Kebijakan Perlindungan Keanekaragaman Hayati PGN Saka

Perlindungan Keanekaragaman Hayati PGN Saka

Keanekaragaman hayati menjadi sebuah hal yang menjadi perhatian banyak pihak. Istilah tersebut memang banyak diperbincangkan untuk saat ini. Maksud dari keanekaragaman hayati ini adalah aneka ragam makhluk hidup baik itu berupa manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan, mikro organisme, dan lainnya yang hidup pada sebuah tempat. Bisa juga diartikan sebagai variasi dari kehidupan di muka bumi ini.


PT Saka Energi Indonesia atau sering disingkat PGN Saka telah didirikan pada tanggal 27 Juni 2011. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan hulu minyak dan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Perusahaan tersebut bekerjasama dengan induk perusahaan dalam rangka mengeksplorasi serta mengembangkan sumber daya gas alam. Kiprahnya sudah bisa mengelolala sepuluh blok di tanah air dan satu blok shale gas di Amerika Serikat.


Sebagai sebuah perusahaan yang telah maju, PGN Saka memiliki perhatian terhadap pelestarian alam di Indonesia. PGN Saka sadar akan begitu pentingnya pelestarian alam. Dengan fokusnya pada perlindungan keanekaragaman hayati. Berbagai bentuk kegiatan yang langsung berdampak pada pelestarian alam dan perlindungan keanekaragaman hayati dilakukan oleh PGN Saka.


Diantara bentuk kegiatan perlindungan keanekaragaman hayati ini yakni program pelestarian lingkungan Saka Indonesia Pangkah Ltd (SIPL). Lokasi program kegiatan ini di kawasan Banyuurip Mangrove Center (BMC). Tepatnya di Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Di kawasan tersebut juga ditetapkan sebagai tempat konservasi keanekaragaman hayati serta untuk penelitian.


Pemerintah Propinsi Jawa Timur juga telah menetapkan kawasan tersebut sebagai Kawasan Ekosistem Esensial atai KEE. Luas area tersebut 127,61 hektar. Sebuah lokasi yang amat luas. Dari sini PGN Saka telah berperang penting dalam upaya konservsi alam serta lingkungan hidup. Tentu saja manfaatnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat di wilayah tersebut.


PGN Saka juga memiliki komitmen dalam melakukan perlindungan keanekaragaman hayati. Perusahaan yang telah besar ini memiliki pandangan jangka panjang dalam kelestarian alam. Manusia sebagai salah satu makhluk hidup di alam akan merasakan manfaat dari lestarinya lingkungan hidup. Maka PGN Saka memiki kebijakan-kebijakan strategis dalam rangka perlindungan keanekaragam hayati.


Ada beberapa kebijakan yang penting dari PGN Saka. Nah, beberapa kebijakan penting dari PGN Saka terkait perlindungan keanekaragaman hayati itu ialah.

1. Mendukung usaha pemerintah dalam perlindungan tumbuhan dan hewan

Di antara tumbuhan dan hewan yang hidup di nusantara, ada banyak yang termasuk jenis-jenis yang dikategorikan dilindungi. Baik hewan atau tumbuhan yang dilindungi ini perlu mendapat perhatian khusus. Pemerintah telah mengeluarkan beberapa regulasi terhadap hewan dan tumbuhan yang dilindungi. Misalnya tidak boleh hewan tersebut diburu. PGN Saka turut aktif dalam membantu usaha pemerintah tersebut.


2. Meningkatkan kesadaran karyawan dalam hal kelestarian alam

Perusahaan mendorong dan memberikan sosialisasi kepada para karyawan dalam kaitannya kelestarian alam. Upaya penyadaran ini telah sedikit banyak memberikan dorongan bagi masyarakat umum untuk menyadari pentingnya perlindungan keanekaragaman hayati.


3. Menetapkan dan mengelola kawasan perlindungan keanekaragaman hayati

Upaya nyata perusahaan telah dibuktikan dengan program kegiatan pelestarian dan perlindungan keanekaragaman hayati di kawasan Banyuurip Mangrove Center (BMC) kecamatan Ujung Pangkah propinsi Jawa Timur. Ke depan sangat mungkin program program kegiatan pelestarian dan perlindungan keanekaragaman hayati ini dilakukan di lokasi lainnya.


4. Bekerja sama dengan pihak instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan masyarakat dalam pengelolaan keanekaragaman hayati

Untuk mensukseskan sebuah program maka harus melakukan kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama bisa dilakukan dengan berbagai model. Dengan kerjasama itu maka program pelestarian alam yang dilakukan perusahaan akan mudah untuk meraih sukses.


Itulah beberapa kebijakan dari PGN Saka dalam rangka perlindungan keanekaragaman hayati. Hal ini tentunya sangat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya. Sebab dengan lestarinya alam maka kehidupan masyarakat pun akan semakin sejahtera.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Kebijakan Perlindungan Keanekaragaman Hayati PGN Saka