanan seperti lauk pauk, nasi bungkus, sayur, daging, ikan, dan sebagainya juga tak kalah laris sebetulnya. Sama-sama mempunyai peluang besar untuk dijual selama bulan puasa. Bagi yang akan berbuka tentu mereka akan memilih makanan-makanan tersebut. Demikian juga orang yang akan makan sahur pada menjelang subuh. Mereka juga perlu menghidangkan lauk sebagai teman nasi saat sahur. Tapi biasanya tak seramai waktu sore hari pembeli makan sahur itu. Maka bila banyak orang yang berjualan makanan takjil maka mereka paham akan situasi. Dengan banyaknya permintaan tentu penawaran menjadi menarik untuk kita masuki. Caranya pun amat sederhana saja. Tinggal kita mencari produsen makanan takjil itu kemudian kita jualkan milik mereka. Kalau misal rumah kita di pinggir jalan tinggal kita siapkan meja dan di atasnya kita taruh dagangannya. Orang yang lewat tentu akan mampir membeli. Tambahkan pula tulisan yang menunjukkan kita jualan aneka makanan takjil. Bila kita ingin mempercepat penjualan makanan itu maka bisa kita berkeliling. Dengan kendaraan tentunya agar lebih cepat dan efektif. Untuk modal sebetulnya bisa kita minimalisir dengan cara seperti tadi. Menjualkan dulu barang milik orang lain. Kita selanjutnya bisa memproduksi sendiri jika telah mempunyai pengalaman dan kemampuan. Dari sisi modalnya pun sudah mulai kuat. Semua memang memerlukan proses, jadi untuk Anda yang baru memulai usaha sebaiknya tekuni perjalanannya saat ini. Lama-kelamaan juga akan menjadi besar. 

2. Menjual Minuman
Tak hanya makanan yang dijual pada sore hari menjelang berbuka puasa. Minuman tak kalah ramainya. Jangan dianggap enteng dengan minuman. Beberapa pengakuan mereka yang sudah berkecimpung dengan usaha jual minuman bahwa keuntungan yang diraih sungguh mencengangkan. Apalagi pada bulan puasa ini. Seharian orang tak minum tentu rasanya dahaga haus sekali. Ditambah lagi dengan cuaca yang panas menyengat. Lengkaplah rasa kering kerontang di dahaga. Namun, karena sebuah ibadah maka tetap dijalani. Mereka tentu akan langsung mengambil minuman terlebih dahulu sebelum makanan. Jadi, prospek minuman juga bagus sekali. Beberapa minuman yang biasa dijual pada menjelang berbuka puasa antara lain : es campur, es buah, sop buah, es pisang ijo, es teh, es kelapa, dan sejenisnya. Dengan harga dua ribuan sampai sembilan ribu rupiah, tentu terjangkau konsumen. Untuk Anda yang baru menjadi pemain pemula. Pilihlah minuman apa saja yang akan dijual. Tak harus lengkap dulu, tapi harus yang bisa dan mampu dulu. Tempatkan pada posisi yang strategis jualan kita. Bagus pula bila dikelilingkan di kampung atau pelosok kota. Sudah menjadi kebiasaan pula keuntungan yang berlipat diraih penjual pada bulan puasa. Sehingga jangan sampai peluang info usaha ini terlewatkan begitu saja. Barangkali kita bisa menambah peningkatan ekonomi keluarga dari cara ini. Urusan modal memang penting, tetapi sikap positif kita harus dikedepankan. Berusaha dengan modal seadanya dulu baru nanti dikembangkan sambil jalan.

3. Jualan Baju Lebaran
Memang kalau sudah masuk hari-hari akhir menjelang lebaran, banyak persiapan yang dilakukan. Salah satunya adalah baju yang baru. Banyak sekali model dan jenisnya. Kesukaan tiap orang berlainan dengan lainnya. Namun, yang lebih mendominasi adalah baju muslim. Dari mukena, baju koko, gamis, jilbab, kerudung, sarung, dan lain-lain. Penjualan tiap item produk tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan sekali. Maka, peluang usaha bulan puasa semacam ini sangat perlu kita ambil dan selanjutnya dipraktekkan. Sekali lagi, tak usah takut dengan modal yang dimiliki. Yang terpenting adalah niat serta semagat untuk sukses dahulu. Ketekunan dan sikap ulet mampu mengubah kondisi apapun sehingga menjadi potensi yang menggerakan majunya usaha kita. Pertama, kita jadikan seorang yang menjualkan milik orang lain dulu. Apalagi pada momen lebaran yang singkat ini. Tapi pilihlah suplier yang lengkap dan amanah atau terpercaya. Jual kepada yang terdekat dari kita atau dipasarkan di tempat-tempat ramai. Kalau sudah punya tempat usaha mungkin tinggal dipajang saja di galerinya. Untuk saat ini, sebenarnya bisa juga dijual secara online. Menggunakan media jaringan internet maksudnya. Lebih baik pula bila kita juga melayani pesanan dari pelanggan.

4. Menjual Sarana Ibadah di bulan Puasa
Bulan puasa identik sebagai bulan penuh ibadah kepada Allah Swt. Dalam sebulan lamanya diisi dengan berbagai aktivitas ibadah. Dari membaca Al Quran, mendalami buku-buku agama Islam, shalat tarawih, umrah ke Makkah, sedekah kepada fakir miskin, zakat, hingga silaturahim kepada handai taulan. Untuk mensukseskan kegiatan ibadah di bulan Ramadhan perlu untuk menyiapkan sarana dan prasarananya. Sebagai contoh untuk bisa sholat dengan nyaman tentu kita perlu pendukung berupa pakaian yang rapi bersih, mukena, sajadah, dan sebagainya. Demikian pula tatkala kita membaca Al Quran, tentu ingin Al Quran yang bagus demi kemudahan membacanya. Kita bisa mengambil usaha dengan menjual peralatan ibadah tersebut. 

Itulah beberapa jenis usaha yang bisa kita kerjakan pada bulan puasa. Sebenarnya masih banyak, namun bila kita mengerkan salah satu dari ketiga jenis itu atau malahan semuanya, maka kesuksesan sudah anda pegang. Tak lupa, kita juga harus menjaga yang namanya kepercayaan. Diri kita harus selalu terbukti sebagai orang yang bisa dipercaya. Sebab berbagai proses perdagangan tanpa adanya kepercayaan, akan sulit berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bulan Puasa Yang Menjanjikan 2018