Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

Bisnis Budidaya Jamur Tiram


Peluang usaha budidaya jamur tiram tetap memiliki prospek yang cukup bagus. Memang usaha ini sudah dikenal masyarakat sejak puluhan tahun yang lalu. Namun, seolah tidak banyak orang yang memahami lebih jauh akan prospeknya. Banyak orang yang masih menganggap peluang usaha ini dengan sebelah mata. Dalam pandangan sebagian orang usaha jamur tiram ini tidak memiliki prospek yang cukup cerah. Mereka berpandangan bahwa usaha budidaya jamur tiram tersebut biasa saja.


Untuk membuat kesimpulan tentang usaha budidaya jamur tiram ini maka kita perlu mengetahuinya lebih mendalam. Tidak hanya mengandalkan perkataan dari orang per orang. Atau hanya berdasarkan pada katanya dan katanya saja. Tetapi perlu menelisik lebih jauh lagi. Sehingga pada akhirnya kita tidak akan salah dalam mengambil sebuah kesimpulan terkait dengan peluan usaha jamur ini. Ketika kesimpulan tepat maka pandangan pun terhadap sesuatu khususnya usaha budidaya jamur ini pun nanti akan tepat pula. Hingga akhirnya kita bisa berkesimpulan bahwa memang usaha budidaya jamur tiram ini tepat untuk dipilih.


Ada banyak alasan mengapa kita memilih usaha budidaya jamur tiram. Dalam kesempatan yang baik ini kami akan ulas beberapa alasan yang menjadikan kita layak untuk memilih usaha ini. Berikut ini silakan disimak berbagai alasannya.

1. Usaha budidaya jamur tiram tidak memerlukan modal yang relatif besar.

Setiap usaha pada umumnya butuh modal. Ini sebuah hal yang tidak bisa dipungkiri oleh siapa pun juga. Pun demikian dengan usaha budidaya jamur tiram. Butuh modal juga. Cuma jumlah modal yang diperlukan relatif kecil. Untuk memulai usaha jamur tiram ini dalam skala kecil kita cukup sediakan modal kurang dari dua juta. Bahkan kurang dari satu juta pun mungkin cukup. Boleh dibilang jumlah modal uang tersebut tergolong kecil dibanding beberapa usaha yang lainnya.


2. Bisa mendapatkan keuntungan tiap hari.

Banyak orang yang berkeinginan bisa memiliki usaha yang untungnya bisa dipetik tiap hari. Kalau menjadi seorang buruh atau karyawan tidak mesti bisa mendapatkan bayaran tiap hari. Ada yang pekanan, dua pekan atau pun bulanan. Memilih usaha budidaya jamur tiram ini amat tepat karena bisa untung tiap hari. Tetapi memang perlu perlakuan dan manajemen khusus agar bisa untung tiap hari. Setidaknya peluang untuk untung tiap hari ini ada jika kita mengambil usaha budidaya jamur tiram ini.


3. Kebutuhan pasar terhadap jamur tiram cukup tinggi.

Jamur tiram bisa dimasak atau diolah menjadi berbagai masakan atau pun makanan. Ada mie ayam jamur yang bahan dasarnya jamur tiram. Jamur ini pun bisa dibuat masakan sate dan tongseng. Dimasak tumis pun juga bisa sehingga menjadi masakan tumis jamur. Termasuk juga jamur tiram ini bisa dibuat kripik. Namanya kripik jamur. Masih banyak lagi contoh bentuk olahan dari jamur tiram. Adanya aneka masakan dan makanan yang berbahan jamur tiram ini akan mendorong meningkatnya konsumsi jamur tiram di tengah masyarakat. Akhirnya, kebutuhan pasar akan cukup tinggi.

Silakan baca pula: Peluang usaha toko sembako yang modern.


4. Mudah untuk balik modal.

Usaha budidaya jamur tiram akan memiliki peluang balik modal yang cukup cepat. Kecepatan balik modal usaha budidaya jamur tiram ini tentu akan menjadi pertimbangan sendiri bagi siapa saja. Utamanya mereka yang menjadi seorang pengusaha baik pemula maupun mereka yang telah berkecimpung dengan bisnis yang besar.


5. Mudah dipelajari.

Setiap usaha budidaya apa saja perlu ilmu dan ketrampilan. Apa saja jenis usaha budidaya itu. Begitu pula dengan budidaya jamur tiram. Kita perlu memiliki keahlian dan ketrampilan untuk menjalankannya. Ketrampilan budidaya jamur tiram mudah untuk dipelajari.


Beberapa alasan di atas menjadi hal yang sangat penting untuk dijadikan pijakan ketika kita hendak memulai usaha budidaya jamur tiram. Alasan tersebut bisa menjadi pemicu siapa saja yang hendak mencari peluang usaha. Sampai pada akhirnya mereka akan menjatuhkan pilihan untuk memulai budidaya jamur tiram tersebut.


Setelah mantap dengan pilihan untuk memulai usaha budidaya jamur tiram ini maka perlu melakukan berbagai langkah untuk mewujudkannya. Tidak mungkin serta merta kita bisa menjalankan budidaya jamur tiram secara bagus. Perlu beberapa persiapan yang memadai supaya usaha ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Ada pun, beberapa langkah yang perlu kita lakukan antara lain:

1. Memiliki keyakinan untuk sukses.

Keyakinan ini amat penting. Mungkin kita tidak bisa melihat wujud keyakinan itu. Akan tetapi, keyakinan ini bisa dilihat buktinya. Ketika seseorang memiliki keyakinan bahwa usaha budidaya jamur tiram yang ia geluti akan benar-benar sukses maka ia pun akan melakukan atau menjalankan usaha tersebut dengan amat serius.


2. Menyiapkan lokasi.

Usaha budidaya jamur tiram ini perlu lokasi khusus. Tetapi janganlah terlalu khawatir untuk berpikir mengenai lokasinya. Tidak perlu kita mencari lokasi yang strategis untuk memulai usaha budidaya jamur tiram tersebut. Kita bisa memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk dibuat kumbung. Nah, kumbung ini adalah rumah jamur yang merupakan tempat untuk merawat dan mengelola baglog serta sebagai area menumbuhkan jamur. Bisa berupa bangunan khusus yang berdinding permanen atau hanya dibuat sederhana. Misalnya dindingnya hanya dari anyaman bambu atau boleh juga dengan papan. Pada bagian atapnya janganlah menggunakan asbes atau pun seng. Sebab ini akan membuat suhu di dalam ruangan menjadi panas. Tidak bagus bagi pertumbuhan jamur tiram nantinya. Memang akan lebih baik bila lokasi ini tidak bercuaca yang panas. Tetapi meski bercuaca panas bisa disiasati supaya suhu di dalam kubung tetap sejuk.

Silakan baca pula: Peluang usaha jualan mainan anak-anak.


3. Membuat rak.

Di dalam rumah jamur kita perlu membuat rak untuk tempat baglog jamur nanti. Pastikan rak itu pas untuk dipasangi baglog. Rak ini umumnya dibuat dari bambu sehingga biayanya lebih murah. Bila dibuat dengan bahan kayu maka itu akan lebih bagus lagi. Hanya saja itu akan memakan biaya yang lebih mahal.

baglog jamur tiram


4. Memilih baglog jamur.

Kita perlu memilih baglog jamur yang bagus. Tidak semua baglog jamur memiliki kualitas yang bagus. Maka kita perlu memilih yang terbaik. Mungkin ada teman-teman yang merasa masih asing dengan kata baglog ini. Istilah baglog adalah media tanam dimana tempat diletakkannya bibit jamur tiram yang bahan utamanya dari serbuk gergaji. Bahan berupa serbuk gergaji ini dibungkus menggunakan plastik sehingga berbentuk silinder dengan salah satu ujungnya dilubangi. Dari lubang tersebut nantinya akan menjadi tempat jamur tiram tumbuh menyembul keluar. Kita pastikan membeli baglog jamur dari tempat yang benar-benar terpercaya. Artinya kita pilih penjual baglog yang hanya menjual baglog jamur yang berkualitas. Sebab ini akan sangat mempengaruhi hasil panen jamur tiram nantinya.


5. Perawatan jamur tiram.

Perlu sekali melakukan perawatan jamur tiram dengan baik. Sebab dari perawatan yang bagus ini akan menjadikan hasil panen jamur yang bagus. Penyiraman perlu dilakukan rutin tiap hari. Penyiraman menggunakan sprayer baik dari tabung yang besar maupun kecil. Tergantung jumlah baglog jamur tiram yang dimiliki. Dari penyemprotan dengan sprayer ini air yang keluar akan berbentuk kabut. Jangan lupa air yang digunakan dipastikan bersih dan tidak kotor.


6. Pemanenan.

Ketika sudah masuk masa panen maka harus segera dilakukan pemanenan jamur tiramnya. Pemanenan dapat dilakukan di kala sudah muncul jamur di baglog dengan ukuran yang besar.


7. Lakukan pencatatan.

Hasil panen sebaiknya dicatat dengan rapi. Termasuk penjualannya juga harus dicatat sehingga kita mengetahui berapa hasilnya. Uang yang masuk akan terlihat dengan adanya pencatatan tersebut.


Inilah beberapa hal yang berkaitan dengan peluang usaha budidaya jamur tiram. Sudah selayaknya kita mempertimbangkan untuk memilih bisnis ini. Terlihat begitu bagus prospeknya untuk masa sekarang dan ke depan nantinya.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

0 komentar:

Post a Comment