Bisnis Yang Cocok Untuk Kamu Mahasiswa Semester Akhir

Bisnis Yang Cocok Untuk Kamu Mahasiswa
Memiliki bisnis merupakan kebanggaan bagi para pribadi. Apalagi mereka dari kalangan anak muda. Umumnya pada masa muda hanya diisi dengan kegiatan hura-hura yang tentu tak bermanfaat bagi masa depan hidupnya nanti. Atau banyak yang hanya dipakai santai-santai masa mudanya. Tak mau melakukan apa-apa yang bermanfaat. Saat masih muda ia merasa hidup terasa tak ada beban sama sekali. Memang, tatkala masih muda semua kebutuhan hidup ditanggung oleh kedua orang tua kita. Dari berbagai kebutuhan kecil maupun kebutuhan yang besar. Tanpa bekerja saja tetap dapat pendapatan atau uang. Ini sungguh menyenangkan bagi mereka. Tetapi, seiring bertambahnya usia maka mereka pun akan beralih pula dari seorang anak lalu menjadi dewasa. Seorang yang tadinya masih berstatus siswa sekolah dasar lalu sekolah menengah kini telah menjadi seorang mahasiswa. Saat menjadi mahasiswa memang kebutuhan diri masih dibantu oleh orang tua kita. Bertambahnya usia seseorang, kebutuhan pun meningkat di samping juga keinginan untuk mendapatkan penghasilan pun sering terbetik di hatinya. Di saat menjadi mahasiswa, seseorang sudah mulai mengenal kehidupan yang lebih luas. Dari sana ada banyak pelajaran. Termasuk diantaranya munculnya keinginan untuk bisa hidup mandiri dengan mencukupi kebutuhan sendiri. Terutama kebutuhan tentang ekonomi. Setidaknya kita sendiri tidak hanya mengandalkan meminta uang dari kedua orang tua.

Para mahasiswa yang usianya sudah mendekati lulus atau di semester akhir tentu sudah berpikir bagaimana mendapatkan pekerjaan yang layak. Tak hanya fokus kepada skripsi maupun tugas akhir saja pada masa ini. Setelah lulus dari mahasiswa tentunya mereka akan masuk ke dunia kerja. Tetapi tidak perlu seorang mahasiswa menunggu lulus baru berusaha mencari penghasilan. Jika kita sebagai mahasiswa mau kreatif mencari peluang usaha, tentu sangat banyak tentunya yang bisa diambil. Kalau kita baca kehidupan biografi para pengusaha sukses, banyak kita temukan mereka yang mulai merintis usaha dari masa sekolah maupun perguruan tinggi. Sedari awal sudah memulai merintis bisnis. Karena ternyata dalam bisnis juga mengenal "masa kerja". Yaitu berapa lama kita menekuni bisnis yang dijalankan. Lantas bisnis apa saja yang bisa digeluti oleh mahasiswa semester akhir sambil menunggu menyelesaikan skripsi? Begitu banyak sekali ide bisnis yang menjanjikan keuntungan. Silakan disimak beberapa peluang usaha berikut ini.

1. Menjadi penulis atau content creator
Penulis pun bisa disebut usaha karena di sini kita menjual hasil tulisan kita. Mulai dari penulis untuk blog, web, sampai penulis freelance. Semua bisa kita lakukan selama menjadi mahasiswa. Penulis konten untuk blog atau web orang bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Waktu yang ada untuk menunggu dosen memberi tanda tangan ke skripsi kita, bisa digunakan untuk menulis dan menghasilkan uang untuk tambahan uang wisuda nanti atau bisa juga sebagai modal usaha setelah lulus kuliah. Saat aktivitas menjadi penulis ini diseriusi maka ke depan bisa memberikan prospek kehidupan ekonomi yang bagus. Penghasilan seorang penulis tidak kalah dengan berbagai profesi lainnya. Ketika seorang penulis sudah disebut profesional maka ia bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari aktivitas menulisnya. Dalam kaitannya untuk meningkatkan profesionalitas maka perlu seorang mahasiswa meningkatkan ilmunya.

2. Menekuni usaha sablon kaos
Meski terbilang remeh oleh anggapan sebagian orang tetapi jangan salah, untungnya bisa sangat besar, bahkan lebih besar daripada sekedar menjadi pegawai negeri. Alasannya adalah bisnis ini begitu menggiurkan. Sablon kaos memiliki pangsa pasar yang luas, mulai dari teman sesama mahasiswa sampai kalangan umum. Sablon kaos bisa sangat laris manis, diantaranya adalah untuk kaos komunitas tertentu, kaos untuk mahasiswa (ospek, UKM, dan lain-lain), kaos anak sekolah, kaos panitia acara atau event organizer, souvenir ulang tahun, maupun souvenir sebuah acara yang lainnya. Kita bisa menawarkan sablon kaos ini dengan cara pre order atau klien membayar dahulu baru pesanan dibuat. Bisa juga dengan membuat sablon kaos yang unik dan kreatif. Dengan begitu maka akan semakin banyak yang tertarik. Kita juga bisa melakukan promosi di antara teman mahasiswa dan juga komunitas. Kini dengan media sosial pun bisa dipakai untuk promosi. Bahkan cara promosi melalui media sosial bisa lebih efektif dan efisien.

3. Jualan desain
Desain grafis bisa membuka peluang bisnis menggiurkan. Jadi bagi mahasiswa yang jago di bidang ini bisa memanfaatkan kemampuannya untuk memulai usaha. Apalagi dengan usaha ini bisa pula menjadi pengalaman berharga sebelum lulus kuliah, dimana nantinya bisa kita jadikan bekal ketika ingin mendirikan usaha desain grafis. Desain yang dijual bisa beragam macamnya, mulai desain kaos, logo, hingga desain sticker, semuanya bisa menghasilkan uang. Kemampuan yang ada juga akan turut berkembang melalui bisnis ini. Apalagi bisnis ini juga tak butuh modal, hanya komputer,  laptop dan juga software yang mendukung. Itu sudah cukup untuk memulai usaha ini. Ditambah lagi menyambungkannya ke jaringan internet agar pekerjaan semakin mudah. Belum lagi nanti kita bisa kirim hasil desain kita melalui email atau media sosial. Semacam ini tentu perlu memanfaatkan internet. Mudah sekali, bukan?

4. Jasa sebar brosur
Usaha ini terbilang sangat sederhana. Menyebarkan brosur bisa dilakukan kapan para pelanggan menginginkan. Mereka biasanya kesulitan waktu untuk melakukannya. Maka meminta orang lain untuk itu. Pekerjaan ini tidaklah membutuhkan skill khusus. Cukup punya sepeda motor atau bahkan sepeda saja sudah bisa melakukannya. Ditambah lagi kemampuan mempelajari peta wilayah tertentu. Istilahnya hafal jalan dan nama daerah.

5. Menjadi guru les privat
Seorang mahasiswa dari berbagai program studi sangat pas bila menggunakan waktu luangnya untuk menjadi seorang guru les privat. Apalagi kalau mahasiswa tersebut jurusannya dari pendidikan. Tidak masalah sebetulnya tentang latar belakang jurusan sang mahasiswa ini. Anak-anak sekolah sangat membutuhkan tambahan materi pelajaran. Dengan mencari guru les privat maka mereka para pelajar akan terbantu dalam memahami pelajaran di sekolah. Hasil atau upah dari menjadi guru les privat itu cukup lumayan. Apalagi bagi seorang mahasiswa. Tentu akan sangat besar nilainya. Profesi menjadi guru les privat ini pun malah bisa menjadi profesi utama nantinya. Ke depan seorang mahasiswa bisa menjadikan profesi les guru privat ini lebih berkembang. Ia bisa saja nanti mendirikan tempat les untuk anak-anak sekolah.

6. Menjadi penjual pulsa
Setiap orang kini sudah memiliki handphone. Kalau ada yang tidak memiliki maka itu hanya sebagian kecil saja. Di lingkungan mahasiswa tentu kebutuhan pulsa akan lebih besar lagi. Pulsa handphone bisa kita jual dengan menggunakan sistem dompet pulsa di handphone. Jadi, sangat praktis untuk dijalani oleh siapa saja termasuk seorang mahasiswa. Keuntungan dari usaha ini juga cukup lumayan. Tentu nilai keuntungannya tergantung dari berapa jumlah transaksi yang ia lakukan.

Memulai bisnis tatkala mahasiswa akan menyenangkan sekali. Apalagi kalau sudah sukses dan mendapat uang yang banyak. Hal ini dapat membantu orang tua kita. Seorang mahasiswa yang membantu orang tua tentu akan lebih disayangi oleh kedua orang tuanya. Memulai bisnis sedari mahasiswa juga menjadi sarana berlatih bisa memulai hidup mandiri. Setidaknya hal ini dapat mencukupi segala kebutuhan pribadi. Mampu membiayai diri sendiri tanpa ketergantungan lagi kepada orang lain termasuk orang tua kita. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Bisnis Yang Cocok Untuk Kamu Mahasiswa Semester Akhir