Ide Kerajinan Tangan Sederhana Yang Bernilai Usaha

Ide Kerajinan Tangan Sederhana


Kreatifitas menjadi modal yang amat penting dalam kehidupan. Termasuk dalam usaha meningkatkan taraf kehidupan ekonomi seseorang. Mau tidak mau kreatif menjadi langkah yang tidak boleh ditinggalkan. Benda-benda di sekitar kita bisa dibuat kerajinan tangan yang menarik serta memiliki nilai jual yang tinggi.


Benda yang sisa dan tidak digunakan tentu akan mubazir bila tidak dimanfaatkan dengan baik. Untuk mendapatkan benda sisa ini kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Bahkan mungkin tidak membayar sama sekali alias gratis. Karena banyak orang yang menganggap barang tersebut hanyalah sampah yang perlu dibuang atau malah dibakar. Supaya tidak membuat kotor rumah.


Bila kita punya ketrampilan dalam memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai di sekitar kita maka sudah selayaknya untuk segera menggunakannya untuk kerajinan tangan. Inilah yang namanya kreatifitas. Diantara benda sisa yang bisa dimanfaatkan itu dan bisa digunakan sebagai bahan untuk kerajinan tangan, misalnya: kardus, botol plastik, sedotan plastik, koran,kaleng, kain perca, sisa kemasan produk, dan sebagainya.


Ketelitian amat pula diperlukan dalam hal ini. Perlu memilih dan memilah mana barang bekas yang kiranya masih bisa dimanfaatkan dan yang sudah tidak bisa digunakan. Bila barang-barang tersebut dimanfaatkan dengan baik maka akan mengurangi sampah yang berserakan. Tentu lingkungan kita akan semakin bersih dengan begitu.


Di samping itu, kita pun juga akan mendapatkan kemanfaatan finansial. Dalam arti, barang-barang bekas yang telah dijadikan kerajinan tangan bisa dijual dan bisa meningkatkan pendapatan kita. Tentu saja jika ingin sukses dan berpenghasilan besar maka perlu juga melakukan strategi bisnis yang bagus pula.


Promosi atau beriklan misalnya. Perlu dilakukan dengan baik supaya produk kerajinan tangan bisa laku terjual. Jika langkah promosi ini bagus dan intensif maka kita bisa berharap banyak. Produk hasil kerajinan tangan bisa terjual dengan baik. Produk tersebut dapat terjual bahkan sampai diekspor ke luar negeri jika memang berkualitas betul.


Banyak orang yang berminat dengan usaha kerajinan tangan ini. Nah, berikut ini beberapa ide usaha kerajinan tangan yang bisa kita pilih sebagai peluang usaha yang cukup prospektif.

1. Kerajinan tangan dari bahan kardus bekas

Limbah kardus berkas ini sangatlah banyak. Mungkin kalau kita beli maka sangatlah murah. Tetapi tidak sedikit bahwa kardus bekas ini malah hanya dibuang di tempat sampah saja. Salah satu kreasi dari kardus sisa merupakan membuat rumah-rumahan ataupun tempat bermain untuk kucing peliharaan. Mungkin teman-teman malah punya ide yang lain terkait kerajinan tangan dari kardus bekas ini.


2. Kerajinan tangan dari kertas

Kertas banyak jenisnya. Ada kertas koran, majalah, buku, dan lain-lain. Berbagai kertas tersebut bisa dikreasikan untuk dibuat berbagai kerajinan tangan yang bernilai jual. Contoh kerajinan tangan tersebut antara lain: tas, guci, tempat tisu, tempat buah, buket bunga, vas bunga, dompet, keranjang, dan lain-lain. Modal untuk mendapatkannya tidaklah banyak. Sangatlah murah meriah.


3. Kerajinan tangan dari kaleng serta besi bekas

Kaleng bekas ini kadang dianggap sesuatu barang yang tidak bernilai. Dibuang saja di tempat sampah. Tetapi ternyata kaleng bekas dan besi bekas ini bisa dibuat kerajinan tangan yang cukup menarik. Diantara barang-barang yang bisa dibuat itu diantaranya: perlengkapan tulis, tempat jepit rambut, pot tumbuhan, lampu hias, dan lain-lain. Kalau barang ini dijual maka akan bernilai ekonomis yang lumayan.


4. Kerajinan tangan dari sedotan

Sedotan banyak kita temukan di tempat sampah. Jumlahnya banyak sekali dan kita bisa temukan di tempat sampah. Banyak minuman di pasaran yang memerlukan sedotan. Ada pun beberapa barang kerajinan tangan dari sedotan yang bisa dibuat yakni hiasan berupa bunga, kotak pensil, taplak meja, hiasan bilik, bingkai gambar, tas, sandal, kalung, dan lain-lain.


5. Kerajinan tangan dari CD bekas

Kaset CD kini mungkin sudah tidak begitu dipakai. Banyak orang sudah meninggalkannya karena sudah beralih dengan era digital. Pada bagian belakang CD memancarkan berbagai warna ketika terkena cahaya. Begitu menarik tampilannya. CD ini bisa dibuat kerajinan tangan dekorasi mozaik yang menarik. Bisa pula dibuat bingkai foto.


Itulah beberapa peluang usaha kerajinan tangan yang cukup menarik untuk disimak. Langsung saja dipraktekkan sehingga ide yang menarik ini akan bermanfaat. Meski saat ini ketrampilan kita masih terbatas dalam hal kerajinan tangan maka tetap saja bisa dilatih. Sehingga akhirnya kita bisa memanfaatkan peluang usaha sederhana ini.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Ide Kerajinan Tangan Sederhana Yang Bernilai Usaha